TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Wajib yang Harus Dipatuhi Saat Membeli Cumi-cumi

Supaya gak terkecoh saat berburu cumi-cumi segar, lho

tasteofhome.com

Cumi-cumi merupakan salah satu primadona bagi penggemar hidangan laut. Oleh sebab itu, cumi-cumi yang akan diolah pun patut terjaga kesegarannya. Tujuannya, supaya citarasa masakan dapat lebih sempurna, dan tak malah menjadi beracun. Nah, inilah beberapa poin yang harus dipertimbangkan saat membeli cumi-cumi, supaya kamu gak terkecoh saat berburu cumi-cumi segar.

1. Amati warna cumi-cumi

macheesmo.com

Cumi-cumi yang masih segar memiliki warna kulit yang putih kelabu dengan bintik cokelat kemerahan. Sedangkan, cumi-cumi yang sudah tua akan berwarna cenderung merah muda, dan dagingnya pun kekuningan.

Selain itu, jangan membeli cumi-cumi dengan warna kulit ari yang berubah menjadi ungu tua, tentakelnya berwarna kekuningan, dan badannya memiliki bercak-bercak kehitaman. Pasalnya, hal ini mengindikasikan bahwa cumi-cumi tersebut sudah mulai membusuk.

2. Kenali aroma cumi-cumi

diabetes.org.uk

Walaupun berbau agak amis, tapi bau amis pada cumi-cumi yang masih segar tak begitu menyengat. Aromanya segar, alias khas aroma laut. Kendati demikian,  jangan pula memilih cumi-cumi yang tak mengeluarkan bau sama sekali, atau tak dihinggapi lalat. Sebab, kemungkinan cumi-cumi tersebut malah telah direndam dalam larutan pengawet.

Baca Juga: Seberapa Besar Sih, Ukuran Cumi-Cumi Raksasa?

3. Rasakan tekstur badan cumi-cumi

food-mag.co.uk

Rasakan tekstur badan cumi-cumi dengan cara menekannya perlahan dan pelan, lalu amati hasilnya. Apabila teksturnya masih kenyal, dan kembali ke bentuk semula sesaat setelah ditekan, itu artinya cumi-cumi tersebut masih segar.

Jangan membeli cumi-cumi yang badannya sudah terlalu lunak, apalagi berlendir, sebab kemungkinan cumi-cumi tersebut sudah tak lagi layak konsumsi. Selain itu, pilihlah cumi-cumi yang matanya masih cukup jernih dan kepala masih menyatu dengan badannya.

4. Perhatikan air rendaman cumi-cumi

taste.com.au

Sebaiknya hindari membeli cumi-cumi yang direndam di dalam air dingin dengan jumlah banyak, apalagi jika tinta hitam cumi-cumi tersebut sudah tak lagi keluar. Tujuannya, supaya tak terkecoh saat memilih cumi-cumi kelak, sebab kesegarannya diragukan.

Baca Juga: Seberapa Besar Sih, Ukuran Cumi-Cumi Raksasa?

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya