Comscore Tracker

7 Makanan yang Gak Boleh Dipanaskan di Microwave, Bisa Meledak!

Bisa membahayakan kesehatan tubuh juga, lho

Microwave seringkali menjadi solusi praktis untuk menghangatkan berbagai jenis makanan. Cukup meletakkan makanan di wadah tahan panas, masukkan ke microwave, dan makanan pun siap disantap dalam keadaan hangat.

Gak heran kalau alat canggih satu ini semakin diminati banyak orang. Namun, tahukah kamu, sebenarnya gak semua makanan boleh dipanaskan di microwave, lho.

Ada beberapa jenis makanan yang justru bisa merusak teksturnya jika dipanaskan dengan microwave. Ada juga yang akan membahayakan kesehatan kita.

Apa saja jenis makanan tersebut? Yuk, simak daftar makanan yang tidak boleh dipanaskan di dalam microwave berikut ini! 

1. Daging beku

7 Makanan yang Gak Boleh Dipanaskan di Microwave, Bisa Meledak!mashed.com

Panas yang dihasilkan microwave bisa langsung memasak daging dalam keadaan dingin atau beku. Namun saat dimasak, tingkat kematangan daging jadi gak merata.

Cara paling baik mencairkan daging beku adalah dibiarkan di suhu ruangan hingga benar-benar mencair dan siap untuk dimasak.

2. Telur rebus

7 Makanan yang Gak Boleh Dipanaskan di Microwave, Bisa Meledak!sonshinekitchen.com

Telur rebus yang dipanaskan di dalam microwave bisa menjadi semacam 'bom waktu'. Kelembaban di dalam telur bisa semakin panas hingga akhirnya meledak.

Lebih parah lagi, telur mungkin tidak meledak di dalam microwave, tapi ketika sudah dikeluarkan. Hati-hati ya!

3. Roti

7 Makanan yang Gak Boleh Dipanaskan di Microwave, Bisa Meledak!delish.com

Jenis roti apa pun sebenarnya menjadi kurang enak jika dipanaskan di microwave. Roti yang dipanaskan menggunakan microwave akan kehilangan kelembaban, sehingga membuat teksturnya menjadi lebih keras.

4. Saus

7 Makanan yang Gak Boleh Dipanaskan di Microwave, Bisa Meledak!seriouseats.com

Memanaskan saus menggunakan microwave akan membuatnya meletup-letup di dalam. Selain berbahaya, hal ini tentu akan membuat bagian dalam microwave kotor. Sebaiknya panaskan saus di atas kompor menggunakan api kecil.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Ternyata Bisa Dimasak dalam Microwave Lho, Pernah Coba?

5. Sayuran hijau

7 Makanan yang Gak Boleh Dipanaskan di Microwave, Bisa Meledak!blog.mybalancemeals.com

Sayuran hijau tidak boleh dipanaskan di dalam microwave. Ketika dipanaskan di dalam microwave, kandungan nitrat pada sayuran hijau bisa berubah menjadi nitrit, kemudian nitrosamin.

Menurut European Food Information Council, kedua kandungan tersebut bersifat karsinogenik, sehingga membahayakan kesehatan tubuh, bahkan bisa menyebabkan kanker.

6. ASI

7 Makanan yang Gak Boleh Dipanaskan di Microwave, Bisa Meledak!todaysparent.com

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ASI tidak boleh dipanaskan dengan microwave. ASI yang dipanaskan menggunakan microwave akan menghasilkan panas yang tidak merata hingga bisa melukai mulut bayi.

Selain itu, kandungan gizi dalam ASI juga bisa rusak jika dihangatkan di microwave atau di atas kompor.

7. Cabai

7 Makanan yang Gak Boleh Dipanaskan di Microwave, Bisa Meledak!sciencenews.org

Cabai mengandung capsaicin. Saat dipanaskan di microwave, kandungan capsaicin akan terlepas ke udara. Bahan kimia ini bisa membakar mata dan tenggorokan, sehingga bisa menyebabkan batuk, susah bernapas, dan seperti tercekik.

Nah, itulah tujuh makanan yang gak boleh dipanaskan di dalam microwave, karena bisa merusak rasa dan teksturnya. Selain itu, juga berpotensi membahayakan kesehatan tubuh. Hayoo...makanan mana yang pernah kamu panaskan dengan microwave? 

Baca Juga: 10 Tips dan Cara Membersihkan Microwave, biar Gak Jadi Sarang Penyakit

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya