TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Masakan Indonesia dari Perpaduan Nasi dan Teri yang Laris Manis

Nasi liwet belum lengkap bila tidak disajikan dengan teri

nasi kucing (yummy.co.id/Neng Titoh Siti Hapsoh)

Teri adalah salah satu kelompok ikan asin dengan ukuran yang lebih kecil dan biasanya digoreng garing untuk teman makan bersama keluarga. Harga ikan teri bisa bervariasi, kadang terjangkau namun bisa juga melampaui harga daging ayam di pasaran.

Nah, teri menjadi salah satu lauk akrab yang cocok dijadikan teman untuk berbagai olahan nasi di Tanah Air, bukan cuma nasi putih biasa. Berikut ini terdapat lima sajian khas Indonesia dari campuran nasi dan teri yang nikmat disantap.

1. Nasi goreng teri

dapurkobe.co.id

Indonesia memiliki banyak sekali jenis nasi goreng, mulai dari versi polos sampai nasi goreng dengan aneka tambahan lauk. Beberapa olahan yang menjamur ialah nasi goreng seafood, daging, dan ikan asin.

Nah, khusus dalam olahan nasi goreng ikan asin, ada teri yang bisa membuat makanan menjadi lebih enak meskipun tidak semewah isian lainnya. Jangan lupa tambahkan telur agar makin komplit!

Baca Juga: Resep Nasi Tutug Oncom, Olahan Nasi Khas Sunda yang Bikin Kangen

2. Nasi liwet teri

YouTube / Mama Adeeva

Nasi liwet merupakan olahan tradisional khas Nusantara yang biasanya dimasak menggunakan kastrol dan masih banyak digemari sampai saat ini, rasa masakan cenderung gurih dan harum akibat penggunaan dedaunan dalam proses pengolahan.

Namun, nasi liwet kurang lengkap bila tidak diisi dengan potongan pete dan teri yang dimasak bersama dengan nasi, keduanya mampu memberikan sentuhan berbeda dengan kenikmatan yang luar biasa.

3. Nasi bakar teri

YouTube / Dapur Yanguti

Hidangan yang satu ini selalu menjadi kesukaan keluarga lantaran tidak cuma sederhana, tapi juga memiliki keharuman yang membuat keinginan untuk mengambil porsi ekstra jadi semakin meningkat.

Nasi bakar merupakan olahan yang dibungkus dengan aneka lauk dan dedaunan, untuk kemudian dimasak di atas bara api memakai daun pisang. Nasi bakar teri misalnya, selain ekonomis, rasa yang dihasilkan pun tidak kalah nikmat dengan isian lainnya.

4. Nasi uduk teri

yummy.co.id/Puspitasari Anggradewi

Di Indonesia, nasi uduk menjadi olahan yang kerap dijual untuk mengganjal perut sebagai menu sarapan praktis. Hanya ditemani gorengan dan kerupuk sudah membuat makanan ini menjadi tambah sedap.

Nasi uduk sendiri merupakan olahan beras yang dimasak dengan aneka bumbu dan santan untuk menambah rasa gurih. Salah satu varian nasi uduk yang bisa menjadi ide masakan di rumah adalah yang dimasak dan disajikan bersama ikan teri.

Baca Juga: 6 Resep Olahan Ikan Teri yang Praktis, Pas Buat Stok Lauk!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya