Comscore Tracker

7 Rekomendasi Kuliner di Pasar Gede Solo Enak dan Murah, Maknyus!  

Ada kuliner Solo hingga kuliner Vietnam #LokalIDN

Seperti namanya, Pasar Gede merupakan pasar yang terbesar di Solo. Pasar ini sudah ada sejak zaman Belanda, lho.

Pasar Gede kini jadi salah satu ikon bagi kota Solo itu sendiri. Selain arsitektur bangunannya yang cukup unik, banyaknya destinasi kuliner murah dan enak membuat Pasar Gede Solo selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Hari biasa ataupun hari libur banyak orang menyambangi Pasar Gede untuk berburu kuliner lezat. Kalau kamu sedang ada di Solo atau akan ke sana dalam waktu dekat, jangan lupa mampir Pasar Gede, ya.

Bila kamu tertarik, sederet rekomendasi kuliner berikut ini bisa kamu pilih. Ada apa saja?

1. Uma Yumcha Dimsum 

7 Rekomendasi Kuliner di Pasar Gede Solo Enak dan Murah, Maknyus!  Uma Yumcha Dimsum (instagram.com/coolinerin.id)

Kedai dimsum yang satu ini sempat menggegerkan media sosial. Punya kedai utama di Pasar Gede Solo, Uma Yumcha gak boleh dicoret dari daftar rekomendasi kuliner. Terletak di sebelah utara lantai 2 Pasar Gede, kedai ini menyediakan berbagai macam dimsum, bakpao mini, hingga ceker.

Satu porsi dimsum berisi 5 buah dan masing-masing dijual seharga Rp3 ribu saja. Varian dimsum di sini juga beragam, lho. Ada dimsum ayam, udang, lobster, wortel, jamur, kepiting hingga daging asap. Ceker kaki naga dijual Rp10 ribu per porsi. Gak kalah variatifnya, bakpao mini aneka isian juga wajib kamu jajal.

Dibanderol Rp3 ribu per bakpao, kamu bisa mencoba bakpao dengan rasa ayam telur asin, vanilla kumbu, tuna pedas, taro ungu, hingga wijen.

Kedai Uma Yumcha Dimsum di Pasar Gede Solo buka setiap hari kecuali hari libur Nasional mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

2. Es Dawet Telasih Bu Dermi

7 Rekomendasi Kuliner di Pasar Gede Solo Enak dan Murah, Maknyus!  Es Dawet Telasih Bu Dermi (instagram.com/dwiarifwicaksono)

Di Pasar Gede Solo ada banyak sekali penjual yang menyediakan es dawet telasih. Namun Es Dawet Telasih Bu Dermi yang paling terkenal dan sering dikunjungi. Telasih merupakan cara orang Solo dan beberapa orang Jawa lainnya dalam menyebut selasih, ya guys.

Dalam satu porsi es terdapat cendol, nangka, ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, biji telasih, gula jawa, santan dan juga es batu. Satu porsi es dawet telasih dijual seharga Rp10 ribu saja. Murah dan tentunya gak perlu lagi diragukan rasanya. Terlebih saat di santap pada siang hari dijamin seger banget, deh!

Es Dawet Telasih Bu Dermi ini terbilang kuliner legendaris di Solo karena sudah ada sejak tahun 1930. Letaknya tak jauh dari pintu gerbang masuk Pasar Gede dekat dengan blok minuman tradisional.

Kedai ini terbilang selalu ramai pembeli. Tapi kamu gak perlu khawatir karena Es Dawet Telasih Bu Dermi buka setiap hari dari jam 08.00-15.00 WIB.

3. TFP Kopi Warung 

7 Rekomendasi Kuliner di Pasar Gede Solo Enak dan Murah, Maknyus!  TFP Kopi Warung (instagram.com/sezaadelia)

Berada di gedung barat lantai 2 Pasar Gede Solo, TFP Kopi Warung juga harus banget masuk ke dalam daftar rekomendasi kuliner murah dan enak. Kapan lagi bisa mencicipi masakan ala western dengan harga yang murah dan dijual di pasar pula? Harga makanan yang dijual mulai dari Rp15 hingga Rp35 ribu saja, lho.

Kalau tertarik menyantap menu ala bule, coba mampir ke kedai satu ini. Tersedia main course, pasta, hingga pancake yang bisa kamu cicipi. Pemiliknya merupakan orang Indonesia yang menjadi head chef restoran di Inggris. Jadi gak perlu diragukan deh perihal rasa.

Beberapa menu yang wajib kamu jajal antara lain potato bake, creamy chicken casserole, breaded chicken, duck with orange sauce, creamy chicken breast with mushroom sauce, dan creamy meatball.

Terdapat tiga sesi jam operasional dari TFP Kopi Warung. Untuk sarapan, kedai ini buka dari Selasa sampai Sabtu pukul 07.00-11.00 WIB serta Minggu pukul 07.00-11.30 WIB. Kalau ingin merasakan sensasi brunch atau breakfast and lunch datanglah pada Senin-Sabtu pukul 10.30-14.30 WIB.

Tenang, TFP Kopi Warung juga bisa menemani makan malam kamu. Jam operasional mereka setiap Senin-Sabtu pukul 15.00-19.30 WIB khusus makan malam saja.

Baca Juga: Terkenal Lezat, 6 Tempat Kuliner Malam di Solo dengan Harga Terjangkau

4. Tahok Pak Citro 

7 Rekomendasi Kuliner di Pasar Gede Solo Enak dan Murah, Maknyus!  Tahok Pak Citro (instagram.com/kulinersoloenak)

Kalau di daerah lain, kuliner satu ini dikenal sebagai wedang tahu, namun di Solo dikenal sebagai tahok.

Terinspirasi dari kuliner khas Tionghoa, tahok terbuat dari sari kacang kedelai atau kembang tahu yang disiram dengan air jahe dan gula. Sensasi menikmati tahok adalah lembut dan menghangatkan.

Salah satu tahok yang cukup populer di Pasar Gede adalah Tahok Pak Citro. Ia berjualan dengan gerobak dan lokasinya berada di area luar Pasar Gede setiap hari dari mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Bahkan biasanya belum sampai pukul 10.00 tahok sudah habis, lho. Kalau ingin kebagian mencicipi Tahok Pak Citro sangat disarankan untuk datang lebih awal.

Kuliner ini juga terbilang legendaris. Sang penjual, Citro Suwito sudah berjualan sejak tahun 1968. Meski sudah puluhan tahun cita rasa tahok yang dijual gak pernah berubah. Satu porsi tahok dihargai sebesar Rp8 ribu saja.

Pokoknya kamu wajib cobain kuliner Tahok Pak Citro di Pasar Gede Solo, ya!

5. Lenjongan Yu Sum 

7 Rekomendasi Kuliner di Pasar Gede Solo Enak dan Murah, Maknyus!  Lenjongan Yu Sum (instagram.com/thoric.idn)

Mungkin bagi sebagian orang masih terasa begitu asing mendengar kata ‘lenjongan’. Padahal kalau sudah melihat wujud dari salah satu  kuliner tersohor di Pasar Gede ini, pasti langsung tahu apa yang dimaksud lenjongan.

Lenjongan adalah sebutan untuk beberapa jajan pasar seperti ketan hitam, tiwul, ketan putih, sawut, cenil, grontol dan juga klepon. Diletakkan di dalam sebuah pincuk atau wadah dari daun pisang yang dibentuk segitiga, lenjongan tersaji bersama parutan kelapa serta kinca gula jawa yang kental.

Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp5 ribu saja kamu sudah bisa menikmati seporsi lenjongan. Cocok dijadikan camilan ataupun pengganjal perut yang lapar.

Berada di lantai dasar Pasar Gede Solo, Lenjongan Yu Sum buka setiap hari mulai dari jam 07.00-15.00 WIB jangan sampai kehabisan, guys!

6. Vipho 9 

7 Rekomendasi Kuliner di Pasar Gede Solo Enak dan Murah, Maknyus!  Vipho 9 (instagram.com/dessyaleksandra)

Kalau tadi sudah ada kuliner Tiongkok, western hingga Indonesia kali ini ada juga kuliner khas Vietnam di Pasar Gede Solo. Namanya Vipho 9. Kedai ini terletak di lantai 2 bagian utara Pasar Gede.

Meski masakan Vietnam kuliner yang ditawarkan Vipho 9 tidak mengandung babi ataupun lemak babi, jadi 100% halal banget. Gak perlu takut masalah rasa, pastinya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Signature dish di Vipho 9 adalah Bahn Mi dan juga Pho. Apasih Bahn Mi  dan Pho itu? Bahn Mi adalah sandwich sedangkan Pho adalah mi ala Vietnam yang kaya akan rempah. Vietnamese spring roll juga gak kalah menarik buat kamu cobain, lho. Ada pula aneka minuman segar mulai dari Vietnam drip, aneka jus hingga teh. Kuliner ini jelas beda dari yang lain dan pastinya layak banget untuk kamu coba.

Harga menu di Vipho 9 juga gak mahal kok mulai dari Rp18 hingga Rp65 ribu saja.

Bila tertarik catat jam operasional dari Vipho 9, ya. Kedai ini buka dari Minggu sampai Jumat pukul 09.00-16.00 sedangkan pada hari Sabtu buka dari pukul 09.00-21.00.

Gimana, tertarik coba gak nih?

7. Nasi Liwet Bu Sri 

7 Rekomendasi Kuliner di Pasar Gede Solo Enak dan Murah, Maknyus!  Nasi Liwet Bu Sri (instagram.com/kulinerpreneur)

Kalau bingung mau sarapan apa di Solo, coba deh pergi ke Pasar Gede. Sambangi sebuah kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1978.

Terletak di sebelah barat Pasar Gede, Nasi Liwet Bu Sri cocok jadi menu sarapan yang tak hanya murah melainkan juga enak. Satu porsinya dijual seharga Rp12 ribu.

Nasi liwet sendiri merupakan nasi yang dimasak bersama dengan santan sehingga memiliki cita rasa yang gurih. Disajikan dengan aneka lauk pendamping seperti suwiran ayam, sayur labu siam, telur pindang, jeroan, serta areh. Gurih dan lezatnya khas, jadi rasanya ada yang kurang bila tak menyantap nasi liwet saat berada di Solo.

Nasi Liwet Bu Sri buka setiap hari sejak pukul 07.00 hingga 10.00 WIB. Upayakan  datang lebih awal ya sebab setiap harinya nasi liwet satu ini selalu ramai pembeli. Kesiangan sedikit saja pasti kamu gak bakal kebagian.

Solo tak hanya menyimpan berbagai keanekaragaman budaya melainkan juga ada banyak sekali kuliner nikmat yang sayang bila dilewatkan. Kalau sedang berada di Solo jangan lupa untuk menyambangi Pasar Gede untuk berburu kuliner enak dan murah, ya.

Hayo, kira-kira mau coba datang ke mana dulu, nih?

Baca Juga: 7 Kuliner Tradisional Solo yang Wajib Dicoba, Murah dan Enak!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya