TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Kesalahan Mengonsumsi Makanan yang Harus Dihindari Selama Pandemik 

Hindari saat belanja, memasak, dan makan

amny.com

Adanya pandemik virus corona telah membuat kita menjalani kegiatan dengan cara yang berbeda. Mulai dari bagaimana kita bersosialisasi, menjaga jarak di tempat umum, hingga memasak makanan dengan aman. 

Di antaranya seperti beberapa hal yang harus dihindari saat mengonsumsi makanan berikut ini. 

1. Menyentuh wajah saat berbelanja

livescience.com

Saat berada di supermarket atau pasar tradisional, mungkin hal terakhir yang dilakukan adalah menyentuh wajah atau HP. Sebaiknya hindari hal ini, karena menggunakan sarung tangan pun tidak melindungi kamu dari virus setelah menyentuh benda-benda di tempat tersebut. 

2. Gak membersihkan meja dapur dengan benar

sheknows.com

Salah satu benda yang sering disentuh ketika di dapur adalah meja makan. Coba perhatikan kembali, apakah kamu sudah membersihkan meja dapur dengan benar?

Selain membersihkannya, kamu juga perlu melakukan sanitasi dengan baik. Sehingga kamu dan keluarga bisa terlindungi dari permukaan benda yang mungkin saja terpapar virus tersebut. 

3. Gak mencuci tangan sebelum makan

wellandgood.com

Jika kamu terbisa memesan makanan secara delivery, disarankan mencuci tangan setelah menerimanya. Meski kamu memesan makanan dari restoran yang terpercaya, tetapi hal itu gak bisa menjamin tetap steril setibanya di rumah. Sebaiknya, rutin cuci tangan dengan sabun sebagai upaya pencegahan. 

Baca Juga: 10 Kesalahan Memasak yang Sering Dilakukan Millennial, Kamu Juga?

4. Berbagi makanan dengan orang sekamar atau serumah

nohat.cc

Sebaiknya hindari berbagi makanan dengan orang serumah. Sebab, virus tersebut bisa menular melalui tetesan saluran pernapasan.

Terutama jika kamu menyentuh makanan yang sama dengan orang tersebut, meski mereka gak menunjukkan gejala sakit. 

5. Gak memakai masker saat mengambil makanan yang dibeli

bloomberg.com

Mungkin kamu masih lupa memakai masker saat keluar rumah, terutama saat mengambil makanan yang dipesan. Gak hanya berbahaya bagi diri sendiri, tetapi kamu juga bisa membahayakan orang yang berada di antrean belakangmu.

Pastikan memakai masker ketika kamu pergi membeli makanan untuk dibawa pulang, atau mengambil makanan melalui drive thru.

6. Sering mengonsumsi makanan olahan

heart.org

Meski ini gak berhubungan langsung dengan pandemik virus corona, tetapi makanan yang diproses secara teratur dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, dapat menyebabkan peradangan.

Makanan olahan dengan kadar gula yang tinggi, asam lemak, dan natrium berlebih di sisi lain dapat memicu peradangan. Ketika peradangan tinggi, maka dapat membebani sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.

Baca Juga: 9 Kesalahan Memasak Masakan Padang, Bikin Rasanya Kurang Sedap

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya