TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Kuliner Nusantara Identik Ikan Laut, Lezatnya Menggoda Lidah!

Bisa jadi inspirasi lauk besuk

instagram.com/ mksdailyfood

Pernah menikmati lezatnya pindang patin, mangut lele, atau gabus pucung? Semua kuliner lokal nan lezat tadi merupakan makanan Nusantara yang terbuat dari ikan air tawar.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga punya beragam kuliner identik menggunakan ikan laut sebagai bahan dasarnya. Apakah ada kuliner berikut ini merupakan kesukaanmu? Yuk intip satu per satu dari enam rekomendasi ini!

1. Ikan tude bakar 

instagram.com/ rumarica

Selain pampis cakalang, ada lagi olahan ikan laut khas Manado yang patut dicoba yakni ikan tude bakar. Kuliner ini menggunakan ikan kembung yang dibakar kemudian diguyur dengan sambal dabu-dabu usai matang. Bumbu untuk pembakarannya hanya terdiri dari air garam dengan tambahan perasan jeruk nipis atau lemon.

2. Sup ikan batam 

instagram.com/sopikanbatammentenghuis

Sesuai dengan namanya, sup ikan nan lezat ini berasal dari salah satu wilayah di Kepulauan Riau yaitu Batam. Berkuah bening, sup ikan ini mengandalkan kenikmatan ikan fillet seperti kakap. Bercita rasa gurih, asam, dan sedikit pedas, sup ikan batam dapat dilengkapi dengan daun kemangi atau selada yang meningkatkan kenikmatannya.

Baca Juga: 5 Olahan Ikan Kerapu dengan Saus Lezat

3. Sup gangan 

instagram.com/sarwokotiti

Sup gangan merupakan kuliner identik ikan laut asal Belitung. Di pulau yang punya sejuta keindahan, ini ikan laut diolah dengan kuah berbumbu kuning. Racikan bumbu tersebut terdapat kunyit yang menetralkan aroma serta rasa dari ikan. Irisan belimbing wuluh bikin sup gangan punya rasa asam.

4. Gohu ikan

instagram.com/epicurushongkong

Gohu ikan cukup populer di wilayah timur Indonesia. Kuliner ini bisa dikatakan sashimi-nya Indonesia. Meski menambahkan taburan kacang serta dapat dibuat dengan beragam ikan laut sesuai pilihan, gohu ikan tetap disajikan dalam keadaan mentah.

Bawang merah, cabai, dan garam, deretan penyedap rasa dari gohu ikan. Untuk menunjang aroma, gohu ikan disajikan dengan perasan jeruk nipis.

5. Ikan kuah pala banda 

instagram.com/nisasukarso

Tekstur dari ikan kuah pala banda cukup kental karena mempertemukan santan dengan beragam bumbu rempah seperti lengkuas, ketumbar, jahe, bunga pala, dan kunyit. Selain rasa gurih dan rempahnya terasa banget di lidah, ikan kuah pala banda juga menyuguhkan cita rasa pedas. Pantaslah siapa pun yang menikmatinya kepengin nambah terus!

Baca Juga: 5 Sajian Berbahan Ikan Anchovy, Walau Mungil Tetap Lezat!

Verified Writer

Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya