Comscore Tracker

Ini Dia Makanan yang Cocok untuk Menemanimu Menikmati Teh

Hayo, siapa pencinta teh?

Minuman teh tidak hanya menyegarkan namun juga merupakan suatu ritual di negara-negara lain, seperti di Inggris. Masyarakat Inggris bahkan memiliki waktu tersendiri untuk mengonsumsi teh serta bersosialisasi dengan rekan.

Di sisi lain, teh memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan sehingga banyak masyarakat Indonesia yang gemar mengkonsumsi teh.

Tapi tahukah kamu beberapa jenis makanan ternyata tidak cocok dikonsumsi dengan teh tertentu?

Yuk, simak sama-sama makanan yang cocok untuk setiap teh yang dikutip dari Times of India.

1. Teh putih

Ini Dia Makanan yang Cocok untuk Menemanimu Menikmati Tehteabox.com

Teh putih dibuat dengan mengeringkan daun teh tanpa disangrai maupun dioksidasi.

Teh putih memiliki rasa yang tidak ketara, sehingga baiknya kita mengonsumsi makanan yang memiliki rasa yang tidak kuat juga seperti ikan bakar dengan bumbu yang tidak tajam atau salad.

Salah satu makanan yang cocok dikonsumsi dengan teh putih adalah kacang pistasio karena rasa manis dari teh putih akan lebih terasa dengan rasa asin kacang tersebut.

2. Teh rooibos

Ini Dia Makanan yang Cocok untuk Menemanimu Menikmati Tehblog.bulletproof.com

Walaupun jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, teh rooibos yang berasal dari Afrika Selatan memiliki warna merah yang pekat.

Sebagai salah satu jenis teh yang biasanya dicampurkan ke dalam teh herbal, teh rooibos sangat baik dipasangkan dengan keju, ayam, serta cemilan asin.

3. Teh oolong

Ini Dia Makanan yang Cocok untuk Menemanimu Menikmati Tehshopify.com

Kita dapat membedakan teh oolong dengan teh lainnya dari rasa khas tanah yang tajam dan berbeda dari teh yang lainnya.

Jenis makanan yang cocok dikonsumsi dengan teh oolong adalah makanan yang berminyak dan terlalu asin, karena rasa teh akan menetralisir rasa tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Penyajian Teh dari Berbagai Negara, Bikin Hangat Lihatnya

4. Teh hijau

Ini Dia Makanan yang Cocok untuk Menemanimu Menikmati Tehnaturalfoodseries.com

Dibandingan dengan varian teh lainnya yang rasanya lebih ringan, teh hijau rasanya jauh lembut sehingga cocok jika dikombinasikan dengan makanan laut atau sayuran ringan.

Sedangkan jenis teh hijau China memiliki rasa asap yang ringan sehingga cocok dipadukan dengan makanan yang digoreng atau ditumis.

5. Teh matcha

Ini Dia Makanan yang Cocok untuk Menemanimu Menikmati Tehytimg.com

Teh asal Jepang yang mendunia ini memiliki warna hijau yang menarik perhatian. Rasa matcha yang ringan cocok dikonsumsi dengan pancake atau beragam jenis makanan laut.

6. Teh jahe

Ini Dia Makanan yang Cocok untuk Menemanimu Menikmati Tehhealthline.com

Teh jahe terbuat dari akar jahe dan gemar dikonsumsi oleh masyarakat Asia yang digunakan sebagai salah satu obat-obatan herbal untuk menghindari flu, sakit perut, diare dan rasa mual.

Rasa teh jahe yang unik ternyata cocok untuk dipadukan dengan pangsit, roti kukus, dan hidangan tradisional China lainnya.

7. Teh hitam

Ini Dia Makanan yang Cocok untuk Menemanimu Menikmati Tehcdn.sci-news.com

Teh hitam tidak hanya memiliki rasa yang paling kuat namun juga jumlah tannin terbanyak dibandingkan dengan jenis-jenis teh lainnya.

Jenis sarapan seperti telur dadar keju dan roti keju panggang sangat cocok untuk dikonsumsi dengan teh hitam. Sedangkan teh hitam yang memiliki rasa buah-buahan sangat cocok dipasangkan dengan makanan coklat yang dihidangkan sebagai pencuci mulut.

Nah, sudah tahu kan pasangan makanan apa yang tepat bagi beberapa jenis teh? Semoga informasti di atas bisa membantumu ya!

Baca Juga: 8 Filosofi Upacara Minum Teh di Jepang yang Sarat Akan Makna Hidup

Nathasia Photo Verified Writer Nathasia

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya