Comscore Tracker

Fakta Unik Wasabi, Si Hijau Pedas Pendamping Sushi Asli Jepang

Kamu yakin wasabi yang kamu makan asli dari Jepang?

Buat kamu para penggemar sushi pasti sudah tidak asing dengan wasabi. Pasta berwarna hijau dengan rasa pedasnya yang khas ini memang sangat umum ditemukan di restoran-restoran Jepang. Nah, ternyata banyak fakta unik dan menarik lho dibalik saus yang berasal dari tanaman Wasabia japonica ini. Yuk simak!

1. Tanaman wasabi sulit dibudidayakan

Fakta Unik Wasabi, Si Hijau Pedas Pendamping Sushi Asli Jepangspoon-tamago.com

Di Jepang tanaman wasabi cukup sulit dibudidayakan karena hanya bisa ditanam di air dan memerlukan tempat yang teduh, dingin dan sejuk. Nah, jika kamu berpikir bahwa wasabi yang kamu makan adalah wasabi asli Jepang, mungkin kamu harus berpikir ulang karena wasabi yang diproduksi di luar Jepang pada umumnya adalah Horseradish yang ditanam di tanah dan budidaya lebih mudah.

2. Diparut umbinya

Fakta Unik Wasabi, Si Hijau Pedas Pendamping Sushi Asli Jepangthetasmanianfoodco.com.au

Wasabi asli Jepang yang telah diparut umbinya tidak memberikan rasa pedas yang bertahan lama dan lebih halus dibandingkan dengan wasabi horseradish. Jadi untuk memperoleh sensasi pedas dan lembutnya wasabi, akar baru diparut saat akan disajikan. Hal ini dikarenakan rasa wasabi hanya bertahan 15-30 menit setelah diparut.

Baca Juga: Kaya Manfaat, Ini 5 Khasiat Luar Biasa Minyak Avokad Bagi Kulit

3. Mempunyai kandungan nutrisi yang beragam

Fakta Unik Wasabi, Si Hijau Pedas Pendamping Sushi Asli Jepangjapancentre.com

Beragam kandungan nutrisi ditemukan dalam wasabi asli jepang diantaranya karbohidrat, protein, serat, vitamin (A, B6, B12, C, D E, K), mineral (kalsium, zat besi, fosfor, kalium, magnesium, seng). Selain itu tanaman yang mirip dengan lobak ini mengandung betakaroten, glukosinolat dan isotiosianat. Nah, rasa pedas khas pada wasabi diperoleh dari kandungan isotiosianat ini lho.

4. Punya segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan

Fakta Unik Wasabi, Si Hijau Pedas Pendamping Sushi Asli Jepanghuffingtonpost.com.au

Wasabi merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai kandungan antibakteri, karena masyarkat Jepang mempunyai kebiasaan makan ikan mentah, maka wasabi digunakan untuk menangkal bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu wasabi juga dipercaya sebagai antiinflamasi, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko kanker serta mencegah penuaan dini.

5. Bukan hanya akarnya yang dikonsumsi sebagai pendamping sushi, namun daun wasabi juga bisa dimakan

Fakta Unik Wasabi, Si Hijau Pedas Pendamping Sushi Asli Jepanggetfish.com.au

Gak cuma akarnya yang bisa dikonsumsi, ternyata daun wasabi juga bisa dikonsumsi lho. Pada umumnya dimakan mentah-mentah sebagai salad sayur ataupun digoreng menjadi keripik.

Nah, penasaran dengan rasa wasabi asli Jepang? Yang pasti pedasnya tidak terlalu menusuk, ada rasa manis dan segar serta mempunyai tekstur seperti sayuran atau berserat.

Baca Juga: Ini 7 Fakta Unik tentang Keju Mozzarella yang Jarang Dipahami

Zivanhea Photo Community Writer Zivanhea

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You