TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menggoreng Ikan Mujair yang Garing Maksimal

Mujair goreng paling enak disantap bareng nasi dan sambal

ilustrasi ikan mujair goreng garing (pexels.com/Carlos Damian)

Ikan mujair merupakan salah satu tangkapan laut yang mudah dijumpai di Indonesia. Ikan ini memiliki protein tinggi, omega-3, dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara teratur.

Di Indonesia, ikan mujair kerap dikonsumsi dengan cara digoreng. Paling enak disantap bersama sambal terasi, lalap, dan nasi hangat, lho.

Kamu pasti sering memasak ikan mujair di rumah, kan? Nah, coba simak lima tips menggoreng ikan mujair supaya garing dan lezat berikut ini, deh.

1. Pilih ukuran ikan yang tepat

ilustrasi ikan mujair segar (pixabay.com/Kreingkrai Luangchaipreeda)

Menentukan ukuran ikan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir makanan. Semakin besar ikan yang dipakai, maka kemungkinan garingnya lebih sedikit, karena daging ikan cenderung tebal, sehingga hanya bagian luarnya saja yang garing.

Di sisi lain, jika kamu benar-benar ingin menikmati sajian ikan mujair goreng yang kering luar dan dalam, maka disarankan memilih ukuran kecil atau sedang. Ini akan membuat daging ikan renyah sampai ke bagian dalam secara maksimal.

2. Baluri ikan dengan tepung terigu

ilustrasi tepung terigu (pexels.com/Katerina Holmes)

Cara simpel membuat ikan mujair goreng lebih nikmat dan garing adalah dengan membalurinya memakai tepung. Hal ini membantu supaya tekstur kulit ikan semakin krispi dan garing.

Tipsnya adalah gunakan tepung terigu seminimal mungkin, lalu balurkan secara merata tanpa tambahan air. Jika tepung terlalu tebal, khawatir malah akan mengurangi kerenyahan ikan mujair goreng yang dimasak.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Ikan Mujair Pedas yang Enak, Bikin Air Liur Menetes

3. Gunakan minyak yang cukup

ilustrasi minyak (pixabay.com/Mareefe)

Ketika menggoreng ikan mujair, pastikan  minyak yang digunakan dalam kondisi cukup. Ikan ini memerlukan lebih banyak minyak untuk menghasilkan kematangan sempurna. Terutama jika ingin hasilnya maksimal.

Memakai minyak yang terlalu sedikit justru membuat ikan lebih lama matang. Pastikan seluruh ikan mendapatkan minyak yang seimbang agar kulitnya garing dan semakin lezat ketika disajikan.

4. Minyak harus dalam kondisi panas

ilustrasi minyak goreng (pixabay.com/Hans)

Selain jumlah minyak, faktor lain yang harus diperhatikan adalah suhu. Hindari memasukkan ikan berbalur bumbu ke dalam minyak yang belum mendidih. Itu akan menghasilkan ikan yang basah dan berminyak.

Pastikan juga kamu menuangkan minyak ke wajan yang tepat dan menunggu selama beberapa saat. Jika minyak sudah panas, maka ikan dapat segera dimasak agar hasilnya lebih garing ketika matang.

Baca Juga: 5 Perbedaan Ikan Nila dan Mujair, Sering Bikin Bingung

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya