Comscore Tracker

5 Makanan yang Gak Boleh Dibekukan! Bikin Tekstur dan Rasanya Berubah

Jangan asal masukan freezer, ya

Kebanyakan orang menganggap bahwa membekukan makanan dapat membuat usia simpan makanan jadi lebih lama. Padahal, anggapan ini tidak selamanya benar.

Bagi sebagai makanan, membekukannya justru bisa mengubah tekstur dan rasanya, bahkan ada juga yang akan langsung basi tak lama setelah makanan yang dibekukan tersebut kembali mencair. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak asal membekukan makanan.

Lantas apa saja makanan yang sebaiknya tidak dibekukan? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Mayones

5 Makanan yang Gak Boleh Dibekukan! Bikin Tekstur dan Rasanya BerubahUnsplash.com/Sara Cervera

Mayones termasuk makanan yang tidak boleh dibekukan. Sebab, setelah mayones yang beku kembali mencair nantinya, tekstur mayones akan berubah secara signifikan.

Mayones adalah emulsi yang biasanya terbuat dari minyak, kuning telur, cuka atau lemon, dan bumbu lainnya. Aktivitas membekukan dan mencairkan mayones akan membuat emulsi tersebut pecah dan menyebabkan komponen-komponennya terpisah.

2. Telur

5 Makanan yang Gak Boleh Dibekukan! Bikin Tekstur dan Rasanya Berubahunsplash.com/Caroline Attwood

Dikutip dari laman Huffington Post, membekukan telur akan membuat cairan di dalamnya mengeras, mengembang, dan membuat cangkang menjadi retak, bahkan pecah.

Alhasil, telur berisiko pecah di dalam lemari es dan akan membuat bagian dalam lemari es kotor bahkan berbau busuk. Tak hanya itu, telur juga jadi tidak layak makan sama sekali.

Baca Juga: 10 Tips Menyimpan Bahan Makanan Tetap Segar Tanpa Dimasukkan Kulkas

3. Keju lunak

5 Makanan yang Gak Boleh Dibekukan! Bikin Tekstur dan Rasanya Berubahunsplash.com/Aliona Gumeniuk

Semua keju akan mengalami perubahan tekstur saat dibekukan, tetapi keju lunak akan lebih mudah berubah tekstur daripada keju keras. Sebab, dilansir dari laman Real Simple, keju lunak memiliki kandungan lemak dan air yang lebih tinggi. Jika dibekukan, keju lunak akan berair dan berubah secara signifikan begitu dikeluarkan dari freezer.

4. Kentang

5 Makanan yang Gak Boleh Dibekukan! Bikin Tekstur dan Rasanya Berubahunsplash.com/Lars Blankers

Kentang yang masih mentah tidak boleh dibekukan. Sebab, menurut laman Cheat Sheet, kentang mengandung pati dan air yang tidak dapat membeku dengan sempurna. Itu sebabnya, membekukan kentang dapat merusak konsistensi kentang secara permanen.

Alhasil, setelah dicairkan kembali, kentang akan menjadi lembek, berair, dan tidak layak untuk dimasak. Namun, jika kamu terlanjur membeli banyak kentang dan ingin menyimpannya, masak kentang terlebih dahulu sebelum membekukannya agar tidak merusak tekstur kentang.

5. Susu

5 Makanan yang Gak Boleh Dibekukan! Bikin Tekstur dan Rasanya Berubahunsplash.com/Nikolai Chernichenko

Membekukan susu dapat menyebabkan komponen penyusunnya menjadi terpisah setelah mencair nantinya. Semakin tinggi kandungan lemaknya, akan semakin mudah terpisah.

Menurut laman Reader's Digest, walaupun membekukan susu akan mengubah konsistensinya, susu masih tetap layak untuk dikonsumsi. Selain itu, susu yang sudah berubah konsistensinya masih bisa dimanfaatkan untuk membuat kue atau smoothie.

Jadi, sudah tahu makanan apa saja yang tidak boleh dibekukan, kan?

Download aplikasi resep masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Jangan Simpan 7 Bahan Makanan Ini di Kulkas, Kualitasnya Bisa Menurun!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya