Comscore Tracker

5 Jajan Pasar Berbungkus Daun Pisang Ini Cocok Dinikmati Sambil Ngeteh

Sambil ngopi juga nikmat

Membungkus makanan secara tradisional dan dari zaman dahulu sampai sekarang masih tetap dipertahankan, lho! Termasuk membungkus makanan menggunakan daun pisang.

Daun pisang memang menjadi pembungkus makanan alami. Daun pisang itu menjadikan aroma dan rasa makanan itu jadi lebih nikmat. Berikut lima makanan berbungkus daun pisang yang paling cocok dinikmati sambil ngeteh!

1. Arem-arem

5 Jajan Pasar Berbungkus Daun Pisang Ini Cocok Dinikmati Sambil Ngetehcraftlog.com

Terbuat dari nasi yang digulung dalam balutan daun pisang. Dan di dalamnya, biasanya diisi oleh sayuran semisal kentang dan wortel, oncom, hingga isi ayam maupun ikan teri. Penganan yang satu ini juga pas banget buat pengganti sarapan, apalagi nikmatinya sambil ditemani teh.

2. Lemper

5 Jajan Pasar Berbungkus Daun Pisang Ini Cocok Dinikmati Sambil Ngetehcookpad.com

Lemper ini terbuat dari beras ketan yang di dalamnya diberi isian. Yang paling sering dijumpai, biasanya adalah isian abon, tapi ada juga lemper isi daging ayam yang dicincang. Biasanya, lemper ini paling sering dijadikan snack makanan ringan kalau lagi ada acara semisal syukuran.

3. Nagasari

5 Jajan Pasar Berbungkus Daun Pisang Ini Cocok Dinikmati Sambil Ngetehbolakeluarga.com

Kue yang satu ini memang terbilang unik. Kue basah ini bagian luar dalamnya berbahan dasar dari pisang, lho. Kalau bagian luarnya dibungkus oleh daun pisang, isian dari Nagasari diisi oleh pisang. Biasanya jenis pisang raja yang dijadikan isian. Nagasari terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan pisang. Kemudian setelah dibalut daun pisang, baru dikukus.

Baca Juga: Beda Jajanan Pasar Combro, Misro, dan Cothot. Sudah Paham?

4. Lemet singkong

5 Jajan Pasar Berbungkus Daun Pisang Ini Cocok Dinikmati Sambil Ngetehgorzavel.com

Panganan yang berbahan dasar singkong ini, punya rasa yang manis gurih dan tekstur yang kenyal ketika kamu menggigitnya. Rasa yang manis gurih itu berasal dari gula merah. Sama halnya dengan Nagasari, setelah dibungkus daun pisang, lalu dikukus.

5. Kue bugis

5 Jajan Pasar Berbungkus Daun Pisang Ini Cocok Dinikmati Sambil Ngetehmesinparutkelapa.id

Kalau penganan yang satu ini terbuat dari tepung ketan dan kemudian dicampur dengan santan hingga menjadi adonan. Setelah itu, isian kue bugis ini diberi unti kelapa. Unti kelapa adalah parutan kelapa yang dimasak dengan gula putih atau gula merah.

Meskipun sekarang banyak ragam pembungkus yang lebih praktis, daun pisang akan menghasilkan aroma khas jika digunakan sebagai pembungkus jajanan. Rasanya jadi lebih nikmat, mau coba?

Baca Juga: 5 Fakta Klepon, Jajanan Pasar yang Nggak Habis Ditelan Zaman

Arif Rahmanto Photo Verified Writer Arif Rahmanto

pecinta kopi panas dan es teh manis https://inspiralifes.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You