Comscore Tracker

7 Tipe Makanan yang Harusnya Kamu Pilih Kalau di Pesawat

Makan di darat beda sama di udara lho!

Ketika sedang dalam penerbangan jarak jauh, tentu saja mau gak mau kamu harus mengonsumsi makanan yang disediakan di pesawat. Karena sedang berada di udara, makanan yang disediakan gak beragam.

Dari menu yang ada di pesawat, sebaiknya kamu pintar memilih makanan saat dalam penerbangan. Hal itu dikarenakan rasa makanan di darat dan di udara berbeda, lho. Biar gak bingung, ini dia makanan yang sebaiknya kamu pilih saat berada di pesawat.

1. Jangan pesan makanan manis ketika terbang di pesawat. Hidangan penutup seperti es krim atau jus buah kadar manisnya seolah berkurang, begitu pun dengan minuman bersoda

7 Tipe Makanan yang Harusnya Kamu Pilih Kalau di Pesawateatnorth.com

Dilansir dari BBC, masalah tentang rasa manis yang berkurang saat berada di ketinggian dalam pesawat itu benar adanya. Sebenarnya nggak berkurang atau hilang, melainkan kalah dengan sensor rasanya yang gurih. Dan ternyata penyebabnya bukan ketinggian, tapi getaran yang membuat saraf pengecap lebih hiperaktif merasakan rasa yang gurih umami.

2. Pilih menu olahan daging, sate atau steak bisa kamu pilih biar menambah selera makanmu plus bikin kamu gak lemas saat di pesawat

7 Tipe Makanan yang Harusnya Kamu Pilih Kalau di Pesawatcruisecritic.com

Makanan yang sudah disajikan di pesawat memang beragam dan kadang gak bisa ditebak. Kalau bisa memilih, Anda harus pilih makanan olahan daging semacam sate atau steak daging. Dikarenakan daging juga  memiliki rasa yang gurih alami karena kandungan glutamatnya, maka rasa daging malah akan terasa lebih lezat saat di pesawat.

3. Selain daging sapi atau ayam, kamu juga bisa milih makanan olahan ikan. Dari ikan asap sampai sarden saus tomat, cocok untuk dimakan di dalam pesawat

7 Tipe Makanan yang Harusnya Kamu Pilih Kalau di Pesawatpinterest.com

Kamu juga bisa memesan atau mempersiapkan sendiri makanan dari rumah. Olahan menu ikan sarden atau ikan asap akan semakin terasa saat berada dalam ketinggian di pesawat tersebut. Rasa umami pada daging sarden sudah umum di ketahui sejak lama di Jepang. Jangan ragukan rasa gurih dari olahan ikan ya.

4. Spaghetti dengan saus bolognese bisa kamu pilih buat hidangan di pesawat. Tomat dalam saus bolognese terasa semakin gurih jika dimakan di atas langit

7 Tipe Makanan yang Harusnya Kamu Pilih Kalau di Pesawatflickr.com

Mi khas Italia ini bisa jadi pilihan buat kalian supaya terhindar dari rasa yang sangat hambar menyantap makanan di pesawat. Tapi ada syaratnya, Anda  harus menggunakan saus tomat seperti bolognese. Tomat, terutama tomat yang matang mengandung rasa lezat yang alami karena glutamat di dalamnya.

Baca Juga: Kaget, Begini Perbedaan Makanan Pesawat di Kelas Ekonomi dan Bisnis

5. Junk food seperti pizza dengan topping berasa gurih seperti keju atau jamur, justru bisa jadi pilihan yang lumayan untuk perjalanan pesawatmu

7 Tipe Makanan yang Harusnya Kamu Pilih Kalau di Pesawatpinterest.com

Kamu hobi banget menyantap hidangan junk food dan gak mau melewatkan sensasinya di pesawat? Baiknya kamu pilih pizza atau apa pun jenis makanan junk food yang punya rasa yang  gurih di dalamnya. Nah, contohnya kamu bisa pesan atau siapin pizza dengan topping keju atau jamur.

6. Kamu yang gak suka makanan berat, juga bisa pilih menu hidangan ringan seperti crispy mushroom atau onion rings. Kalian pasti tahu banget kalo dua camilan itu emang asli gurih

7 Tipe Makanan yang Harusnya Kamu Pilih Kalau di Pesawatflickr.com

Kalian yang gak mau menyantap sajian makanan berat di pesawat bisa siapin sendiri atau pesan makanan ringan seperti onion rings. Kalian para vegetarian juga bisa memilih menu-menu seperti jamur. Jamur dan sayuran seperti bawang diyakini mengandung glutamat yang menambah rasa yang gurih setelah diolah. Jadi jangan takut nyesel karena selera makanmu hilang

7. Jangan pilih minuman bersoda yang manis-manis, mending pilih minuman dengan varian rasa matcha atau teh hijau dijamin nggak hambar

7 Tipe Makanan yang Harusnya Kamu Pilih Kalau di Pesawatflickr.com

Mending kalian stop deh mengonsumsi minuman yang bersoda di dalam pesawat, selain hambar juga kayaknya bikin nggak enak di perut. Kamu bisa pilih minuman teh hijau, atau makanan dengan varian rasa matcha karena dijamin semakin berasa nikmatnya saat berada di dalam pesawat.

Kalau kamu tetep kekeuh kepengen menikmati makanan selain menu di atas, kamu perlu pake penyumbat telinga biar gak hambar deh. Penyumbat telinga bisa mengurangi kebisingan dan getaran di gendang telinga sehingga mekanisme saraf yang bertugas mencecap rasa gak terganggu. Jika kerja saraf tersebut normal makan semua rasa akan kembali normal, rasa manis pun terasa.

Karena berada di ketinggian menyebabkan rasa makanan akan berbeda jika dinikmati di udara. Jadi, sekarang sudah tahu kan mau pesan apa di pesawat?

Baca Juga: Ini 10 Makanan yang Tahan Lama Tanpa Masuk Kulkas

Balqis Photo Community Writer Balqis

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You