TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Makan Daging Kurban Khas Idul Adha yang Lebih Sehat 

Yang penting tahu diri, kapan harus berhenti

steemit.com

Olahan daging menjadi menu utama yang kerap disajikan saat hari raya, seperti Idul Adha. Namun, sebagian orang masih khawatir menyantap menu tersebut karena dapat menyebabkan kolesterol dan tekanan darah naik.

Padahal kita tetap bisa menikmati makanan tersebut dengan cara yang sehat. Berikut beberapa tips makan daging kurban Idul Adha yang bisa kamu terapkan.

1. Pilih bagian daging tanpa lemak

sbs.com.au

Tips makan daging kurban Idul Adha yang pertama adalah saat akan memilih daging, sebaiknya pilih bagian tanpa lemak. Bagian daging seperti itu akan lebih sehat dikonsumsi.

Untuk daging sapi, jumlah lemak paling sedikit terletak pada bagian dalam seperti sirloin atau tenderloin. Sedangkan, daging kambing yang paling sedikit mengandung lemak terletak pada bagian punggung dan kaki.

2. Makan dengan nasi merah

compassandfork.com

Tips makan daging kurban Idul Adha yang kedua adalah jika biasanya kita menikmati daging dengan nasi putih, sebaiknya ganti dengan nasi merah. Nasi sehat ini mengandung kadar gula yang rendah dan kaya serat. Sehingga, dapat membuat perut lebih kenyang dan gak bikin kalap. 

Baca Juga: 10 Resep Olahan Daging Kambing untuk Iduladha, Bikin Air Liur Menetes

3. Lengkapi dengan sayuran atau buah

foodservicedirector.com

Tips makan daging kurban Idul Adha yang berikutnya adalah ketika kamu mengonsumsi daging kambing, sebaiknya lengkapi dengan satu porsi sayuran. Kamu juga bisa mengonsumsi sayuran segar atau mentah, seperti timun, wortel, atau selada. Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan supaya pencernaanmu lancar. 

4. Hindari mengonsumsi kuahnya

pinterest.com/rquynhnguyen

Melihat kuah gulai yang kental dengan genangan minyak memang menggoda selera, ya. Namun, sebaiknya hindari menyantap satu mangkuk gulai daging.

Cara mengatasinya, ambil lauk dengan piring kecil yang datar supaya kamu hanya bisa menampung sedikit kuah. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi asupan lemak, minyak, dan santan. 

5. Batasi porsi makan olahan daging

steemit.com

Saat makanan di rumah dipenuhi olahan daging, sebaiknya kamu membatasi diri untuk mengonsumsinya. Hindari olahan daging untuk tiga kali makan dalam sehari.

Lebih baik makan daging sebanyak satu hingga dua potong saja per hari. Konsumsi menu sehat lainnya supaya mendapatkan gizi yang seimbang.

Baca Juga: 10 Cara Memasak Sate Kambing yang Empuk dan Gak Bau Prengus

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya