TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Serba-Serbi Saeu-mandu, Pangsit Udang dari Korea yang Harus Dicoba!

Ssst, ternyata saeu-mandu sangat populer di Korea, lho

ilustrasi saeu-mandu (instagram.com/k.mj36)

Berdasarkan tampilannya, sekilas, mandu tampak seperti pangsit dalam kuliner Indonesia. Selain itu, mandu rupanya juga terdiri dari aneka jenis. Perbedaan dasarnya terletak pada bahan baku yang digunakan. Misalnya adalah saeu-mandu. Yuk, simak serba-serbi dari mandu yang satu ini!

1. Saeu-mandu alias shrimp dumpling menggunakan udang sebagai bahan isian utama

ilustrasi saeu-mandu (instagram.com/joyson365)

Secara etimologi, saeu dalam bahasa Korea memiliki arti udang dan mandu merujuk pada pangsit. Dengan kata lain, saeu-mandu merupakan pangsit udang. Oleh sebab itu, penamaan internasionalnya pun adalah shrimp dumpling (Korean shrimp dumpling). Pasalnya, bahan isian utama untuk pangsit ini memang adalah udang.

Baca Juga: 5 Ragam Hidangan Mandu Lezat, Pangsit Lembut Khas Korea Selatan

2. Saeu-mandu tak hanya diberi isian udang tapi juga tambahan berupa sayur-sayuran

ilustrasi saeu-mandu (instagram.com/seohee0_)

Kendati diberi nama saeu-mandu atau pangsit udang, tetapi bahan isian untuk mandu ini tak hanya udang saja. Jika udang adalah bahan hewani, maka ada pula bahan nabati seperti sayur-sayuran yang turut ditambahkan. Campuran bahan-bahan tersebut membuat cita rasa saeu-mandu semakin prima.

3. Saeu-mandu termasuk jenis mandu yang banyak digemari oleh masyarakat Korea

ilustrasi saeu-mandu (instagram.com/jojuhyeon3606)

Kuliner Korea memiliki banyak jenis mandu yang setiap mandu tentu memiliki ciri khas. Peminat untuk ragam mandu tersebut pun terbagi sesuai selera masing-masing. Usut punya usut, saeu-mandu alias pangsit udang ini rupanya termasuk salah satu jenis mandu yang mempunyai banyak penikmat.

4. Saeu-mandu lazim dinikmati sebagai kudapan ataupun makanan pendamping (banchan)

ilustrasi saeu-mandu (instagram.com/_luveunn)

Sebagaimana mandu atau pangsit pada umumnya, saeu-mandu juga diolah dengan kulit pangsit sebagai pembungkus. Kulit pangsit tersebut dapat dibuat sendiri ala rumahan ataupun dibeli dalam versi komersial. Pangsit udang ini lazim disajikan sebagai kudapan ataupun makanan pendamping (banchan).

Baca Juga: 5 Kreasi Rangoon Favorit, Pangsit Goreng dengan Krim Keju

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya