Comscore Tracker

Rekomendasi 5 Tempat Jajan Seafood Paling Laris dan Lezat di Solo

Awas bikin katagihan!

Jika membahas soal kulinernya Solo, tentu nasi liwet, timlo, dan serabi langsung tercetus di kepala. Namun nyatanya, Solo tak hanya menyediakan aneka makanan tradisional yang sudah terjamin kualitas rasanya sejak puluhan tahun silam.

Di kota asal Presiden Joko "Jokowi" Widodo ini kamu juga bisa mendapatkan aneka hidangan dari laut alias seafood

Meskipun letaknya cukup jauh dari pantai, Solo juga mempunyai sejumlah tempat makan dengan menu seafood yang dijamin segar dan lezat seperti tempat berikut ini.

Dari mulai tenda kaki lima, hingga sekelas restoran semua tersedia, tinggal pilih sesuai budget yang ada.

1. Rumah Makan Seafood Pak Petruk

Rekomendasi 5 Tempat Jajan Seafood Paling Laris dan Lezat di Soloinstagram.com/kulinerliburan

Siapa bilang makan seafood enak mesti di restoran mewah? Kamu tetap bisa menikmati aneka hidangan laut nan lezat, meskipun hanya di rumah makan sederhana pinggir jalan.

Kalau gak percaya, coba mampir ke RM. Seafood Pak Petruk, yang terletak di depan Hotel Grand Orchid, Solo. Ada berbagai menu yang bisa kamu pesan. Sebut saja kepiting saus padang, udang goreng mentega, kerang rebus, cumi-cumi goreng, hingga sayuran seperti tumis kangkung. Harga yang ditawarkan di rumah makan ini, mulai dari Rp 10.000. 

Alamat: Jl. Gajahmada No.48, Timuran, Banjarsari, Solo
Jam operasional: setiap hari, pukul 17.30-21.00 WIB

2. Central Rasa

Rekomendasi 5 Tempat Jajan Seafood Paling Laris dan Lezat di Soloinstagram.com/dafieums

Selain RM. Seafood Pak Petruk, ada lagi nih tempat makan kaki lima serba masakan laut yang wajib kamu coba. Meskipun hanya beratapkan tenda dan beralaskan tikar, tapi Central Rasa berani menjamin kamu bisa makan seafood enak sekaligus murah. Bahkan warung makan yang berada di sisi sebelah utara Stadion Sriwedari ini berani mengusung slogan "dijamin pasti murah". 

Kamu gak perlu kawatir kantong bakal terkuras jika makan di sini. Misalnya saja untuk ikan kakap dan cumi-cumi, dibanderol dengan harga Rp 13.000, kerang Rp 12.000, dan kepiting Rp 40.000.

Selain harga murah, kamu bisa memilih sendiri cara memasaknya. Mau digoreng dengan tepung, dikukus, atau dibakar.

Untuk menu yang dibakar, kamu cukup menambah biaya sebesar Rp1.000. Murah banget kan?


Alamat: Jl. Prof. DR. Soepomo, Sriwedari, Laweyan, Solo
Jam operasional: setiap hari, pukul 18.00-23.00 WIB

Baca Juga: 5 Tempat Makan Favorit di Solo, dari yang Fancy Hingga Merakyat

3. Terminal Kepiting

Rekomendasi 5 Tempat Jajan Seafood Paling Laris dan Lezat di Soloinstagram.com/henayy

Kalau kamu mau cari sensasi makan kepiting dengan venue yang gak biasa, coba deh mampir ke Terminal Kepiting. Sesuai namanya, restoran ini ditata sedemikian rupa hingga menyerupai tempat pemberhentian bus lengkap dengan sebuah bus berwarna oranye. 

Tak hanya tempatnya saja yang unik, daftar menu-nya juga gak kalah menarik seperti menu Bus Trayek yang berisi kombinasi antara kepiting, cumi-cumi, kerang, udang dan jagung rebus. Harga menu paket ini dibanderol mulai dari Rp 57.000 hingga Rp 195.000.

Gak mau kalah dengan nama makanannya, minum yang ditawarkan di Terminal Kepiting bisa dibilang sama uniknya. Misalnya saja, Solar yang berisi es teh atau es teh leci. Ada pula Pertadex yang berisi es beras kencur. 

Selain menikmati olahan seafood lezat di dalam bus, kamu juga bisa nongkrong di halaman atau di dalam ruangan supaya terasa lebih privat. Tertarik mencoba?

Alamat: Jl. Gatot Subroto No.160, Jayengan, Serengan, Solo
Jam operasional: setiap hari, pukul 14.00-22.00 WIB

4. D'Cost Seafood

Rekomendasi 5 Tempat Jajan Seafood Paling Laris dan Lezat di Soloinstagram.com/amenu.fb

Selanjutnya, ada D'Cost Seafood yang terletak di dalam Solo Square Mall. Restoran ini mengusung tema " rasa bintang lima, harga kaki lima".

Berdiri sejak tahun 2006 silam, D'Cost punya aneka hidangan seafood yang tentu bakal menggoyang lidah kalian. Contohnya ada cumi cabe garam yang sempat booming, gurami goreng, gurami bakar, gurami asam manis, cumi goreng tepung, kerang, pindang ikan patin, ikan kuwe bakar, dan kepiting saus Singapura. 

Selain menu seafood, ada pula menu lain seperti ayam sambel rica, plecing kangkung, sapi lada hitam, nasi goreng merah, dan lain-lain. 

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 18.000 - Rp 58.000.

Alamat: Solo Square Mall, Jl. Slamet Riyadi, Pajang, Laweyan, Solo
Jam operasional: setiap hari, pukul 10.00-21.00 WIB

5. Seafood Pak Jenggot

Rekomendasi 5 Tempat Jajan Seafood Paling Laris dan Lezat di Soloinstagram.com/riniangraini8093

Terakhir, ada Seafood Pak Jenggot yang terletak di kawasan Pasar Gede. Lagi-lagi salah satu warung makan serba seafood ala kaki lima, namun terjamin kualitas rasa serta harganya.

Kamu gak perlu ragu memesan menu hidangan laut di sini, karena hampir tiap hari warung yang berada di pinggir jalan raya ini selalu ramai diserbu pembeli. 

Ada beberapa menu andalan yang wajib kamu incip seperti olahan kepiting, cumi-cumi, gurami, kerang, udang serta bagi kamu pecinta pedas jangan sampai terlewat untuk memesan menu gongsonya. Harga yang ditawarkan warung makan yang telah berdiri sejak tahun 1980 ini, mulai dari Rp 4000 - Rp 120.000.

Alamat: Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.54, Sudiroprajan, Jebres, Solo
Jam operasional: setiap hari, pukul 17.00-23.30 WIB

Dari lima rekomendasi tempat makan seafood tadi, mana nih yang paling sukses bikin kamu auto laper? 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Makan Solo ala Presiden Jokowi, Semuanya Enak

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You