Comscore Tracker

5 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Saat Marinasi Daging

Awas gak enak!

Kita semua pasti pernah membuat kesalahan saat memasak. Entah itu memotong sayuran, mengaduk masakan, atau bahkan saat memarinasi daging. Marinasi daging ternyata gak semudah yang kamu pikirkan.

Hanya dengan mencampur bahan-bahan random ke dalam bumbu gak akan bisa membuat daging yang kamu masak jadi enak. Inilah lima kesalahan umum yang biasa dilakukan orang saat sedang memarinasi daging, apa saja?

1. Bumbu yang kamu gunakan gak cukup kaya akan rasa, alias hambar

5 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Saat Marinasi Dagingunsplash.com/@wesual

Di bayanganmu, memarinasi daging cukup 15 menit dengan baluran garam, lada, dan air lemon secukupnya. Padahal gak juga. Untuk membuat rasa menjadi tajam dan keluar, kamu perlu menghaluskan beberapa campuran rempah, memasaknya, dan kalau perlu ungkep sekalian bersama dagingnya selama beberapa menit agar bumbu bisa meresap dengan baik.

2. Bumbu yang digunakan terlalu banyak

5 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Saat Marinasi Dagingunsplash.com/@m15ky

Semua hal kalau berlebihan pasti gak baik, termasuk bumbu masakan. Kamu gak perlu berlagak seperti chef papan atas yang bereksperimen menggunakan berbagai bumbu di dalam satu masakan, kecuali memang kamu lagi bikin menu baru yang belum pernah ada. Ikuti resep, lakukan sedikit improvisasi tapi juga pikirkan dampaknya kalau improvisasimu gagal. Makananmu akan terbuang karena gak bisa dimakan.

3. Waktu marinasi tidak cukup lama

5 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Saat Marinasi Dagingunsplash.com/@plhnk

Protein pada daging membutuhkan lebih dari lima menit untuk menyerap semua rasa dengan benar. Tidak perlu menunggu 24 jam, tetapi sebaiknya biarkan daging beristirahat setidaknya selama 30 menit. Kalau perlu kamu juga bisa simpan daging yang sudah dimarinasi ke dalam kulkas semalaman agar bumbu lebih meresap.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Steak Daging Kambing Empuk Saat Idul Adha

4. Terlalu banyak garam

5 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Saat Marinasi Dagingunsplash.com/@cameramandan83

Garam di bumbu marinasi memang penting, tapi terlalu banyak garam akan membuat daging kering dan alot. Ingat-ingat saat membuat bumbu marinasi dan jangan masukkan terlalu banyak garam karena akan mengakibatkan daging menjadi kering dan bahkan keras. Kamu selalu bisa menambahkan garam saat daging dimasak, dan saat sudah matang pun kamu masih tetap bisa menambahkan garam.

5. Bumbu yang dibuat terlalu sedikit

5 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Saat Marinasi Dagingunsplash.com/@victoriakosmo

Pastikan kamu membuat bumbu yang cukup untuk memarinasi seluruh daging yang akan dimasak, karena kalau kurang bumbunya kamu gak akan punya waktu untuk membuatnya lagi. Buat perbandingan bumbu yang sekiranya bisa menutupi seluruh permukaan daging agar rasanya bisa rata menyeluruh.

Itulah lima kesalahan umum yang biasa dilakukan saat memarinasi daging, semoga kamu bisa menghindari kesalahan-kesalahan ini ya. Selamat memasak!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Salah dalam Memasak Steak yang Justru Sering Dilakukan

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya