Comscore Tracker

Gak Cuma Makanan, 5 Jenis Minuman Ini Juga Bisa Picu Munculnya Jerawat

Yuk lebih peduli pada kesehatan kulit!

Bukan hanya faktor internal dalam tubuh yang bisa menyebabkan jerawat. Faktor eksternal seperti penggunaan skincare, polusi, dan makanan tentu juga memberi pengaruh pada keindahan kulit wajah kita. Tapi ternyata bukan cuma makanan yang bisa menimbulkan jerawat lho. Minuman yang kita konsumsi juga cukup berperan pada kemunculan si kecil yang menggangu di wajah kita tersebut. 

Makanya, sebelum menyalahkan skincare yang kita pakai atau makanan yang kita konsumsi sebagai penyebab munculnya jerawat, coba deh teliti lagi apakah kamu cukup sering mengonsumsi lima jenis minuman berikut.

1. Minuman yang bersoda

Gak Cuma Makanan, 5 Jenis Minuman Ini Juga Bisa Picu Munculnya Jerawatunsplash/Artem Beliaikin

Kandungan gula atau aspartame yang cukup tinggi yang terdapat dalam minuman bersoda memang sudah gak perlu diragukan lagi. Selain gak bagus untuk kesehatan, kedua zat tersebut dalam menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit dan tentunya menyebabkan jerawat juga. Gak cuma itu, minuman bersoda juga menjadi penyebab turunnya pH kulit. Ini nih yang bikin kita jerawatan. Yakin masih mau minum minuman bersoda?

2. Kopi, teh hitam, dan lainnya yang mengandung kafein

Gak Cuma Makanan, 5 Jenis Minuman Ini Juga Bisa Picu Munculnya Jerawatunsplash/Adeolu Eletu

Minuman yang mengandung kafein, terutama jika sudah terlalu banyak diserap oleh tubuh dapat meningkatkan adrenalin. Selain membuat kerja jantung jadi tidak beraturan, hormon berlebih seperti ini bisa memicu stress, guys. Kalau sudah stress, jerawat tentu lebih mudah untuk bermunculan kan?

Baca Juga: 5 Minuman Lezat yang Ampuh Membasmi Jerawat, Kulit Mulus Seketika!

3. Segala jenis minuman yang mengandung susu

Gak Cuma Makanan, 5 Jenis Minuman Ini Juga Bisa Picu Munculnya Jerawatunsplash/Anuja Mary

Meski baik bagi tubuh, meminum susu dalam jumlah terlalu banyak dan juga periode yang terlalu sering bisa menimbulkan jerawat. Pasalnya, susu mengandung lemak dan juga hormon dihydrotestosterone (DHT) yang dipercaya sebagai pemicu munculnya jerawat.

Belum lagi, kalau kamu ternyata memiliki alergi terhadap produk susu, salah-salah yang ada malah jerawatan.

Beberapa produk mengandung susu lainnya seperti yogurt dan es krim juga bisa menyebabkan munculnya jerawat lho. Makanya jangan berlebihan dalam mengonsumsi produk-produk seperti ini ya.

4. Minuman kemasan atau sachet yang tinggi gula

Gak Cuma Makanan, 5 Jenis Minuman Ini Juga Bisa Picu Munculnya Jerawatunsplash/Ratapan Anantawat

Minuman sachet memang instan dan mudah sekali dibuat ya. Apalagi kalau diminum dengan es, pasti sedap banget kan? Namun, gak hanya mengandung pengawet yang bisa berbahaya bagi tubuh, kandungan lemak dan gula yang tinggi pada minuman jenis ini bisa menyebabkan hormon menjadi tidak stabil. Alhasil, kamu bakal jadi gampang jerawatan jika terus menerus mengonsumsinya.

5. Minuman beralkohol

Gak Cuma Makanan, 5 Jenis Minuman Ini Juga Bisa Picu Munculnya Jerawatunsplash/Yutacar

Last but not least nih guys. Apalagi sih yang berbahaya bagi tubuh kalau bukan minuman beralkohol. Meminum minuman fermentasi satu ini, apalagi jika sudah berlebihan, akan membuat tubuh kita protes. Minuman beralkohol juga berpengaruh pada keindahan kulit, karena akan membuat kulit kita kering banget. Kalau kulit sudah dehidrasi begitu, jerawat juga jadi bermunculan lho.

Gimana, sudah ketemu belum penyebab jerawatmu selama ini? Semoga artikel ini membantu ya.

Baca Juga: 7 Ramuan Minuman Kayu Manis yang Hangat & Sehat, Bisa Buat Diet Lho!

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You