Comscore Tracker

5 Sumber Karbohidrat Baik yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Untuk pencegahan diabetes juga oke lho

Bagi orang dengan diabetes, karbohidrat kerap dianggap sebagai musuh dan dituduh sebagai penyebab melonjaknya kadar glukosa dalam darah, sehingga sudah sepatutnya dijauhi. Padahal bagaimanapun juga, karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi manusia. Ditambah, karbohidrat sendiri memiliki bermacam-macam jenis dan tidak semuanya harus dijauhi oleh penderita diabetes.

Nah, melansir dari everyday health dan the healthy, berikut ini beberapa sumber karbohidrat yang menyehatkan dan baik dikonsumsi oleh orang dengan diabetes.

1. Susu rendah lemak

5 Sumber Karbohidrat Baik yang Aman Dikonsumsi Penderita DiabetesUnsplash.com/Brian Suman

Susu kaya akan protein dan kalsium yang penting bagi tubuh. Protein diperlukan untuk kesehatan otot dan metabolisme, sedangkan kalsium adalah mineral yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, otot, dan tulang.

Penting untuk diingat bahwa susu yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah susu rendah lemak atau susu skim. Sebab, susu full cream atau susu berlemak mengandung kadar lemak jenuh yang lebih tinggi, yang tidak hanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan peradangan, tetapi juga meningkatkan level resistensi insulin.

2. Buah beri

5 Sumber Karbohidrat Baik yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetesverywellfit.com

Jenis-jenis beri, seperti blueberry, stroberi, dan raspberry adalah buah yang ideal untuk penderita diabetes karena mengandung gula dan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

Salah satu jenis beri terbaik untuk diabetes adalah raspberry karena mengandung serat yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis beri lainnya. Hal ini menjadikan raspberry pilihan yang bagus untuk manajemen gula darah dan pengendalian berat badan.

Baca Juga: 10 Makanan Mengandung Gula Paling Tinggi, Pemicu Diabetes

3. Sayuran

5 Sumber Karbohidrat Baik yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetesnetdoctor.co.uk

Konsumsi sayuran adalah metode cerdas nan ampuh dalam mengurangi karbohidrat dan tetap merasa kenyang. Sebab, sayuran mengandung karbohidrat dan kalori yang sangat sedikit, sehingga aman bagi penderita diabetes walaupun dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Selain itu, sayuran juga menyediakan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti serat, vitamin, dan mineral.

Kendati demikian, penderita diabetes perlu menghindari sayur yang mengandung pati, seperti kentang dan labu, karena dikhawatirkan dapat menyebabkan lonjakan kadar glukosa dalam darah.

4. Kacang-kacangan

5 Sumber Karbohidrat Baik yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetesunsplash.com/Maddi bazzocco

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Circulation Research, dijelaskan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang makan lima porsi kacang setiap minggu memiliki risiko penyakit jantung 17 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari satu porsi per bulan.

Ditambah, orang-orang yang mulai mengonsumsi lebih banyak kacang setelah didiagnosis terkena diabetes tipe 2 memiliki risiko kematian dini 27 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengubah pola makan. Hal ini dimungkinkan karena kacang-kacangan dapat meningkatkan pengendalian glikemik, menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi arteri. Sebab, kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh, serat, vitamin E dan folat, serta mineral seperti kalsium dan magnesium.

5. Polong-polongan

5 Sumber Karbohidrat Baik yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetesunsplash.com/Jessica Ruscello

Polong-polongan seperti kacang panjang, kacang merah, dan lentil merupakan salah satu bahan pangan nabati yang mengandung tinggi karbohidrat. Kendati demikian, polong-polongan merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi orang dengan diabetes karena berserat tinggi dan dapat membantu menjaga kesehatan serta berat badan.

Demikian tadi beberapa sumber karbohidrat yang baik bagi penderita diabetes. Untuk kamu yang masih sehat, konsumsi makanan di atas sebagai sumber karbohidrat dapat membantu mencegah kamu dari penyakit diabetes lho.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih! Ini 5 Camilan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You