Comscore Tracker

10 Makanan Khas Jerman yang Bakal Bikin Hidupmu Jadi Lebih Berwarna

Sekali coba, rasanya teringat seumur hidup deh

Jerman dikenal sebagai salah satu negara dengan hasil rempah yang melimpah. Hal ini membuat hampir setiap makanan "Negeri Hiltler" itu memiliki cita rasa yang sangat kuat dan unik. Faktor itulah yang membuat turis tak pernah melewatkan untuk berwisata kuliner saat berkunjung ke Jerman.

Jika memiliki kesempatan untuk menginjakkan kaki di negara bagian Eropa Barat tersebut, sempatkanlah untuk mencicipi 10 makanan berikut ini. Dijamin gak bakal nyesel deh!

1. Spätzle

10 Makanan Khas Jerman yang Bakal Bikin Hidupmu Jadi Lebih Berwarnainstagram.com/feelgoodfoodandmore

Spätzle, pasta tradisional masyarakat Baden-Württemberg yang terbuat dari tepung, telur, garam, dan soda kue. Biasanya disajikan dengan potongan daging beserta sayuran. Jika ingin sedikit memperlengkap rasanya, kamu bisa menambahkan keju sesuai selera.

2. Schnitzel

10 Makanan Khas Jerman yang Bakal Bikin Hidupmu Jadi Lebih Berwarnainstagram.com/bestfoodcake

Schnitzel sebenarnya bukan makanan asli Jerman, melainkan dari Austria. Namun, menu ini banyak disukai masyarakat Berlin sehingga diolah sesuai selera. Daging yang direndam air jeruk kemudian digoreng dengan tepung roti. Lebih enak lagi jika dinikmati dengan saus krim dan jamur.

3. Bratwurst

10 Makanan Khas Jerman yang Bakal Bikin Hidupmu Jadi Lebih Berwarnainstagram.com/cookscountry

Makanan yang bentuknya sedikit menyerupai sosis ini terbuat dari daging sapi atau babi, jadi kuliner khas kawasan Nürnberg. Menu idaman yang selalu ada setiap pesta barbeque, nih!

4. Bratkartoffeln

10 Makanan Khas Jerman yang Bakal Bikin Hidupmu Jadi Lebih Berwarnainstagram.com/oats_and_fitfood

Kalau masyarakat Indonesia menganggap gak kenyang kalau gak makan nasi, maka menu makanan di Jerman akan dianggap kurang lengkap tanpa bratkartoffeln. Cara membuatnya sederhana, kentang yang diiris kecil-kecil kemudian digoreng dengan minyak sayur, garam, bawang bombai, dan merica.

5. Maultaschen

10 Makanan Khas Jerman yang Bakal Bikin Hidupmu Jadi Lebih Berwarnainstagram.com/biancazapatka

Maultaschen, kuliner ikonik kota Zum Hasenwirt, ibarat gudeg dan Yogyakarta yang tak terpisahkan. Makanan berbentuk persegi ini terbuat dari kulit pasta yang diisi dengan daging cincang, asinan kubis, dan bayam yang dibumbui dengan lada, peterseli, pala, serta berbagai rempah-rempah lainnya. Kalau di Tanah Air sejenis martabak gitu deh.

6. Schweinsbraten

10 Makanan Khas Jerman yang Bakal Bikin Hidupmu Jadi Lebih Berwarnainstagram.com/slowcooker_x

Mengunjungi Munich gak akan afdol tanpa mencoba daging pangang schweinsbraten yang telah dicampur acar, kubis panggang, dan pangsit. Sayuran segar bertemu daging chewy, benar-benar endeus!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kuliner di Tangerang Paling Enak, Kamu Wajib ke Sini!

7. Flammkuchen

10 Makanan Khas Jerman yang Bakal Bikin Hidupmu Jadi Lebih Berwarnainstagram.com/zuckerzimtundliebe

Dari bentuknya saja, kamu pasti sudah tak asing dengan jenis makanan satu ini, iya gak? Pizzanya Jerman adalah flammkuchen. Bedanya dengan pizza Italia atau Perancis yakni terdapat pada adonan rotinya yang lebih tipis.

8. Gulasch

10 Makanan Khas Jerman yang Bakal Bikin Hidupmu Jadi Lebih Berwarnainstagram.com/mamutschkababuschka

Gulash kalau di Indonesia bisa kita namani gulai. Bahannya dari daging yang telah dimasak dengan campuran rempah-rempah yang membuat dagingnya jadi sangat lembut dan gurih. Beberapa masyarakat Jerman bahkan menambahkan anggur merah demi menghasilkan daging yang kenyal. Semakin lezat jika disajikan dengan pasta.

9. Rote grütze

10 Makanan Khas Jerman yang Bakal Bikin Hidupmu Jadi Lebih Berwarnainstagram.com/springlane.de

Rote grütze puding khas kota bagian Utara Jerman, Schleswig-Holstein. Terbuat dari tepung jagung, kismis hitam dan merah, rasberry atau ceri yang dihaluskan jadi satu, kemudian dikukus. Lalu ditambahkan krim, saus vanili atau es krim.

10. Königsberger klopse

10 Makanan Khas Jerman yang Bakal Bikin Hidupmu Jadi Lebih Berwarnainstagram.com/feelgoodfoodandmore

Diciptakan seratus tahun lalu di kota Königsberg (sekarang Kaliningrad), königsberger klopse merupakan bakso daging sapi dengan saus krim, bawang, telur, merica, dan jus lemon yang disajikan dengan kentang.

Sesekali mencoba makanan dari negara lain akan membuatmu merasakan sensasi kuliner yang gak akan terlupakan. Sebab, makanan yang enak bukan hanya perkara seberapa manis atau asin, bahkan makanan dapat menjelaskan perihal kebudayaan suatu masyarakat. 

There is no love sincerer than the love of food. -George Bernard Shaw (Man and Superman)

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kuliner Khas Lombok, Nikmatnya Bikin Nagih!

yummy-banner

Topic:

  • Rosita A.
  • Dewi Suci R.

Just For You