Comscore Tracker

7 Jajanan Hits Asal Thailand Ini Bisa Jadi Ide Bisnismu, Cobain deh!

Pasti laris kalau dijual

Jajanan ala Thailand yang nikmat tidak hanya ketan mangga, jus mangga, atau thai tea saja, lho. Masih banyak sederet jenis camilan dan makanan penutup lain asal Thailand yang tidak kalah lezat. Selain enak, rasanya juga "dekat" dengan lidah orang Indonesia. Tidak heran bila kuliner negara tetangga tersebut cepat populer dan laris saat dijajakan di sini. 

Kamu juga bisa menjadikan aneka jajanan hits ala Thailand berikut ini sebagai ide bisnismu. Cara membuatnya tidak terlalu sukar dan bahannya mudah didapat. Yuk, dicoba!

1. Thai roti

7 Jajanan Hits Asal Thailand Ini Bisa Jadi Ide Bisnismu, Cobain deh!shellyandjed.wordpress.com

Jika dilihat sekilas, thai roti mirip dengan jajanan yang biasa kamu temukan di Indonesia, yakni roti maryam. Cara pembuatannya pun hampir mirip, yaitu dari campuran telur, tepung terigu, dan gula yang digoreng tipis-tipis dengan mentega di atas wajan pipih. Setelah matang, thai roti akan dipotong agar mudah disantap. Terakhir, roti pipih tersebut disajikan hangat-hangat bersama siraman susu kental manis.

Untuk menambah rasa dan tekstur, biasanya ditambahkan buah pisang yang dipotong tipis dan diselipkan di dalam roti. Secara keseluruhan, rasanya gurih dan manis. Agar lebih kekinian, kamu juga bisa menambahkan aneka topping lain, seperti potongan coklat, keju, atau nutella.

2. Sang Kaya Fug Tong, potongan labu dengan krim custard rasa kelapa

7 Jajanan Hits Asal Thailand Ini Bisa Jadi Ide Bisnismu, Cobain deh!djfoodie.com

Pernah membayangkan makan dessert yang terbuat dari labu? Mungkin kamu berpikir bahwa rasanya akan aneh. Tapi, buang jauh-jauh bayangan tersebut sebelum kamu mencicipi kuliner Thailand ini. Rasanya yang creamy dan manis pasti akan membuatmu ketagihan. 

Cara membuat jajanan ini mudah saja. Siapkan 1 buah labu utuh yang sudah dicuci. Setelah itu, potong sedikit bagian atas labu untuk membersihkan bijinya. Kemudian, isi labu dengan adonan yang terbuat dari 4-6 butir telur, santan, dan gula. Lalu kukus sekitar 15 menit, potong, dan sajikan. 

3. Khao Niao Toorien, ketan durian ala Thailand

7 Jajanan Hits Asal Thailand Ini Bisa Jadi Ide Bisnismu, Cobain deh!tourismthailand.asia

Ketan mangga Thailand sudah bukan jajanan yang baru lagi. Hampir semua orang pernah mencicipinya. Nah, bagaimana kalau mengganti buah mangga dengan durian montong? Wah, pasti rasanya lebih mantap!

Pembuatan jajanan ini tidak sulit, lho. Kamu bisa menggunakan resep ketan durian asal Indonesia, karena caranya tidak jauh berbeda. Supaya rasa durian lebih keluar, kamu bisa meniru penjaja ketan durian di Thailand yang biasa memasukkan potongan daging durian ke dalam saus santan. Jangan lupa sajikan bersama potongan buah durian montong agar lebih puas menyantapnya. 

4. I-tim kati, es krim rasa kelapa

7 Jajanan Hits Asal Thailand Ini Bisa Jadi Ide Bisnismu, Cobain deh!pinterest.com

Jajanan ala Thailand yang satu ini juga punya kembaran di Indonesia, yakni es puter. Cara membuatnya pun sama seperti es puter pada umumnya, yaitu dengan menggunakan santan sebagai bahan dasar es krim.

Meskipun proses pembuatannya mirip, cara penyajian es krim ala Thailand ini unik, lho. Es krim yang sudah jadi tidak diletakkan di mangkuk atau cone, melainkan di dalam cekungan batok kelapa. Alhasil, kamu bisa menikmati es krim sekaligus potongan daging kelapa muda langsung dari batoknya. 

Untuk menambah tekstur dan cita rasa, biasanya ditambahkan topping kacang, durian, atau nangka. Kamu juga bisa berinovasi dengan topping yang manis, seperti cokelat chips, atau membuat variasi rasa pada es krim.

5. Khanom buang, crepes dengan krim kelapa

7 Jajanan Hits Asal Thailand Ini Bisa Jadi Ide Bisnismu, Cobain deh!authenticfoodquest.com

Meskipun terlihat sederhana, camilan Thailand ini tidak kalah lezat dibandingkan yang lain. Keunikannya terletak pada penggunaan krim rasa kelapa sebagai isian crepes.

Proses pembuatannya juga mudah. Pertama, buat adonan crepes dari tepung beras, telur, dan gula. Kemudian, tuang adonan di atas penggorengan dan pipihkan agar teksturnya renyah. Setelah adonan mulai matang, letakkan krim yang telah dicampur dengan santan di atas crepes. Terakhir, beri topping sesuai selera. 

Ada 2 jenis topping crepes, yakni rasa manis atau asin. Untuk topping yang manis, biasanya menggunakan potongan daging kelapa muda dan foi thong. Foi thong terbuat dari kuning telur yang direbus tipis-tipis dalam air gula, sehingga bentuknya menyerupai benang oranye dengan cita rasa manis. Sementara untuk topping rasa asin, umumnya memakai irisan bawang bombai, potongan udang, dan kelapa muda.

6. Thai custard bun

7 Jajanan Hits Asal Thailand Ini Bisa Jadi Ide Bisnismu, Cobain deh!Youtube.com/Street Food World

Ini nih roti isi yang sedang populer di Thailand dan mulai hits di Jakarta. Bila dilihat sekilas, tampilannya memang mirip roti kasur yang biasa kamu jumpai. Namun, varian isiannya sangat unik dan menggugah selera, seperti nutella, cokelat susu, susu keju, potongan daging plus mozarella, green tea, aneka selai buah, hingga rasa thai tea. 

Berbeda dari pembuatan roti kasur biasa, isian roti Thailand ini baru dimasukkan setelah roti matang dan dipanggang sejenak hingga kecokelatan. Rasanya pasti lezat karena cocok dipadukan dengan berbagai isian yang kekinian.

7. Gluay Ping, pisang panggang Thailand

7 Jajanan Hits Asal Thailand Ini Bisa Jadi Ide Bisnismu, Cobain deh!Youtube.com/Street Food World

Kalau camilan favorit orang Indonesia adalah pisang goreng, orang Thailand suka banget dengan jajanan pisang yang dipanggang. Rasanya mungkin tidak segurih pisang yang digoreng, namun lebih manis karena menggunakan siraman saus seperti sirup rasa kelapa, madu, atau karamel.

Pisang yang telah dikupas kulitnya dipanggang bersamaan dalam satu tusukan. Setelah matang, pisang dipotong kecil-kecil dan disiram dengan salah satu saus. Makan selagi hangat pasti nikmat banget, tuh. 

Dari ketujuh jajanan hits Thailand di atas, mana nih yang mau kamu wujudkan menjadi bisnis?

Angeline Priscilla Photo Verified Writer Angeline Priscilla

is writing...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya