Comscore Tracker

5 Kue Khas Betawi Berbahan Dasar Kelapa, Ada yang Mulai Langka!

#IDNTimesFood Rasa sudah pasti enak, harga pun murah

Beragam kuliner nikmat bisa kita temukan dengan mudah di Indonesia. Salah satunya makanan khas Betawi yang sangat diminati banyak orang.

Selain makanan berat, jajanan dan kuenya juga gak kalah terkenal, lho. Banyak jajanan yang sering kita temukan di pinggir jalan dan identik dengan gerobak, harganya pun murah.

Salah satu bahan yang sering digunakan kue di Betawi adalah kelapa. Kelapa membuat aroma kue jadi wangi. Walau sudah jarang dijual karena faktor-faktor tertentu, kue berbahan kelapa masih sering dicari.

Nikmatnya bikin nostalgia, berikut lima kue khas Betawi berbahan dasar kelapa yang nikmat dan gurih!

1. Kue rangi

5 Kue Khas Betawi Berbahan Dasar Kelapa, Ada yang Mulai Langka!kue rangi (Twitter.com/AboutTNG)

Kue rangi adalah salah satu jajanan khas Betawi yang mulai sulit ditemukan. Faktanya, kue rangi yang dikenal juga sebagai sagu rangi ini menjadi jajanan populer di 1980-an, lho.

Adonan utama dari kue rangi adalah kelapa parut, ampas kelapa, garam, dan sagu. Kue rangi memiliki rasa perpaduan antara manis dan asin. Teksturnya yang legit bikin kue ini makin terasa nikmat Biasanya, kue rangi disiram lelehan gula merah.

2. Dodol

5 Kue Khas Betawi Berbahan Dasar Kelapa, Ada yang Mulai Langka!dodol betawi (Instagram.com/dapurmamaepa)

Proses pembuatan dodol tidaklah mudah, bahkan membutuhkan keahlian khusus dalam waktu yang lama. Bahan utama membuat dodol adalah santan kelapa, tepung ketan, gula, dan garam.

Dodol bertekstur kenyal, legitnya khas banget, deh. Meski banyak macamnya, hal yang membedakan dodol khas Betawi adalah bahan dasar tepungnya. Makan satu dodol saja tidak akan cukup.

3. Kue pancong

5 Kue Khas Betawi Berbahan Dasar Kelapa, Ada yang Mulai Langka!kue pancong (Twitter.com/spicabae)

Berisi kelapa parut, kue pancong terdiri dari campuran tepung beras, daun suji, dan santan. Bentuk kue pancong sangat khas, yakni setengah lingkaran, tapi sekilas mirip kue rangi.

Adonan yang sudah siap biasanya akan dimasak dengan cetakan aluminium. Untuk menambah variasi rasa, kue pancong juga bisa dimakan dengan gula halus dan gula merah.

Baca Juga: 6 Jenis Kue Lapis Khas Nusantara yang Nikmat, Cocok buat Oleh-oleh!

4. Putu mayang

5 Kue Khas Betawi Berbahan Dasar Kelapa, Ada yang Mulai Langka!kue putu mayang (Twitter.com/ms_atiek)

Aromanya sangat harum, putu mayang terbuat dari tepung beras dan dibentuk seperti mi. Rasa kian lezat ketika putu mayang disiram dengan kuah kinca dan ditaburi kelapa parut.

Putu mayang terlihat mirip dengan kue petulo. Namun, keduanya berbeda dari rasa dan sajiannya. Konon, sejarah kue putu mayang dipengaruhi kue asal India, yakni putu mayam. Wah, namanya pun hampir mirip, ya.

5. Kue akar kelapa

5 Kue Khas Betawi Berbahan Dasar Kelapa, Ada yang Mulai Langka!kue akar kelapa (Twitter.com/mirayut)

Terbuat dari tepung ketan, kue akar kelapa termasuk dalam sajian kue kering. Kue gurih dan renyah ini biasanya dibeli saat menjelang Hari Raya Idulfitri. Namanya unik, tapi jadi gampang diingat karena bentuknya memang mirip akar kelapa.

Tak hanya di Jakarta, akar kelapa juga populer di Yogyakarta. Saking nikmat dan renyah, makan kue akar kelapa bakal membuatmu ngunyah terus, deh.

Wah, ternyata kue khas Betawi yang terbuat dari kelapa sangatlah beragam. Mulai dari kue basah hingga kue kering, semua dijamin memanjakan lidahmu, deh. Ada kue kesukaanmu gak, nih?

Baca Juga: Resep Membuat Kue Rangi, Jajanan Tradisional yang Mulai Langka  

agatha dominique Photo Verified Writer agatha dominique

let's get closer! @dominiqueagtha on ig

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya