TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kuliner Pekalongan yang Wajib Kamu Coba!

Hati-hati, bisa bikin ketagihan loh

instagram.com/azmyra_kitchen

Berkunjung ke Pekalongan, jangan cuma berburu batik saja karena ternyata ada ragam kuliner khas yang mampu membuat lidah bergoyang. Sempatkanlah juga untuk berburu kuliner yang enak banget. Inilah beberapa kuliner Pekalongan yang wajib banget kamu cicipi.

1. Soto tauto

instagram.com/pekalonganpost

Soto tauto ini berbeda dari yang ada di daerah lain, memakai tauco di campuran kuahnya. Sehingga rasanya menjadi gurih, manis, dan agak pedas. Sedangkan untuk isian sotonya sendiri tidak terlalu berbeda jauh dengan soto dari daerah lain. Soto tauto memiliki isian daging, bihun/soun, telur rebus, kecambah, dan diberi taburan bawang goreng.

2. Pindang tetel

webstagram.one/user/desytariyem

Berasal dari desa Ambokembang, Kedungwuni, pindang tetel mirip dengan rawon, hanya saja isinya tetelan sapi, kerupuk, dan irisan daun bawang. Untuk kuahnya memakai bumbu pindang dan dicampur dengan keluak. Kerupuk untuk pelengkap pindang tetel ini, memakai kerupuk warna warni yang digoreng dengan pasir.

Baca Juga: 7 Tempat Asyik Berbuka Puasa di Pekalongan, Menunya Lezat Abis

3. Kluban bothok

webstagram.one/user/meirisya26

Kuliner Pekalongan lainnya adalah Kluban Bothok yang berisi kecambah, kol, kacang panjang, kangkung atau bayam. Disiram dengan campuran bumbu terasi, garam, cabe, kencur dan parutan kelapa. Dapat disantap dengan tambahan kerupuk.

4. Mie so

instagram.com/azmyra_kitchen

Mie So biasanya memiliki isian mie kuning, keripik tempe, dengkil sapi, kulit melinjo, telur puyuh, kerupuk pasir, dan disiram dengan kuah kaldu sapi yang gurih. Dan biasanya disantap dengan tambahan cabai, sehingga rasanya lebih segar dan nikmat.

Baca Juga: Gak Cuma Museum Batik, Ini 7 Destinasi Asyik di Pekalongan

Verified Writer

Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya