Comscore Tracker

Lebih Sehat, Ini 5 Bahan Alternatif Pengganti Minyak Sayur

Bisa bikin masakan lebih lezat juga lho 

Minyak sayur merupakan salah satu bahan masakan yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir setiap jenis masakan memerlukan minyak sayur dalam proses pengolahannya.

Buat kamu yang sangat peduli akan kalori dan nilai gizi pastinya ini jadi masalah buat kamu. Sehingga membuat kamu mengurangi beberapa jenis masakan yang banyak mengandung minyak sayur.

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa menikmati makanan lezat tanpa perlu menggunakan minyak sayur. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alternatif yang dapat menggantikan minyak sayur. Berikut beberapa di antaranya.

1. Yogurt

Lebih Sehat, Ini 5 Bahan Alternatif Pengganti Minyak SayurPlantified.com

Menggunakan yogurt sebagai pengganti minyak tidaklah mudah, terutama untuk mendapatkan rasio yang tepat. Akan tetapi, karena memiliki nilai gizi yang baik, kamu layak mencoba menggunakan yogurt sebagai alternatif pengganti minyak sayur.

Sebenarnya kamu dapat menggunakan yogurt tawar maupun berbagai rasa. Tapi untuk amannya, lebih baik kamu menggunakan yogurt tawar saja. Terutama untuk menu yang dipanggang. Sebab, penggunaan yogurt ini dapat membuat daging lebih lunak dan menambah cita rasa.

2. Mentega

Lebih Sehat, Ini 5 Bahan Alternatif Pengganti Minyak Sayurguff.com

Walaupun masih banyak orang yang memandang negatif mentega lantaran kandungan kalorinya yang tinggi. Tapi nyatanya, mentega merupakan alternatif yang lebih baik daripada minyak karena kaya akan vitamin A, D, E, dan lemak baik yang diperlukan oleh tubuh. Tapi, jangan gunakan secara berlebihan ya.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Jantung Pisang Agar Masakan Semakin Lezat, Wajib Coba!

3. Minyak alpukat

Lebih Sehat, Ini 5 Bahan Alternatif Pengganti Minyak Sayurelarrayan.com

Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan lemak baik dan vitamin. Maka tak mengherankan jika minyak alpukat bisa jadi alternatif pengganti minyak sayur yang lebih baik. Selain itu, minyak alpukat juga bisa digunakan untuk berbagai teknik memasak, seperti memanggang, menumis, membuat saus, atau sebagai bumbu.

4. Mayones

Lebih Sehat, Ini 5 Bahan Alternatif Pengganti Minyak SayurUnsplash.com/Sara Cervera

Mayones dikenal sebagai bahan makanan yang tinggi lemak, sehingga sangat cocok dijadikan alternatif pengganti minyak. Mayones sangat dicocok digunakan dalam teknik menggoreng dan memanggang karena akan memberikan tekstur dan rasa yang luar biasa.

5. Buah-buahan tumbuk

Lebih Sehat, Ini 5 Bahan Alternatif Pengganti Minyak Sayurunsplash.com/Brenda Godinez

Jika kamu ingin membuat kue dan sedang mencari bahan pengganti minyak sayur, kamu bisa menggunakan beberapa jenis buah-buahan, di antaranya pisang, apel, dan pir. Selain lebih menyehatkan, menggunakan buah-buahan juga dapat menambah cita rasa masakan lho.

Perlu diingat walaupun bahan-bahan di atas memiliki nilai gizi yang lebih baik daripada minyak sayur, tetapi semuanya masih mengandung lemak dan kalori yang relatif tinggi. Jadi, gunakan sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan.

Baca Juga: 7 Makanan yang Gak Bikin Gemuk Meski Makan Banyak, Enak Lagi!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You