Comscore Tracker

Gak Nyangka, Ini 7 Rahasia Kedai Kopi yang Gak Banyak Orang Tahu

Ternyata ada cara biar bisa dapat harga lebih murah

Sudah bukan rahasia lagi kalau kopi merupakan salah satu minuman paling disukai orang Indonesia. Gak heran kalau belakangan kedai kopi bak jamur di musim hujan.

Hampir di setiap sudut kota, kamu bisa menemukan kedai kopi dengan mudah. Tapi tahukah kamu, sebenarnya beberapa kedai kopi punya banyak rahasia yang gak diketahui banyak orang, lho?

Rahasia-rahasia ini bisa dari cara mereka menakar ukuran kopi hingga menyajikannya ke pelanggan. Penasaran apa saja? Yuk, intip ulasannya berikut ini!

1. Ukuran gelas yang lebih besar bukan berarti takaran kopinya juga lebih banyak

Gak Nyangka, Ini 7 Rahasia Kedai Kopi yang Gak Banyak Orang Tahumashed.com

Kamu mungkin berpikir kalau membeli minuman kopi dengan ukuran yang lebih besar, maka akan mendapat takaran kopi yang lebih banyak juga. Padahal menurut Market Watch, kamu akan mendapat takaran kopi yang sama, tidak peduli berapa ukuran cangkir yang kamu pesan.

Sebagai contoh, jika kamu membeli karamel macchiato di Starbucks, kamu akan mendapat dua shots espresso. Gak peduli ukuran yang kamu pesan grande atau venti. Yang membedakan hanyalah ekstra foam dan susu tambahan.

2. Setiap kedai kopi punya takaran kafein yang berbeda-beda dalam racikan kopinya

Gak Nyangka, Ini 7 Rahasia Kedai Kopi yang Gak Banyak Orang Tahuunitypoint.org

Menurut laporan Business Insider, setiap kedai kopi raksasa memiliki takaran kafein yang berbeda-beda di setiap minuman kopi yang mereka jual.

Sebagai gambaran, kopi berukuran sedang di McCafe McDonalds mengandung sekitar 145 miligram kafein per sajian. Sedangkan, kopi di Dunkin' Donuts mengandung sekitar 302 miligram kafein. Dan kopi di Starbucks mengandung sekitar 330 miligram kafein per sajian.

3. Barista biasanya punya cara usil untuk "balas dendam" ke pelanggan yang menjengkelkan

Gak Nyangka, Ini 7 Rahasia Kedai Kopi yang Gak Banyak Orang Tahuaccredited-times.com

Beberapa barista punya cara tersendiri untuk "membalas" pelanggan yang kurang sopan atau menjengkelkan. Menurut Mental Floss, cara pertama yang dilakukan barista adalah dengan mengganti kopi biasa dengan kopi tanpa kafein.

Mereka juga akan menyejajarkan lubang minum di tutup cangkir kopi dengan sambungan di cangkir kopi. Hal ini akan menyebabkan kopi mudah tumpah ketika akan diminum.

4. Beberapa kedai kopi bakal kasih harga diskon kalau kamu bawa wadah minuman sendiri

Gak Nyangka, Ini 7 Rahasia Kedai Kopi yang Gak Banyak Orang Tahuindependent.co.uk

Sudah banyak kedai kopi yang mendukung program daur ulang. Beberapa tempat bahkan akan memberi diskon tambahan atau potongan harga jika kamu membawa tumblr atau wadah minuman sendiri.

Baca Juga: Meramal Usia Kopi Susu Kekinian: Hanya Tren atau Panjang Umur Betulan?

5. Jenis air juga bisa berpengaruh terhadap rasa kopi yang kamu minum

Gak Nyangka, Ini 7 Rahasia Kedai Kopi yang Gak Banyak Orang Tahuislandinstitute.org

Jangan salah, air yang digunakan untuk menyeduh juga bisa berpengaruh terhadap rasa kopi. Kualitas air yang baik biasanya tergantung pada daerah tempat tinggal.

Jika air sedikit berbau atau meninggalkan rasa yang aneh di mulut, kemungkinan besar air tersebut tidak akan terasa enak untuk menyeduh kopi. Selain itu, suhu air juga bisa berpengaruh. Idealnya, kopi harus diseduh pada suhu antara 90,5-93 derajat Celsius.

6. Jangan sungkan, beberapa kedai kopi biasanya menawarkan refill secara gratis

Gak Nyangka, Ini 7 Rahasia Kedai Kopi yang Gak Banyak Orang Tahumashed.com

Ada beberapa kedai kopi yang memberikan refill gratis selama kamu masih ada di gerai. Refill gratis berlaku untuk kopi panas atau es kopi, tergantung kebijakan masing-masing gerai.

7. Ada cara "licik" untuk mendapatkan minuman spesial dengan harga lebih murah

Gak Nyangka, Ini 7 Rahasia Kedai Kopi yang Gak Banyak Orang Tahumashed.com

Kamu bisa "mengakali" harga dengan memesan secangkir espresso dan menambahkan bahan-bahan lainnya sendiri. Sebagai contoh, untuk membuat latte, kamu bisa memesan dua gelas espresso dalam cangkir biasa.

Kemudian menuangkan susu dan pemanis sendiri yang biasanya disediakan gratis. Menurut AOL, cara ini dapat menghemat hingga US$1-3 di Amerika Serikat. Pihak kedai kopi sebenarnya sudah tahu trik ini, tapi mereka bakal gak suka kalau banyak konsumen yang tahu trik ini.

Nah, itulah beberapa rahasia kedai kopi yang belum banyak orang tahu. Kalau kamu sendiri sudah tahu semuanya, belum?

Baca Juga: 15 Kedai Kopi Susu Kekinian di Sekitar Unair Surabaya, Murah dan Enak

yummy-banner

Topic:

  • Andry Trisandy
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya