Comscore Tracker

5 Gorengan Tradisional Khas Jawa Tengah, Nikmatnya Sederhana

#ANGPOIN Beda dari gorengan biasa

Gorengan merupakan kuliner yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain karena harganya yang terjangkau, gorengan juga mudah untuk didapatkan. 

Beberapa wilayah di Jawa tengah, juga memiliki gorengan tradisional yang menjadi kuliner khas dari wilayahnya masing-masing. Buat yang penasaran ada apa aja, Yuk disimak artikelnya!

1. Tahu aci

5 Gorengan Tradisional Khas Jawa Tengah, Nikmatnya SederhanaTahu aci (instagram.com/pancipetualang.id)

Tahu aci merupakan gorengan khas Tegal yang  cukup populer di Indonesia. Perbedaan antara tahu aci dengan tahu biasa adalah, tahu ini dibentuk segitiga kemudian bagian atasnya diberi adonan aci yang telah dicampur dengan daun kucai.

Tahu aci memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih. Makanan ini cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan, ataupun disantap langsung sambil minum teh poci.

2. Tempe mendoan

5 Gorengan Tradisional Khas Jawa Tengah, Nikmatnya SederhanaTempe mendoan (instagram.com/thuliink_)

Tempe mendoan menjadi salah satu jenis gorengan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Kuliner ini merupakan sajian khas dari Banyumas. Berbeda dengan tempe goreng pada umumnya. Mendoan terbuat dari tempe yang tipis, lalu dilumuri tepung dan irisan daun bawang kemudian digoreng setengah matang. 

Kata mendoan berasal dari kata mendo yang artinya setengah matang. Oleh karena itu tekstur dari tempe mendoan menjadi lembek. Tempe mendoan biasa disajikan dengan kecap dan potongan cabai. 

Baca Juga: 5 Gorengan Enak di Jawa yang Namanya Kurang Dikenal, Pernah Coba?

3. Tahu petis

5 Gorengan Tradisional Khas Jawa Tengah, Nikmatnya SederhanaTahu petis (https://instagram.com/angelinaenasoesanti)

Tahu petis merupakan kuliner olahan tahu khas Semarang. Sekilas, tahu petis memiliki tampilan yang sama dengan tahu goreng pada umumnya. Namun, yang membedakan tahu petis dengan tahu lain, yaitu pada bagian tengah tahu diberi isian bumbu petis berwarna hitam pekat. 

Tahu petis memiliki rasa yang gurih, manis, dan asin. Layaknya gorengan pada umumnya, tahu petis juga dimakan bersama dengan cabai rawit. Makanan ini cocok untuk dijadikan sebagai camilan pengganjal perut. 

4. Rondo royal

5 Gorengan Tradisional Khas Jawa Tengah, Nikmatnya SederhanaRondo royal (instagram.com/budi.anjai76)

Rondo royal merupakan makanan khas Jepara, yang terbuat dari tapai yang digoreng. Rondo royal biasa disebut juga dengan tapai goreng. Makanan ini memiliki perpaduan rasa asam dari tapai, manis, dan asam. 

Saat ini rondo royal banyak dijual dengan berbagai varian rasa seperti cokelat atau keju. Makanan ini cocok untuk jadi teman saat ngeteh. 

5. Tempe kemul

5 Gorengan Tradisional Khas Jawa Tengah, Nikmatnya SederhanaTempe kemul (instagram.com/gorenganuje)

Tempe kemul merupakan makanan khas dari Wonosobo. Tempe kemul merupakan olahan tempe tepung dengan aneka rempah-rempah, yang dilengkapi dengan kucai lalu digoreng. 

Bagi masyarakat Wonosobo, tempe kemul menjadi hidangan yang biasa disuguhkan untuk menjamu tamu. Selain itu, tempe kemul juga bisa dijadikan sebagai makanan pokok ataupun camilan.

Buat pencinta gorengan, lima kudapan di atas bisa jadi list kulineranmu selanjutnya lho. Ada yang sudah pernah kamu cicipi kelezatannya? Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Tempe Mendoan, Goreng Sederhana Favorit Sejuta Umat 

fadhila luqyana Photo Writer fadhila luqyana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya