Comscore Tracker

Sumber Energi, Ini 9 Menu Sarapan Orang Jepang yang Lezat dan Bergizi

Doyan telur mentah?

Sarapan merupakan rutinitas penting untuk mengawali hari agar tubuh tetap berenergi saat beraktifitas. Di Indonesia sendiri menu sarapan pagi umumnya adalah olahan nasi seperti nasi uduk, nasi kuning, bubur ayam dan lontong sayur. Pastinya menu sarapan di berbagai negara berbeda-beda kan guys. Nah, kalau di Jepang kira-kira apa ya menu sarapannya? Coba intip yuk!

1. Nasi putih

Sumber Energi, Ini 9 Menu Sarapan Orang Jepang yang Lezat dan Bergizipixabay/magaret_1974

Sama seperti di Indonesia, nasi juga menjadi makanan pokok di Jepang, dalam kesehariannya nasi putih selalu terhidang dalam menu masakan mereka. Banyak orang Jepang beranggapan bahwa nasi memberikan energi lebih dibandingkan dengan roti atau sereal. Nah, untuk menu sarapan ada banyak variasi menu yang dapat disajikan bersama semangkuk nasi putih, apa saja? Yuk simak lagi.

2. Tamago kake gohan

Sumber Energi, Ini 9 Menu Sarapan Orang Jepang yang Lezat dan Bergizipixabay/DeltaWorks

Tamago kake gohan adalah nasi yang dicampur dengan telur mentah. Berasal dari kata 'tamago' yang berarti telur dan 'gohan' adalah nasi. Jadi tamago kake gohan artinya kurang lebih nasi yang dituang telur, menu ini sangat populer di Jepang.

Membuat tamago kake gohan sangat simpel dan mudah, telur mentah biasanya dikocok dalam wadah kemudian dicampur dengan shoyu sesuai selera lalu dituang ke dalam mangkuk berisi nasi. Atau dengan cara lain yaitu mencampurkan telur mentah langsung ke dalam mangkuk nasi dan diaduk bersama shoyu setelah itu langsung dimakan.

Untuk kamu yang ingin mencoba menu ini sebaiknya berhati-hati ya, karena mungkin saja keamanan mengonsumsi telur mentah di Jepang berbeda dengan di Indonesia.

3. Tamagoyaki

Sumber Energi, Ini 9 Menu Sarapan Orang Jepang yang Lezat dan Bergizipixabay/JeabAnG

Selain menu tamago kake gohan, telur dadar juga menjadi menu sarapan yang kerap dijumpai di Jepang. Tamagoyaki merupakan telur dadar yang kemudian digulung dan disajikan dengan nasi, tidak hanya tamagoyaki terkadang telur juga diolah menjadi telur mata sapi atau telur rebus, tergantung selera yang memasaknya karena masing-masing keluarga atau tempat makan memiliki ciri masakannya sendiri.

Guys, olahan telur memang bergizi, terutama bagian kuningnya mengandung kolin yang merupakan vitamin penting untuk pembentukan sel-sel memori di otak, selain itu telur juga mengandung protein tinggi, zat besi, folat dan vitamin A yang semuanya merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan, perbaikan dan perkembangan sel.

4. Natto

Sumber Energi, Ini 9 Menu Sarapan Orang Jepang yang Lezat dan Bergizipixabay/whui1818

Menu sarapan pagi lainnya yaitu nasi dengan natto. Natto adalah kedelai fermentasi dan juga superfood dari Jepang, biasanya natto dikonsumsi dengan cara diaduk terlebih dahulu kemudian ditambahkan shoyu lalu campur ke dalam mangkuk berisi nasi. Natto adalah makanan kaya gizi dan protein, meskipun begitu tidak semua orang Jepang suka dengan makanan ini karena teksturnya berlendir dan bau yang menyengat.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Miso, Bumbu Masak Dari Kedelai Fermentasi Khas Jepang  

5. Sup miso

Sumber Energi, Ini 9 Menu Sarapan Orang Jepang yang Lezat dan Bergizipixabay/komahouse

Sup miso atau miso shiru tampaknya adalah makanan yang selalu ada pada menu makan orang Jepang. Sup miso kerap hadir menemani hidangan nasi ala Jepang, rasanya seperti kurang lengkap tanpa hadirnya sup miso. Cara membuat sup miso juga praktis, cukup panaskan air kaldu dashi lalu masukkan pasta kacang kedelai yang difermentasi (miso) kemudian tambahkan potongan tahu, daun bawang dan wakame (sejenis rumput laut). Voila! Sup miso siap dihidangkan.

6. Olahan ikan salmon atau makarel

Sumber Energi, Ini 9 Menu Sarapan Orang Jepang yang Lezat dan BergiziDok.pribadi/Dyah M

Untuk menu sarapan biasanya ikan digoreng atau dipanggang kemudian disajikan dengan semangkuk nasi. Ikan jenis ini memiliki kandungan minyak omega-3 yang tinggi dan baik untuk perkembangan otak dan kesehatan karena asam lemak omega-3 merupakan komponen penting yang dibutuhkan untuk perkembangan sel.

Nah, makanan di atas dapat disajikan satu per satu misal semangkuk nasi dengan salmon serta sup miso atau full set satu nampan berisi semangkuk nasi, natto, olahan telur,  ikan dan sup miso. Wah lengkap sekali ya!

7. Sereal

Sumber Energi, Ini 9 Menu Sarapan Orang Jepang yang Lezat dan Bergizipixabay/TesaPhotography

Jika tidak terbiasa sarapan dengan nasi atau terburu-buru untuk beraktifitas, sarapan dengan sereal biji-bijian yang kaya serat juga menjadi alternatif sarapan orang Jepang. Cukup tuang sereal ke dalam mangkuk dan biasanya dilengkapi dengan potongan buah pisang, stroberi, jeruk atau blueberry kemudian dimakan dengan yogurt atau susu. Meski hanya sereal tetapi cukup mengenyangkan sampai siang lho.

8. Roti

Sumber Energi, Ini 9 Menu Sarapan Orang Jepang yang Lezat dan Bergizipexels.com/Magda Ehlers

Meskipun makanan pokok orang Jepang adalah nasi, tetapi banyak juga coffee shop di pagi hari yang menjual menu sarapan berisi sandwich, roti bakar, secangkir kopi atau segelas susu dan sebutir telur rebus.

9. Onigiri

Sumber Energi, Ini 9 Menu Sarapan Orang Jepang yang Lezat dan Bergizipixabay/sayama

Onigiri dikenal juga dengan sebutan nasi kepal, makanan ini mengenyangkan juga praktis karena dapat dimakan di mana saja ketika tidak ada banyak waktu. Onigiri banyak dijual di konbini (toko serba ada biasanya menjual makanan, minuman dan barang kebutuhan sehari-hari lainnya) dalam berbagai varian bentuk dan juga rasa. 

Nah, itu tadi beragam jenis menu sarapan orang Jepang, kalau menu sarapan favoritmu apa guys?

Baca Juga: 6 Restoran Jepang Paling Enak di Thamrin, Boleh Dicoba Buat Buka Puasa

Dyah M Photo Verified Writer Dyah M

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You