Comscore Tracker

5 Kesalahan Etiket Saat Makan Steak, Pasti Pernah Dilakukan!

Hayo ngaku aja deh!

Etiket restoran steak dirancang untuk menciptakan pengalaman makan yang formal namun tetap bersahabat. Tetapi kadang semua aturan yang kaku itu dapat membuat kita merasa tidak nyaman.

Karena kebanyakan dari kita hanya keluar untuk makan di restoran dengan acara khusus ini sekali atau dua kali setahun, rasanya mempelajari etiket saat makan steak di restoran ini bisa kamu pelajari.

1. 'Menyiram' daging dengan saus steak

5 Kesalahan Etiket Saat Makan Steak, Pasti Pernah Dilakukan!unsplash.com/@loija

Jika koki ingin steak disajikan dengan disiram saus, makanan akan datang ke meja seperti itu. Tapi jika steak datang ke meja tanpa dituang apapun, maka tidak sopan jika kita membanjiri daging dengan saus steak. Jika kamu tipe orang yang suka steak yang dibanjiiri saus, tanyakan pada pramusaji tentang saus yang cocok disajikan dengan steak pilihanmu. 

2. Memotong keseluruhan steak sekaligus

5 Kesalahan Etiket Saat Makan Steak, Pasti Pernah Dilakukan!unsplash.com/@nerfee

Percaya atau tidak, ada cara yang benar untuk memotong steak adalah satu irisan untuk satu gigitan. Kamu harus memegang pisau di tangan kanan dengan jari telunjuk terulur ke bawah bagian punggung pisau. Kemudian, pegang garpu di tangan kiri, jepit dagingnya dan potong satu gigitan dengan gerakan zigzag. Terakhir, letakkan pisau di atas piring dan pindahkan garpu ke tangan kanan untuk menggigit.

3. Mengunyah tulang steak

5 Kesalahan Etiket Saat Makan Steak, Pasti Pernah Dilakukan!unsplash.com/@__menglong

Nasihat ini mungkin tampak jelas, tetapi kamu tidak boleh menggerogoti tulang di meja jika berada di restoran mewah. Mungkin terlihat menggoda jika dagingnya enak, tetapi sebaiknya jauhkan jari dari makanan setiap saat. Untuk itulah garpu dan pisau diciptakan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Salah dalam Memasak Steak yang Justru Sering Dilakukan

4. Memuntahkan potongan daging alot ke serbet

5 Kesalahan Etiket Saat Makan Steak, Pasti Pernah Dilakukan!unsplash.com/@jodrell

Tidak peduli seberapa mewahnya restoran steak tersebut, kamu mungkin akan menemukan sepotong steak yang alot dalam campurannya. Jika kamu memuntahkannya ke serbet, kamu mungkin lupa bahwa muntahan itu akan ada di atas meja makan dan bisa dilihat seluruh pengunjung restoran. Cara terbaik adalah dengan diam-diam mengeluarkan potongan dengan jari dan meletakkannya di sudut kiri atas piring. 

5. Memesan steak well done

5 Kesalahan Etiket Saat Makan Steak, Pasti Pernah Dilakukan!unsplash.com/@khm

Kamu memang seharusnya pesan steak yang sesuai dengan seleramu, meskipun itu adalah steak dengan kematangan well done. Di sisi lain, sebenarnya steak akan terasa lebih juicy dan rasanya lebih keluar jika dimasak dengan kematangan medium-rare atau medium. Beritahu pramusaji jika kamu ingin steak yang dimasak dengan kematangan well done, mungkin mereka akan merekomendasikan pilihan menu yang sama-sama enak jika dimasak well done.

Itulah lima etiket salah yang seringkali dilakukan orang saat makan di restoran steak. Jangan sampai kamu melakukannya juga ya!

Baca Juga: 5 Jenis Olahan Kentang yang Biasa Disajikan Bersama Steak, Lezat!

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya