4 Fakta Unik Jamur Truffle, Harganya Bisa Mencapai Miliaran Rupiah

Chef Arnold mengaku punya 2,5 kilogram jamur truffle 

Jamur truffle dikenal sebagai bahan makanan dengan harga fantastis. Jamur ini pun diklaim sebagai jenis jamur termahal di dunia.

Eksistensi jamur truffle sebenarnya bukan hal baru. Namun, baru-baru ini jamur truffle kembali menjadi perbincangan setelah juri MasterChef Indonesia, Chef Arnold, memamerkan jamur ini yang dia simpan di kulkasnya.

Jumlahnya tak sedikit untuk ukuran jamur semahal itu. Chef Arnold menyimpan 2,5 kilogram jamur truffle yang ditaksir harganya mencapai Rp125 juta.

Kira-kira kenapa bisa semahal itu ya? Yuk, intip beberapa fakta unik jamur truffle berikut ini!

1. Berasal dari wilayah Eropa

4 Fakta Unik Jamur Truffle, Harganya Bisa Mencapai Miliaran Rupiahitalycharme.com

Meski kini jamur truffle sudah ada di lebih dari 36 negara, tetapi pertama kali dikenalkan di Eropa. Ada dua jenis truffle yang saat ini memiliki harga fantastis, jamur truffle hitam dan putih.

Truffle hitam atau tuber melonosporum merupakan biasanya tumbuh subur pada September hingga Desember. Jamur ini berasal dari wilayah Perigord di barat daya Prancis.

Sedangkan, truffle putih biasa ditemukan di wilayah Piedmont di Italia Utara, terutama di pedesaan sekitar Alba. Jamur yang memiliki nama lain tuber magnatum ini bisa ditemukan di musim dingin dan musim gugur.

2. Jenis jamur yang sangat sulit dibudidayakan

4 Fakta Unik Jamur Truffle, Harganya Bisa Mencapai Miliaran Rupiahthespruce.com

Jamur truffle bukanlah jamur biasa. Jamur ini tumbuh liar secara alami tanpa bisa diolah atau dikontrol produksinya. Kalau ingin membudidayakan truffle, setidaknya mereka harus menanam pohon ek terlebih dahulu.

Yap, jamur truffle memang biasa tumbuh di bawah pohon ek, poplar, beech, atau hazel. Diperlukan empat sampai tujuh tahun sebelum truffle pertama muncul.

Belum lagi tak semua pohon akan menghasilkan jamur truffle. Banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari kandungan tanah hingga kondisi cuaca. Sulitnya proses budidaya inilah yang membuat jamur truffle memiliki harga yang sangat fantastis.

Baca Juga: 4 Restoran Mewah Milik Bintang Sepak Bola Dunia, Ada Pemain Idolamu?

3. Punya banyak khasiat ajaib untuk tubuh

4 Fakta Unik Jamur Truffle, Harganya Bisa Mencapai Miliaran Rupiahflickr.com/@Adam Goldberg

Jamur truffle tak sekadar mahal. Segudang manfaat kesehatan yang dimiliki jamur ini juga menjadi alasan kenapa harganya selangit.

Pertama, jamur truffle diklaim mampu mencegah kanker. Jamur ini mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati kanker.

Ketika dikonsumsi, jamur ini dikatakan mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh, sehingga perlahan tubuh menjadi resisten terhadap sel kanker. Selain itu, jamur truffle juga punya banyak khasiat lainnya, seperti melancarkan peredaran darah, mengobati sakit kepala, hingga membantu pembentukan otot.

4. Pernah terjual hingga Rp1,5 miliar

4 Fakta Unik Jamur Truffle, Harganya Bisa Mencapai Miliaran Rupiahdartagnan.com

Jamur truffle memang dikenal memiliki harga selangit. Jenis truffle hitam biasanya dibanderol sekitar Rp5,6 juta per 450 gram.

Sedangkan, jenis truffle putih bisa jauh lebih mahal. Truffle putih bisa dibanderol sekitar Rp31 juta per 450 gram.

Pada November 2018, sebuah jamur truffle putih pernah mencetak rekor sebagai salah satu yang termahal. Jamur truffle putih langka itu terjual hingga sekitar Rp1,5 miliar dengan berat 850 gram di Alba, Italia.

Jamur itu dibeli oleh seorang warga Hong Kong yang dirahasiakan namanya. Dia membayar 30 kali lebih mahal dibandingkan harga pasaran untuk memperoleh jamur kecil tersebut.

Wah, pantas saja mahal dan istimewa ya! Kalau kamu punya banyak uang, kira-kira bakal membelinya juga gak?

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kaviar, Makanan Mahal Favorit Orang Kaya dan Selebriti

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You