Comscore Tracker

5 Minuman Sumber Elektrolit Alami yang Baik Disantap untuk Buka Puasa

#RamadanMasaKini Cepat kembalikan ion dan cairan tubuh

Menjalankan puasa di bulan Ramadan merupakan suatu ibadah yang dapat mendatangkan pahala besar. Ditambah tetap melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, niscaya hal tersebut akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Tapi tahu gak sih? Melakukan berbagai aktivitas saat tubuh dalam keadaan berpuasa bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak elektrolit dan dehidrasi.

Elektrolit sendiri merupakan ion-ion yang berperan dalam menjaga keseimbangan tekanan darah, fungsi otot, serta saraf. Oleh karena itu, kamu harus mengonsumsi sajian yang dapat mengembalikan elektrolit dengan segera setelah waktu berbuka tiba.

Kamu gak harus melulu membeli minuman elektrolit dalam kemasan, sebab terdapat sumber elektrolit alami yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dan ekonomis. Apa sajakah itu? Ini dia.

1. Air kelapa

5 Minuman Sumber Elektrolit Alami yang Baik Disantap untuk Buka PuasaParenture.com

Selain menyegarkan, air kelapa juga mengandung kalium dalam jumlah tinggi. Yaitu salah satu jenis ion yang berfungsi menyeimbangkan cairan tubuh. Mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa dapat mengembalikan ion dan cairan yang hilang selama berpuasa dengan cepat.

2. Sitrus

5 Minuman Sumber Elektrolit Alami yang Baik Disantap untuk Buka Puasaidietitianpro.com

Buah-buahan marga sitrus seperti jeruk nipis, lemon, jeruk mandarin, jeruk bali, dan sebagainya merupakan buah kaya akan kalsium dan kalium yang bisa menjadi sumber elektrolit alami. Baik dikonsumsi secara langsung maupun sebagai jus, buah-buahan tersebut dapat dengan cepat mengembalikan ion dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Ditambah kandungan vitamin C dalam jeruk mampu meningkatkan daya tahan tubuh selama puasa.

Baca Juga: Cara Bikin Lemon Tea di Rumah, Minuman yang Segar untuk Berbuka

3. Jus semangka

5 Minuman Sumber Elektrolit Alami yang Baik Disantap untuk Buka Puasaediblephoenix.ediblecommunities.com

Mengandung lebih dari 90 persen air, semangka juga merupakan sumber elektrolit alami yang baik dikonsumsi saat berbuka. Jus semangka dapat mengembalikan elektrolit penting yang hilang saat melakukan berbagai aktivitas dalam keadaan berpuasa. Selain itu, konsumsi jus semangka juga baik untuk menjaga kesehatan jantung serta sistem saraf.

4. Wedang jahe

5 Minuman Sumber Elektrolit Alami yang Baik Disantap untuk Buka Puasathespruceeats.com

Buat kamu yang punya segudang aktivitas dan sering pegal-pegal. Coba deh rutin minum jahe hangat saat berbuka. Karena selain menghilangkan capek dan pegal-pegal, jahe juga mampu mengembalikan elektrolit yang hilang setelah seharian beraktivitas dengan seketika. Kamu pun dapat kembali bertenaga dan siap melaksanakan salat tarawih.

5. Timun

5 Minuman Sumber Elektrolit Alami yang Baik Disantap untuk Buka Puasasnaped.fns.usda.gov

Tingginya kandungan kalium dan magnesium dalam mentimun membuat buah yang kerap dijadikan lalapan ini sangat cocok dikonsumsi saat berbuka. Selain itu, berbagai nutrisi yang ada dalam mentimun bermanfaat dalam melawan peradangan, menurunkan resiko kanker, mengatasi masalah pencernaan, hingga memperkuat daya ingat.

Nah, itu tadi beberapa sumber elektrolit alami yang cocok dikosumsi saat berbuka puasa. Selain mengonsumsi sejumlah makanan di atas. Kamu juga perlu mengonsumsi air putih sebanyak mungkin agar tubuh tidak mengalami dehidrasi selama puasa.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You