TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Tepat dalam Melelehkan Keju, Sudah Tahu Caranya?

Ternyata gak bisa sembarangan, lho

recipes.howstuffworks.com

Keju merupakan produk olahan susu yang telah melalui proses fermentasi hingga memperoleh tekstur yang padat. Tak hanya identik dengan cita rasa gurihnya, keju juga identik dengan teksturnya yang mudah meleleh, meskipun tak semua jenis keju dapat demikian.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips dalam melelehkan keju, berikut lima daftarnya.

1. Sesuaikan penggunaan keju dengan menu yang akan disajikan

thespruceeats.com

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mempersiapkan jenis keju yang akan digunakan. Namun, sebelum itu kamu harus tahu apakah keju yang akan digunakan cocok dengan menu yang akan dibuat. Hal ini karena memang tak semua jenis keju cocok dengan semua menu makanan.

Baca Juga: 5 Jenis Keju Asal Finlandia dengan Kualitas Terbaik, Tekstur Lembut!

2. Pilih keju yang tepat berdasarkan proses lelehnya

leitesculinaria.com

Selanjutnya, kamu dapat memulai untuk memilih keju yang akan dikonsumsi. Namun, tak semudah itu menebak cara keju meleleh hanya dari teksturnya saja. Keju meleleh dengan cara yang berbeda-beda tergantung jenisnya.

3. Memarut keju untuk mempercepat proses pelelehan

spruceup.co.uk

Setiap keju memang lah memiliki karakteristiknya tersendiri dan cara meleleh yang berbeda-beda. Salah satu cara untuk mempercepat proses lelehnya adalah dengan memarutnya terlebih dahulu. Jika dibandingkan dengan melelehkan keju secara utuh, tentunya melelehkan keju parut tak akan memakan waktu lama.

4. Sesuaikan dengan suhu ruang

kcet.org

Pada saat proses pemanasan keju, kamu dapat menyesuaikan detail panasnya berdasarkan suhu di ruang. Apabila suhu ruang dirasa terlalu panas, maka jangan memanaskan keju terlalu berlebihan karena akan membuat keju justru berminyak atau bertekstur padat dan susah dibentuk. Tentunya dengan begitu, maka proses pelelehan dapat berjalan lancar.

Baca Juga: 5 Tips Memarut Keju Agar Hasilnya Tetap Rapi, Gampang Banget!

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya