Comscore Tracker

6 Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit, Gampang Banget! 

Cuss langsung praktek

Pare merupakan jenis buah yang memiliki beragam khasiat bagi tubuh. Mulai dari masalah yang ringan seperti melancarkan pencernaan hingga masalah berat seperti mengendalikan gula darah dalam tubuh. Ditambah harga pare yang relatif ekonomis serta gampang dijumpai membuat buah ini jadi favorit banyak orang untuk dijadikan lauk pendamping nasi.

Kendati demikian, rasa pahit pare yang bak jamu ini membuat pare sangat dibenci oleh sejumlah kalangan. Padahal sebenarnya kamu bisa mendapatkan manfaat dari pare tanpa harus merasakan sensasi pahit buah yang satu ini. Caranya cukup dengan teknik memasak khusus, seperti berikut ini.

1. Pilih pare yang masih muda

6 Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit, Gampang Banget! vitagene.com

Pertama-tama, kamu harus tahu nih kalau semakin matang buah pare, maka rasa pare akan semakin pahit. Beberapa ciri fisik yang dimiliki oleh pare yang sudah matang atau tua adalah ukuran yang besar serta warna yang muda. Jadi, untuk menghindari rasa pare yang terlalu pahit, sebaiknya kamu memilih pare berukuran sedang dengan warna hijau tua.

2. Rendam dengan yoghurt plain

6 Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit, Gampang Banget! harperandblohm.com

Selama ini yoghurt dikenal sebagai kudapan yang menyehatkan dan baik untuk pencernaan. Tapi siapa sangka kalau ternyata yoghurt plain bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pare. Caranya pun cukup mudah, kamu cukup memasukkan pare ke dalam yoghurt plain selama 1 jam. Setelah itu pisahkan pare dan cuci bersih hingga tidak ada sisa yoghurt yang menempel.

3. Direbus bersama dengan tanaman daun jambu biji

6 Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit, Gampang Banget! guardian.ng

Kalau kamu punya pohon jambu biji, kamu bisa banget lho memanfaatkan daun jambu biji untuk menghilangkan rasa pahit pare. Caranya, iris pare dan hilangkan bijinya. Masukkan potongan pare dan beberapa lembar daun jambu biji ke dalam panci berisi air lalu rebus sekitar 5 menit.

Baca Juga: Jangan Cuma Ditumis, Inilah 5 Kreasi Pare yang Bikin Lidah Bergoyang

4. Olah dengan telur dan cabai

6 Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit, Gampang Banget! fimela.com

Cara mengolah pare ternyata sangat berpengaruh terhadap cita rasa yang dihasilkan, bahkan bisa mengurangi sensasi pahit pare yang luar biasa. Telur dan cabai merupakan 2 bahan yang dapat mengurangi rasa pahit pada pare.

Caranya, masak pare dengan cara ditumis, siapkan kocokan telur yang telah dibumbui dengan merica dan garam. Masukkan ke dalam tumisan telur, tambahkan irisan cabai, dan aduk rata. Selain menetralisir rasa pare yang pahit, mengolah pare dengan cara ini juga mampu membuat aroma masakanmu lebih harum.

5. Merebus pare dengan tanah liat

6 Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit, Gampang Banget! intisari.grid.id

Selain bagus untuk dijadikan gerabah, tanah liat ternyata bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Bungkus pare yang hendak kamu masak dengan tanah liat lalu rebus selama beberapa saat. Setelah itu bilas pare hingga tanah liat benar-benar hilang sebelum dimasak. Tanah liat bersifat menyerap berbagai zat yang merupakan penyebab rasa pahit pada pare sehingga rasa pare setelah dimasak akan jauh lebih lezat.

6. Rebus pare dengan kombinasi cuka, gula, dan garam

6 Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit, Gampang Banget! aliexpress.com

Kombinasi bahan dapur seperti cuka, gula, dan garan juga ampuh dalam mengurangi sensasi pahit pada pare. Mula-mula kamu perlu mengiris pare yang hendak kamu masak menjadi beberapa bagian. Siapkan panci dan isi dengan air bersih, masukkan satu gelas cuka, 2 sdm gula, dan 2 sdm garam. Masukkan potongan pare ke dalam panci berisi bahan-bahan tersebut lalu rebus selama 2 menit.

Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan Tubuh, Simak Yuk!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You