Comscore Tracker

7 Makanan yang Makin Lezat dan Sehat Setelah Busuk, Jangan Dibuang

Bahkan jadi favorit banyak orang

Selama ini makanan busuk identik dengan makanan yang berbau tidak sedap, menjijikkan, menyebabkan sakit, dan tidak layak dikonsumsi, sehingga harus dibuang. Tapi nyatanya, ada beberapa makanan yang tetap layak dikonsumsi kendati telah masuk dalam kategori busuk.

Tak hanya itu, selain aman dimakan, ternyata makanan tersebut juga memiliki nilai gizi yang lebih tinggi setelah melalui proses pembusukan. Sehingga terdapat makanan tertentu yang sengaja dibusukkan sebelum dikonsumsi. Lantas apa sajakah makanan tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Keju

7 Makanan yang Makin Lezat dan Sehat Setelah Busuk, Jangan DibuangUnsplash.com/Alexander Maasch

Keju merupakan makanan yang terbuat dari susu yang telah melalui proses pembusukan dengan bantuan bakteri. Dan uniknya, justru lewat proses pembusukan inilah keju justru memiliki nilai gizi yang tinggi dan menyehatkan. Ditambah, makanan busuk ini ternyata memiliki rasa yang lezat dan harga yang relatif lebih mahal daripada susu segar.

2. Tape

7 Makanan yang Makin Lezat dan Sehat Setelah Busuk, Jangan DibuangInstagram.com/Angela_ellyana

Makanan yang dibuat dari singkong yang melalui proses pembusukan atau fermentasi dengan ragi ini juga tetap enak dimakan dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti melancarkan pencernaan, mencegah anemia, mengeluarkan racun, mengontrol tekanan darah, dan sebagainya. Hebat bukan?

3. Yogurt

7 Makanan yang Makin Lezat dan Sehat Setelah Busuk, Jangan DibuangUnsplash.com/Sara Cervera

Yogurt juga termasuk salah satu produk makanan yang terbuat dari susu yang busuk lho. Bahkan lewat proses pembusukan inilah susu yang awalnya berbentuk cair bisa menjadi kental. Yogurt juga punya khasiat bagi kesehatan, utamanya mengatasi masalah pencernaan dan mendukung diet untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Batasi Konsumsinya, 6 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Cepat Tua

4. Tempe

7 Makanan yang Makin Lezat dan Sehat Setelah Busuk, Jangan DibuangUnsplash.com/Gesina kunkel

Makanan ekonomis dan menyehatkan ini nyatanya juga termasuk dalam makanan yang busuk lho. Terbuat dari kedelai yang melalui proses fermentasi dengan ragi, proses pembusukan ini ternyata justru membuat tempe mengandung vitamin B12 yang tidak dimiliki oleh kedelai. Ditambah, zat gizi dalam tempe ternyata lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada kedelai.

5. Oncom

7 Makanan yang Makin Lezat dan Sehat Setelah Busuk, Jangan DibuangInstagram.com/silp3h

Oncom juga termasuk makanan yang bergizi dan aman dimakan walaupun telah melalui proses pembusukan. Bahan utama dalam pembuatan oncom adalah kacang-kacangan, seperti kedelai, bungkil kacang tanah, dan bungkil tahu. Bahan ini kemudian difermentasi dengan bantuan bakteri hingga menghasilkan spora.

Kendati memiliki aroma dan rasa yang langu dan tajam, kamu tak perlu khawatir makanan itu tidak layak dimakan. Sebab, proses pembusukan yang 'berlebihan' inilah yang menyebabkan oncom memiliki bau dan rasa yang tajam tapi tetap aman dikonsumsi dan menyehatkan.

6. Kecap

7 Makanan yang Makin Lezat dan Sehat Setelah Busuk, Jangan DibuangUnsplash.com/Louis Hansel

Kecap termasuk salah satu bahan masakan yang wajib ada di setiap dapur. Nah, faktanya kecap termasuk salah satu makanan yang terbuat dari kedelai yang sengaja dibusukkan lho. Bahkan karena proses fermentasi yang berlangsung selama kurang lebih sebulan dan penambahan bahan-bahan tertentu, terciptalah kecap yang memiliki cita rasa yang khas.

7. Kimchi

7 Makanan yang Makin Lezat dan Sehat Setelah Busuk, Jangan DibuangUnsplash.com/Jakub Kapusnak

Kamu para penikmat K-drama pastinya tidak asing lagi dengan menu khas Korea yang satu ini. Kimchi terbuat dari sayur-sayuran, seperti sawi dan lobak yang melalui proses pembusukan atau fermentasi selama beberapa hari.

Tapi jangan salah, kendati masuk dalam kategori 'makanan busuk', nyatanya kimchi memiliki kandungan vitamin A dan C yang tinggi serta rendah kalori, sehingga sangat cocok untuk program diet.

Demikian beberapa makanan busuk yang ternyata menyehatkan. Apakah salah satunya adalah favoritmu?

Baca Juga: 5 Resep Makanan Bertema Halloween yang Unik & Menyeramkan, Bikin Yuk!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You