Comscore Tracker

Sering Dianggap Limbah, 5 Bagian Buah Ini Ternyata Dapat Dimanfaatkan

Cara ini bisa mengurangi limbah makanan

Saat makan buah, kadang tidak semua bagian buah habis dimakan. Biasanya, ada bagian buah yang dibuang karena dianggap tidak dapat dimakan.

Padahal, mengurangi limbah makanan adalah salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan untuk membantu membalikkan perubahan iklim, menghemat uang, memberi makan lebih banyak orang, dan membantu melestarikan ekosistem yang terancam.

Selain itu, ada beberapa bagian buah yang biasa dibuang ternyata dapat dimanfaatkan kembali, baik diolah menjadi makanan maupun untuk hal lain. Simak, yuk, cara memanfaatkan beberapa bagian buah yang biasa dianggap limbah ini.

1. Air kacang arab

Sering Dianggap Limbah, 5 Bagian Buah Ini Ternyata Dapat Dimanfaatkanunsplash.com/Adrienne Leonard

Cairan yang dikeringkan dari kacang arab kalengan atau yang dimasak sendiri atau yang juga dikenal sebagai aquafaba adalah bahan ajaib. Air ini berfungsi seperti telur dalam memanggang sehingga sangat baik untuk membuat kue vegan.

Selain itu, air kacang arab kaleng juga bisa dibuat meringue. Cairan bertepung dari kacang arab bisa menciptakan busa dan whip yang bagus. Ini karena aquafaba dapat memerangkap udara sehingga menghasilkan struktur yang fluffy dan memiliki daya angkat yang lembut.

2. Biji dan kulit semangka

Sering Dianggap Limbah, 5 Bagian Buah Ini Ternyata Dapat Dimanfaatkanunsplash.com/Amanda Lins

Bagian yang biasa dibuang pada buah semangka, yaitu biji dan kulitnya, ternyata dapat dimakan dan rasanya lezat. Biji semangka dapat dipanggang dan dijadikan camilan atau diolah menjadi camilan lain.

Sementara, kulitnya yang berwarna putih ternyata kaya nutrisi dan sangat serbaguna karena bisa dijadikan acar atau ditambahkan ke dalam smoothie, saus salsa, permen, kari, dan berbagai olahan lainnya.

Baca Juga: 9 Olahan Es Krim Berbahan Buah Segar untuk Ide Kudapan Saat Liburan

3. Inti nanas

Sering Dianggap Limbah, 5 Bagian Buah Ini Ternyata Dapat Dimanfaatkanpexels.com/Alizee Marchand

Inti nanas mungkin tidak memiliki tekstur yang sama persis dengan keseluruhan buahnya, tetapi inti nanas masih enak dan mengandung beberapa nutrisi nanas yang paling mengesankan sehingga dapat dimakan. Inti nanas adalah sumber bromelain, enzim proteolitik yang sangat bermanfaat untuk pencernaan. Bagian tersebut juga dapat digunakan untuk melunakkan daging.

4. Kulit jeruk

Sering Dianggap Limbah, 5 Bagian Buah Ini Ternyata Dapat Dimanfaatkanunsplash.com/Stephanie Harvey

Saat membuat jus dari buah sitrus, biasanya bagian kulitnya akan dibuang. Memang, jus dan dagingnya mungkin dianggap memiliki rasa asam yang segar dan lezat. Namun, kulitnya pun tak kalah berguna.

Kulit jeruk memiliki rasa dan aroma yang menarik. Kulit jeruk bahkan telah menjadi salah satu penambah rasa favorit untuk banyak resep, mulai dari saus salad, pasta, yoghurt, bahkan untuk menyamarkan berbagai rasa atau aroma masakan.

5. Batang dan daun bit

Sering Dianggap Limbah, 5 Bagian Buah Ini Ternyata Dapat Dimanfaatkanunsplash.com/FOODISM360

Bit adalah salah satu makanan nabati favorit banyak orang. Bit merupakan buah yang serbaguna, tinggi potasium, vitamin C, zat besi, dan dapat menambah warna pada hidangan apa pun. Biasanya, daging buah bit merupakan bahan yang paling sering digunakan orang untuk memasak, tetapi tidak dengan batang dan daunnya.

Padahal, batang dan daunnya juga bisa disantap. Saat membuat hidangan dengan bit, masukkan juga batang dan daunnya ke dalam resep atau simpan untuk lauk. Kedua bagian buah bit ini sangat cocok untuk diolah dengan cara ditumis dengan sedikit minyak zaitun, garam, dan merica. Bisa juga kamu tambahkan ke dalam salad.

Jadi, lain kali kalau kamu memakan buah-buahan ini, jangan buang bagian-bagian tersebut, ya.

Baca Juga: 9 Buah Eksotis Indonesia yang Dibenci Bule, Gak Cuma Durian

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya