Comscore Tracker

5 Jajanan Street Food Paling Populer di Tokyo, Wajib Dicoba!

Kalau mampir ke Jepang, jangan lupa beli

Tokyo menjadi kota yang wajib dikunjungi oleh wisatawan saat berlibur ke Jepang. Di kota tersebut kamu akan disuguhkan berbagai macam jajanan street food dengan tampilan dan rasa yang menggugah selera. Jajanan street food di Tokyo menyajikan makanan-makanan ringan khas masyarakat Jepang yang sangat cocok dinikmati ketika sedang bersantai.

Dapat dengan mudah ditemukan di warung hingga pedagang kaki lima di pinggir jalan, Inilah lima jajanan street food yang paling populer di Tokyo, sebagai berikut!

1. Okonomiyaki

5 Jajanan Street Food Paling Populer di Tokyo, Wajib Dicoba!Okonomiyaki (instagram.com/titoambin)

Okonomiyaki dapat dikatakan sebagai gabungan antara pancake dan telur dadar. Adonan  okonomiyaki terbuat dari tepung terigu, air dan telur yang dimasak di atas wajan kemudian ditambahkan banyak sekali topping di antaranya daging-dagingan, keju, rumput laut, dan berbagai jenis sayuran.

Setelah matang, Okonomiyaki diberi saos okonomiyaki, mayonaise dan serpihan bonito. Dengan porsinya yang cukup besar akan membuatmu kenyang setelah menyantapnya. Okonomiyaki sering juga disebut soul food yang berarti makanan jiwa.

2. Takoyaki

5 Jajanan Street Food Paling Populer di Tokyo, Wajib Dicoba!Takoyaki (instagram.com/adrianhartz)

Dari sekian banyaknya makanan street food yang ada di Tokyo, takoyaki menjadi yang paling digemari. Hal ini dikarenakan takoyaki memiliki rasa yang lezat dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Takoyaki terbuat dari adonan yang dibentuk menyerupai bola-bola kecil yang di dalamnya berisi daging gurita. Namun, ada juga beberapa varian takoyaki yang diisi dengan tempura, daun bawang dan jahe.

Kebanyakan dari penjual takoyaki akan mempertunjukan kemampuan mereka kepada pembeli saat memasaknya. Camilan ini sangat mudah dinikmati hanya dengan memakai tusukan kayu kecil.

Baca Juga: 10 Street Food Jepang Paling Populer, Ada yang Mirip Sate Ayam

3. Gyoza

5 Jajanan Street Food Paling Populer di Tokyo, Wajib Dicoba!Gyoza (instagram.com/chef_bellido)

Gyoza merupakan pangsit khas Jepang dimana hidangan ini telah ada sejak ratusan tahun lamanya. Yang membedakan antara gyoza dan pangsit asal China terletak pada kulitnya yang lebih tipis serta rasa bawang putih yang kuat. Pada umumnya, gyoza diisi dengan kubis, daun bawang dan daging babi cincang yang telah dibumbui.

Akan tetapi, kamu juga bisa menemukan gyoza yang diisi daging ayam, sapi hingga bebek. Dengan ukuran yang kecil, kamu mungkin dapat menghabiskan 5 hingga 10 gyoza.

4. Ikayaki

5 Jajanan Street Food Paling Populer di Tokyo, Wajib Dicoba!Ikayaki (instagram.com/iammary_nz)

Ikayaki merupakan makanan ringan yang bahan utamanya terbuat dari daging cumi-cumi. Proses pembuatannya cukup mudah, cumi-cumi yang telah dibersihkan dipotong beberapa bagian kemudian dibumbui dengan berbagai macam bumbu khas jepang. Setelah itu, daging ditusuk seperti sate lalu dipanggang di atas bara api.

Ikayaki menjadi jajanan favorit sebagian besar masyarakat Jepang saat festival. Hal ini dikarenakan, ikayaki memiliki rasa yang lezat serta mudah untuk dibawa dan disantap sambil menyaksikan festival.

5. Yakitori

5 Jajanan Street Food Paling Populer di Tokyo, Wajib Dicoba!Yakitori (instagram.com/yakitori_maruyama)

Bagi wisatawan asing, yakitori mungkin terlihat unik dikarenakan makanan ini terbuat dari organ-organ ayam seperti hati, leher, ampela dan lain-lain. Kemudian organ-organ tersebut dibumbui dan ditusuk dengan potongan bambu kecil lalu dipanggang.

Yakitori sangat mudah dijumpai di kios-kios makanan pinggir jalan di kota Tokyo dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu juga dapat menyantap yakitori dengan beberapa hidangan khas Jepang lainnya seperti ramen dan soba.

 

Nah, itulah beberapa jajanan street food yang wajib untuk kamu coba saat berkunjung ke Tokyo. Dari kelima makanan di atas, apakah kamu sudah pernah mencicipi salah satunya?

Baca Juga: 10 Street Food Asia Favorit Para Bule, Ada yang dari Indonesia! 

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya