TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Ragam Sup Asal Negara Skandinavia yang Rasanya Ambyar di Lidah

#IDNTimesFood Bikin gagal diet!

Gule Ærter (Instagram.com/skandibakers)

Negara-negara Skandinavia yang terdiri dari Swedia, Islandia, Finlandia, Norwegia, dan Denmark merupakan negara yang terkenal dengan pesona alamnya yang sangat memesona. Tak hanya bentangan alamnya yang bikin takjub, namun beberapa kulinernya ternyata juga sangat menggugah selera.

Salah satu makanan wajib yang harus dicicipi saat ke sana adalah sup andalannya. Selain lezat, sup tersebut juga ampuh menghangatkan tubuh saat musim dingin tiba.

Berikut enam ragam sup asal negara Skandinavia yang rasanya ambyar di lidah. Penasaran?

1. Ärtsoppa

ärtsoppa (Instagram.com/savorylens)

Ärtsoppa merupakan sup kacang kuning tradisional Swedia. Sup ini awalnya dibuat dari kacang polong yang tumbuh dengan cepat. Dahulu sup ini sangat populer di kalangan orang miskin yang biasa memasak semua bahan dalam panci yang sama karena mereka tidak memiliki lebih dari satu.

Sup ini mempunyai tekstur kuah yang sangat kental, berwarna kuning, dan secara tradisional dimakan pada hari Kamis. Bahan lainnya termasuk irisan tipis daging babi dan rempah-rempah seperti bawang, marjoram, jahe dan cengkeh.

2. Fiskesuppe

fiskesuppe (Instagram.com/everybodyjiak)

Fiskesuppe merupakan sup ikan Norwegia yang cukup populer. Sup ini ditandai dengan teksturnya yang lembut dan rasa mentega. Makanan yang menghangatkan ini, muncul dalam banyak versi regional dan musiman.

Namun biasanya terdiri dari berbagai jenis ikan, kerang, dan sayuran akar. Bahan-bahan tersebut dimasak dalam kaldu yang kaya dengan mentega, susu, dan krim.

Sebelum dihidangkan, sup dibumbui dengan berbagai rempah segar dan perasan jus lemon.

Baca Juga: 12 Sup Terenak se-Asia, Ternyata Rawon Nomor Satu Lho! 

3. Sodd

sodd (Instagram.com/lillianchi)

Sodd merupakan makanan nasional Norwegia. Sup ini biasanya terdiri dari daging kambing yang dipotong dadu, bakso yang terbuat dari daging sapi, domba atau kambing, wortel, dan kentang. Kemudian bahan-bahan tersebut dihidangkan dalam kuah bening yang harum. Sayuran biasanya dimasak secara terpisah dan kemudian ditambahkan ke kaldu.

Sup ini telah menjadi makanan pokok di Norwegia sejak abad ke-13. 

4. Svartsoppa

svartsoppa (Instagram.com/inneoute)

Svartsoppa merupakan sup anti mainstream asal Swedia. Makanan ini adalah sup darah yang terbuat dari darah angsa namun terkadang juga dengan darah babi, kaldu angsa, rempah-rempah, dan bumbu.

Hidangan ini mempunyai kombinasi rasa yang pedas, manis, dan asam. Sup juga bertekstur kental dan berwarna hitam kemerahan, sehingga sering disebut sup hitam. Terdapat tambahan bahan khas untuk sup termasuk kentang, isi perut, plum rebus, dan sosis hati angsa.

5. Gule Ærter

Gule Ærter (Instagram.com/skandibakers)

Gule Ærter adalah sup kacang polong asal Denmark. Sup ini umumnya terdiri dari kacang polong hijau atau kuning yang dimasak bersama dengan berbagai sayuran dan bumbu. sup ini sering dilengkapi dengan daging babi atau daging asap.

Sup yang sehat dan bergizi ini seringkali menjadi makanan pokok bagi penduduk setempat.

Baca Juga: Resep Sup Vegan Kari Thailand, Sajian Penuh Rempah dan Kaya Rasa!

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya