Comscore Tracker

Alasan Kenapa Daging Wagyu Mahal, Seberapa Sering Kamu Mengonsumsinya?

Teksturnya lembut dan buttery, rasanya pun enak

Daging sapi punya banyak varian dan jenis. Salah satunya daging wagyu. Daging ini diproduksi dari beberapa ras sapi unggulan yang ada di Jepang.

Teksturnya sangat lembut dan buttery saat dimakan. Rata-rata harganya cukup mahal. Ternyata ada beberapa alasan kenapa daging wagyu mahal. Di antaranya sebagai berikut.

1. Berasal dari varietas ras sapi hasil persilangan

Alasan Kenapa Daging Wagyu Mahal, Seberapa Sering Kamu Mengonsumsinya?mashed.com

Daging wagyu berasal dari hasil persilangan antara sapi asli Jepang dengan sapi impor, seperti Devon, Brown Swiss, Shorthorn, atau Simmental. Hasil persilangan inilah yang kemudian menjadi ras sapi penghasil daging wagyu. Di antaranya Japanese Black, Japanese Brown, Japanese Shorthorn, dan Japanese Polled.

Sapi-sapi ini nantinya akan menghasilkan daging yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 lebih tinggi dibanding sapi pada lainnya. Daging sapi hasil persilangan ini juga akan memiliki banyak "marbling," atau pola guratan lemak yang menyebar secara merata di seluruh bagian daging.

2. Metode pemeliharaan khusus yang sangat istimewa

Alasan Kenapa Daging Wagyu Mahal, Seberapa Sering Kamu Mengonsumsinya?eatthis.com

Gak cuma berasal dari ras hasil persilangan, sapi penghasil daging wagyu juga dipelihara dengan perlakuan khusus dan sangat istimewa. Para peternak Jepang akan memberi makan anak sapi sesuai pedoman ketat.

Anak sapi akan diberi susu pengganti dengan tangan selama 10 bulan. Setelah itu, mereka digemukkan dengan pakan khusus yang terbuat dari jerami, gandum, dan beras.

Sapi-sapi ini akan dibiarkan tumbuh dewasa hingga beratnya mencapai 700 kilogram. Tak sampai di situ, lingkungan tempat perawatan sapi juga sangat dijaga.

Sapi tumbuh besar di lingkungan yang bebas stres. Para peternak Jepang percaya seekor sapi yang bahagia akan menghasilkan daging dengan kualitas yang baik.

Di wilayah-wilayah tertentu seperti Prefektur Mie, sapi penghasil wagyu bahkan akan disembelih saat masih perawan. Mereka percaya sapi perawan akan menghasilkan daging yang lebih empuk.

Baca Juga: 10 Cara Memasak Daging Sapi yang Empuk dan Lezat

3. Sapi penghasil wagyu jumlahnya sedikit

Alasan Kenapa Daging Wagyu Mahal, Seberapa Sering Kamu Mengonsumsinya?asia.nikkei.com

Sapi berkualitas yang bisa menghasilkan daging wagyu jumlahnya gak banyak. Sebagai contoh di Amerika Serikat, sapi penghasil wagyu hanya ada sekitar 5.000 ekor.

Bandingkan dengan total 94,8 juta sapi yang ada di peternakan Amerika Serikat. Selain itu, untuk menikmati daging wagyu, gak bisa di sembarang tempat. Hanya restoran kelas atas saja yang biasanya menyajikan daging sapi super ini.

Di restoran kelas atas pun daging wagyu dibagi menjadi dua skala. Pertama, jumlah daging yang dihasilkan dalam satu ekor sapi (dari kelas A hingga kelas C). Dan kedua, untuk kualitas lemak marmer (dari 1 hingga 5). Daging wagyu terbaik biasanya ada di kelas A4 hingga A5.

Satu slide daging wagyu sendiri biasanya dibanderol hingga sekitar 85 dolar AS atau sekitar Rp1,1 juta. Nah, buat kamu yang ingin mencicipi, berikut beberapa restoran di kota-kota besar yang menyediakan daging wagyu.

- Jakarta
AB Steakhouse by Chef Akira Back
Jalan Setia Budi Selatan Nomor 7, Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan

- Jakarta
Bistecca
SCBD Tower C Ground Floor Patrol Haur Geulis Kav 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

- Surabaya
Urban Wagyu
Jalan Opak Nomor 50, Darmo, Wonokromo, Surabaya

- Semarang
Steak Hotel by Holycow
Jalan Sultan Agung Nomor 142, Kaliwiru, Candisari, Semarang

- Yogyakarta
R&B Grill Real Steak
Jalan R.W. Monginsidi Nomor 37, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta

- Bandung
The HolyRibs
Jalan Sultan Tirtayasa Nomor 30, Citarum, Bandung Wetan, Bandung

- Medan
Prime Steak House
JW Marriott Hotel, Jalan Putri Hijau Nomor 10, Kesawan, Medan Barat, Medan

- Bali
Holycow! Steakhouse by Chef Afit
Jalan Dewi Sri Nomor 70, Legian, Kuta, Kabupaten Badung

Nah, itulah beberapa alasan kenapa daging wagyu mahal. Seberapa sering kamu mengonsumsinya?

Baca Juga: Perbedaan Daging Ayam dan Bebek, Mana yang Paling Kamu Suka?

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya