TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sup Berbahan Baku Jahe yang Bikin Hangat selama Musim Hujan

Ada sup bayam dengan jahe yang nikmat dan segar!

realfood.tesco.com

Jahe merupakan salah satu rempah terkemuka di tanah air yang memiliki banyak manfaat dan fungsi. Selain bisa menghilangkan bau kurang sedap terhadap sebuah komponen makanan, jahe juga ditambahkan ke dalam suatu masakan untuk menghasilkan aroma dan rasa yang lebih nikmat.

Nah, jahe sendiri identik dengan hidangan yang bisa membuat hangat tubuh. Bila biasanya kita memakai jahe untuk ragam minuman, maka kali ini jahe bisa diolah dengan aneka ragam sup yang cocok disajikan saat musim hujan. Lima sup tersebut ialah sebagai berikut.

1. Pumpkin ginger soup

foodnetwork.com/Ina Garten

Labu mempunyai tekstur daging yang cukup lembut disertai rasa manis dan sedikit gurih. Buah berwarna oranye ini kerap dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat aneka kudapan berkuah, salah satunya adalah sup.

Supaya sup dari buah labu tersebut semakin menggigit, maka kita bisa menambahkan rempah ke dalam adonan. Seperti jahe, untuk mendapatkan aroma yang pas serta rasa yang tambah nikmat.

Untuk mengolah hidangan ini pun, perlu menumis bawang-bawangan yang kemudian dicampur dengan jahe dan potongan buah labu, tambahkan kaldu dan masak sampai melunak. Setelah itu, hancurkan sup dalam blender supaya teksturnya menjadi creamy.

Baca Juga: Resep Sup Jagung Ayam yang Bakal Bikin Harimu Lebih Menyegarkan

2. Spinach ginger soup

emeals.com

Pencinta sayur bayam jangan sampai melewatkan sajian spinach ginger soup. Rasa bayam yang nikmat dengan aroma jahe yang kuat bisa membuat kamu tidak bisa berhenti menikmati sup yang satu ini.

Untuk dapat mengolah bayam dan jahe menjadi kudapan yang sedap, terlebih dahulu kamu perlu menyiapkan bawang-bawangan yang telah ditumis, lalu masukan ragam bumbu seperti jahe, kaldu, dan penyedap rasa.

Bila kuah sudah mulai menyatu, baru tambahkan aneka isian, seperti ayam atau jamur untuk membuat sayur menjadi lebih sedap dan kaya nutrisi, baru disusul dengan bayam dan masak sampai layu.

3. Carrot and ginger soup

thespruceeats.com

Wortel dan jahe dapat menjadi perpaduan yang serasi untuk membuat sup bertekstur kental yang kaya rasa, terutama karena didukung oleh sentuhan aroma rempah. Selain dapat disajikan selama musim hujan, olahan ini juga cocok untuk menemani waktu makan pagi dan malam bersama roti di waktu biasa.

Dalam membuat carrot and ginger soup, kamu perlu mempersiapkan aneka rempah seperti jahe, pala, bawang putih dan bawang bombai. Lalu masak dalam minyak sebentar, dan masukan wortel dengan kaldu, diamkan sejenak.

Bila sudah agak masak, sup tersebut perlu dihaluskan memakai food processor dan biarkan sampai semua bahan menyatu dengan tekstur agak kental. Bila hidangan telah tercampur rata, maka sup siap disajikan.

4. Ginger chicken noodle soup

cooking.nytimes.com/Con Poulos

Menikmati mi instan dengan kuah panas saat hujan merupakan alternatif hidangan yang menjanjikan. Namun jika terlalu sering pun kurang baik dan malah berdampak buruk bagi kesehatan.

Oleh sebab itu, kamu bisa mengolah sendiri mi untuk sajian saat dingin dengan menggunakan jahe. Selain mempertajam rasa makanan, kehadiran rempah ini pun membuat tubuh menjadi jauh lebih hangat dan segar.

Sebelum mengolah mi, terlebih dahulu buat kuahnya yang diolah menggunakan kaldu ayam, potongan sayur mayur seperti wortel dan kacang polong, dada ayam, dan aneka bumbu perasa, termasuk jahe. Jika sudah hampir matang, masukan mi yang sudah kamu buat, atau bisa juga diganti dengan memakai pasta.

Baca Juga: Mencoba 5 Macam Sup Khas Rusia, Ada yang Dibuat dari Kefir!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya