Comscore Tracker

Resep Nasi Goreng Hongkong untuk Sahur, Gak Pakai Ribet

Coba bikin untuk sahur nanti, yuk!

Nasi goreng merupakan salah satu menu simple yang bisa kita masak untuk disantap ketika sahur. Namun, banyak orang enggan menyantap nasi goreng karena dipercaya bisa membuat lemas dan mudah mengantuk ketika beraktivitas.

Padahal, jika dalam satu porsi terdapat berbagai macam campuran sayur serta disajikan dengan lauk yang mengandung protein, makan nasi goreng gak bakal bikin lemes saat berpuasa. Salah satunya jenis nasi goreng yang satu ini, nih. Nasi goreng hongkong terbilang punya campuran yang lengkap, cara membuatnya pun mudah dan gak ribet sama sekali, lho.

Buat kamu yang menginginkan menu sahur simple coba intip resep dan cara membuat nasi goreng hongkong berikut ini, yuk!

1. Bahan untuk membuat nasi goreng hongkong 

Resep Nasi Goreng Hongkong untuk Sahur, Gak Pakai Ribetilustrasi bahan untuk membuat nasi goreng hongkong (thespruceeats.com)

Bahan-bahan:

  • 2 piring nasi putih
  • 2 butir telur ayam
  • 1/2 buah jagung manis
  • 5 buah buncis
  • 1 buah wortel
  • 1 tangkai daun bawang
  • 1/2  buah bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen
  • 2 sdm margarin
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

2. Potong lalu rebus sayurannya dulu, yuk! 

Resep Nasi Goreng Hongkong untuk Sahur, Gak Pakai Ribetilustrasi memotong wortel (industryeats.com)

Kupas wortel lalu potong hingga menyerupai dadu kecil-kecil. Tak lupa potong juga buncis yang sudah kamu persiapkan. Jangan memotong buncis terlalu panjang, ya tapi jangan pula memotongnya terlalu tipis. Lalu, kita beralih dengan jagung manis. Serut jagung manis dengan pisau atau kamu bisa memipilnya dengan tangan.

Rebus sayuran selama kurang lebih 5 menit saja, angkat lalu tiriskan. Kalau tak mau ribet kamu boleh juga membeli mix vegetable atau sayuran frozen yang terdiri dari jagung, kacang polong dan wortel yang biasanya banyak dijual di supermarket, ya.

3. Cincang bawang putih serta bawang bombay kemudian tumis 

Resep Nasi Goreng Hongkong untuk Sahur, Gak Pakai Ribetilustrasi menumis bawang putih dan bawang bombay cincang (ohmyfoodrecipes.com)

Kupas bawang putih dan juga bawang bombay. Cincang keduanya hingga halus. Lelehkan margarin ke dalam wajan. Masukkan bawang putih dan juga bawang bombay cincang.

Tumis hingga keduanya layu dan berubah warna. Saat bawang merah dan bawang bombay mengeluarkan bau harum sisihkan ke pinggir wajan terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Nasi Goreng Khas Berbagai Negara di Dunia, Cita Rasanya Unik

4. Masukkan nasi dan sayuran 

Resep Nasi Goreng Hongkong untuk Sahur, Gak Pakai Ribetilustrasi memasukkan nasi dan sayuran (instagram.com/paon_alas)

Pecahkan telur  tunggu hingga sedikit set, baru orak-arik hingga tak beraturan. Terburu-buru dalam mengorak-arik telur hanya akan membuatnya menggumpal dan membuat spatulamu lengket. Campur degan tumisan bawang hingga tercampur rata. Masukkan sayuran, aduk kembali hingga rata.

Lanjutkan dengan daun bawang cincang lalu nasi. Aduk hingga semua komponen bercampur satu sama lain. Bumbui dengan kecap asin, saus tiram, garam, merica dan juga penyedap rasa. Campur semua bumbu dengan nasi goreng yang sudah hampir matang.

5. Koreksi rasa dan nasi goreng hongkong siap untuk disajikan 

Resep Nasi Goreng Hongkong untuk Sahur, Gak Pakai Ribetilustrasi nasi goreng hongkong yang siap untuk disajikan (instagram.com/cafedejavu2012)

Sebelum menyajikannya koreksi rasa terlebih dahulu. Jangan matikan api apabila masih terdapat rasa yang kurang pas. Kamu bisa menambahkan bumbu yang sekiranya kurang. Bila sudah benar-benar pas rasanya. Matikan api.

Sajikan nasi goreng hongkong bersama selada, timun dan juga tomat. Kalau kamu suka bisa menambahkan sosis goreng ataupun lauk lainnya. Nasi goreng hongkong siap disajikan untuk menemani santap sahur kamu, deh!

Menu nasi goreng hongkong ini jelas pas banget untuk kamu buat terutama kalau sedang malas dan gak mau ribet masak. Semoga resep nasi goreng hongkong di atas bermanfaat buat kamu, ya! Selamat mencoba resep ini di rumah.

Baca Juga: 5 Nasi Goreng Khas Berbagai Negara di Dunia, Cita Rasanya Unik

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya