TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Makanan Ini Mampu Simpan Energi Lebih Lama Saat Kamu Puasa

Pilihanmu harus tepat biar puasanya kuat~

unsplash.com/EllaOlsson

Bagi tubuh, makanan berfungsi sebagai sumber energi. Tanpa asupan makanan, tubuh akan terasa lemas dan tidak semangat beraktivitas. Jika hal ini dibiarkan tentu akan membuat kamu tidak maksimal dalam beraktivitas atau bekerja. Namun, apa jadinya ya kalau kamu lagi puasa?

Gak perlu khawatir. Puasamu bisa tetap lancar asalkan kamu bisa memilih makanan yang tepat sebagai sumber asupan energimu. Tentu gak cukup dengan asal makan enak saja saat sahur dan berbuka, tapi justru kandungan energinyalah yang harus kamu perhatikan. Nah berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya kamu konsumsi sebagai sumber energi.

1. Bayam

unsplash.com/CathalMacanBheatha

Terkenal memiliki kandungan zat besi dan magnesium yang tinggi, bayam memang jadi rekomendasi makanan sumber energi yang layak kamu konsumsi. Selain memiliki peran penting dalam proses menghasilkan energi, magnesium juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sekaligus mengendurkan otot-otot tubuh yang kencang. Nah olahan bayam ini cocok banget kalau kamu konsumsi saat sahur.

2. Madu

unsplash.com/MattHoffman

Selain dikenal baik bagi kesehatan kulit, madu adalah salah satu jenis makanan yang dikenal sebagai sumber energi. Mengkonsumsi madu juga sangat baik bagi kamu yang memang aktif beraktivitas, gemar berolahraga, atau melakukan kegiatan-kegiatan yang berat lainnya. Cukup konsumsi satu atau dua sendok setiap sahur dan berbuka agar energi dalam tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapat Saat Berbagi Makanan Saat Bulan Puasa

3. Apel

unsplash.com/JoannaNix

Punya kegemaran makan enak tentu sah-sah saja, tapi pastikan bahwa makanan yang kamu santap memang bermanfaat bagi tubuh. Nah untuk membuat tubuh tetap berenergi, sebaiknya kamu lebih sering mengkonsumsi buah apel. Kandungan serat dalam apel terbukti memberikan cadangan energi sekaligus menjaga agar perut kamu terasa kenyang lebih lama. Pas banget 'kan kalau kamu makan apel saat sahur agar kuat untuk puasa seharian penuh.

4. Ubi

unsplash.com/EllaOlsson

Tahukah kamu bahwa ubi termasuk jenis makanan sumber energi? Dalam ubi terkandung zat-zat penting yang menghasilkan nutrisi untuk tubuh seperti betakarotin, magnesium, dan vitamin C. Selain itu, kandungan potasium dalam ubi juga baik untuk menyeimbangkan tekanan darah. Yang pasti, ubi ini bisa diolah menjadi berbagai menu makanan. Kamu pun bisa makan lezat sekaligus mendapat asupan energi.

5. Telur

unsplash.com/EatersCollective

Makanan sumber energi yang mudah ditemui salah satunya adalah telur. Dibanding jenis makanan lainnya, telur memiliki kandungan vitamin B dan D yang tinggi. Itulah mengapa seringkali orang yang sedang menjalani diet hanya memakan putih telur saja. Sementara bagi kamu yang tidak sedang berdiet, putih dan kuning telur bisa jadi dikonsumsi untuk sumber energi.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Verified Writer

Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya