TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Sambal Matah yang Segar, Lezat untuk Menu Cocolan!

Yuk bikin sendiri di rumah

indoindians.com

Siapa yang tak mengenal sambal matah? Sambal yang biasa disajikan dengan menggunakan bahan-bahan segar ini memang cukup populer, apalagi dikreasikan dengan aneka menu yang lebih menggugah selera. Kamu juga bisa merasakan kelezatan dan kesegaran sambal matah sendiri di rumah dengan cara membuatnya.

Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja tips membuat sambal matah, berikut lima daftarnya.

1. Persiapkan bahan-bahannya

jajabakes.com

Sama halnya dengan membuat aneka menu sambal lain, tentunya bahan-bahan makanan menjadi aspek utama yang harus kamu persiapkan. Beberapa bahan yang diperlukan antara lain cabai rawit merah, cabai rawit jika, bawang merah, serai, jeruk nipis, daun jeruk, gula, garam, merica, terasi, dan minyak goreng. Pilihlah bahan-bahan yang berkualitas dan segar agar hasilnya pun bisa jauh lebih maksimal.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Sambal Matah, Rasa Pedasnya Menyegarkan

2. Rendam semua bahan-bahan

thespruceeats.com

Langkah selanjutnya adalah dengan merendam bahan-bahan dan mencucinya di bawah air mengalir. Tujuannya tentu saja agar kotoran-kotoran yang menempel dapat hilang. Selain itu, proses perendaman juga akan membantu mengeluarkan warna pada bahan-bahan tersebut.

3. Tumis terasi dan iris bahan-bahan

inquiringchef.com

Terasi juga dibutuhkan dalam proses membuat sambal matah di rumah, namun kamu perlu menumisnya terlebih dahulu agar aromanya lebih menguar. Selanjutnya, iris bahan-bahan seperti cabai, daun jeruk, dan batang serai. Kamu juga bisa memisahkan antara biji cabai dan daging cabai agar tak tercampur.

4. Peras jeruk nipis dan tambahkan rempah-rempah dasar

cookpad.com

Untuk menambah kesegaran dan cita rasa, kamu dapat memeras jeruk nipis yang memiliki sensasi rasa kecut dan segar. Kamu juga dapat menambahkan garam, gula, penyedap, dan merica ke dalamnya. Jangan lupa menambahkan terasi yang telah ditumis dan sedikit saja minyak pada campuran bahan-bahan.

Baca Juga: Resep Se'i Ayam Sambal Matah, Begini Cara Membuatnya yang Nikmat

Verified Writer

Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya