Comscore Tracker

Bikin Nagih, 5 Jajanan Sekolah Zaman Old ini Masih Eksis Lho!

Hayo dulu kamu suka jajan yang mana?

Sedikit nostalgia nih, saat SD dulu kamu pasti pernah atau bahkan sering jajan di depan Sekolah. Bel pulang ibarat panggilan dari abang-abang penjual makanan dan minuman yang udah siap nongkrong di depan gerbang, hehe. Eehms, buat kamu yang mengalami duduk di bangku SD, pada tahun 90 sampai awal 2000an, masih inget nggak dulu suka jajan apa aja?

Seolah nggak kalah kegeser zaman, beberapa jajanan sekolah zaman now ternyata udah hits dan jadi idola sejak lama lho. Seperti 5 jajanan berikut ini. Buat anak era 90an bisa banget tuh mengenang masa muda kamu dulu, jajan makanan dan minum berikut. Penasaran apa aja?

1. Cakwe

Bikin Nagih, 5 Jajanan Sekolah Zaman Old ini Masih Eksis Lho!maknai.com

Hampir di semua sekolahan dari mulai SD sampai SMA pasti ada abang-abang tukang cakwe yang mangkal pake gerobak. Jajanan yang terbuat dari adonan tepung terigu-air-garam dan telur ini, dipotong kecil memanjang lalu digoreng. Biasanya cakwe disajikan dengan tambahan sambal kacang dan saos sambal. Harganya relatif murah dari mulai 500 sampai 1.000 rupiah satu potongnya.

Kalau di zaman dulu beli seribu udah dapet banyak, hehehe.

2. Bakso Kojek

Bikin Nagih, 5 Jajanan Sekolah Zaman Old ini Masih Eksis Lho!www.kaskus.co.id

Kalau zaman sekarang di beberapa daerah di Indonesia, kita mengenal bakso bakar atau bakso goreng telur. Tapi jauh sebelum keduanya eksis, ada bakso kojek. Dinamakan kojek, karena bakso ini awalnya dijual dengan mengunakan sepeda kayuh. Bakso kojek sendiri terdiri dari bakso aci yang diberi sedikit campuran daging sapi dan dibentuk bulat kecil. Pendampingnya ada tahu goreng aci yang dipanaskan dengan cara dikukus bersama bakso.

Mulanya, bakso kojek hanya dijual kering dengan bumbu saos sambel atau saos tomat. Tapi kemudian sedikit dimodifikasi dengan ditambahkan kuah kaldu, daun bawang dan bawang goreng. Berasa makan bakso beneran yak. Harga satu plastik bakso kojek saat ini sekitar 3.000 sampai 5.000 rupiah. Tergantung sih kamu mau beli berapaan.

3. Es Serut

Bikin Nagih, 5 Jajanan Sekolah Zaman Old ini Masih Eksis Lho!tahufakta.wordpress.com

Kalau zaman dulu yang namanya es serut dibuat dari serutan es batu balok. Kemudian dicetak menggunakan dua buah tutup gelas yang direkatkan pada serutan es. Di tengahnya lalu diberi stik kayu. Baru deh disiram dengan sirup merah rasa prambors atau cokelat. Beda halnya dengan sekarang, meski masih hitz es serut zaman now punya bentuk dan rasa yang lebih menarik dan variatif

Dulunya harga satu stick es serut dibanderol dengan harga 500 rupiah aja.

4. Makaroni goreng

Bikin Nagih, 5 Jajanan Sekolah Zaman Old ini Masih Eksis Lho!cookpad.com

Ini nih, siapa sih yang nggak ketagihan nyemilin makaroni goreng? Apalagi kalau ditambah bumbu seperti kaldu dan cabai bubuk. Berasa nggak pengen berhenti ngunyah deh. Kalau zaman sekarang sempat hitz dengan makaroni ngehe dan sejenisnya, lain halnya dengan zaman baula ya, hehe. Di zaman old, makaroni goreng tampilannya lebih sederhana. Alih-alih dicampur bihun krispy atau aneka bumbu rasa-rasa seperti keju dan bbq, makaroni zaman dulu cukup diberi bumbu garam, penyedap rasa dan cabai bubuk.

Biasanya makaroni goreng zaman dulu dikemas dengan plastik kecil dan dijual menggunakan sepeda kayuh. Beli seribu udah dapet banyak, sampai capek yang ngunyah, hahaha.

5. Telur gulung

Bikin Nagih, 5 Jajanan Sekolah Zaman Old ini Masih Eksis Lho!beautynesia.id

Salah satu jajanan favorit nih, telur gulung. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kriuk di luar dan lembut di dalam bikin siapa aja, rela nambah lagi dan lagi. Jajanan yang masih eksis sampai sekarang ini terbuat dari telur yang dikocok lepas kemudian dibumbui dengan garam dan penyedap. Ada pula beberapa abang penjual yang menambahkan air ke dalam adonan.

Menariknya, adonan telur tersebut kemudian di siram ke atas minyak panas. Lalu dengan menggunakan tusuk sate, si abang akan mengulungkan telur yang sudah matang. Tinggal tambah saos dan siap dinikmati. Kalau nggak salah ingat, zaman dulu harga satu tusuk telur gulung sekitar 200 rupiah.

Aduh, jadi ngiler nggak sih? Bikin pengen balik zaman sekolah ya kalau bisa. Atau besok semepetin waktu buat jajan ke sekolah kamu dulu, hehe.

Line Ads

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You

I Want More !