Comscore Tracker

5 Kudapan Primadona di Banten, Hanya Ada Saat Bulan Puasa Lho!

Mendadak langka jika di hari-hari biasa

Berburu takjil menjadi salah satu kegiatan paling ikonik di bulan suci Ramadan. Biasanya aneka ragam kudapan lah yang kerap kali dijadikan sebagai takjil atau santapan berbuka puasa. Di Banten, ada beberapa takjil yang menjadi favorit banyak orang tapi justru hanya muncul ketika bulan Ramadhan saja. Akan sulit sekali jika kamu mencarinya pada hari-hari biasa.

Hal tersebut tentu membuat para penikmatnya menjadi rindu akan kehadiran dari kudapan ini, bahkan kegiatan berburu takjil menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu ketika memasuki bulan puasa. Kira-kira apa saja ya kudapan langka tersebut? Cek listnya di bawah ini yuk!

1. Ketan bintul

5 Kudapan Primadona di Banten, Hanya Ada Saat Bulan Puasa Lho!instagram.com/kdwiwatidj

Camilan dengan tekstur padat dan kenyal ini menjadi kuliner paling laris diburu saat bulan Ramadan. Warga Banten biasa menyantap ketan bintul bersama dengan serundeng atau semur daging. Rasanya yang super lezat menjadi salah satu alasan mengapa kebanyakan orang lebih memilih kuliner berbahan dasar beras ketan ini sebagai pengganjal perut selepas berpuasa.

2. Kue cuer

5 Kudapan Primadona di Banten, Hanya Ada Saat Bulan Puasa Lho!instagram.com/explore_serang

Si hijau kenyal yang bertabur gurihnya ampas kelapa ini juga menjadi salah satu kudapan khas Banten yang hanya akan kamu jumpai ketika bulan Ramadan tiba. Campuran dari ekstrak daun suji merupakan sumber warna hijau yang menjadi ciri khas dari kue cuer. Nah, bagi yang penasaran dengan rasanya, kue cuer ini bisa kamu temukan di sepanjang jalan Pasar Lama kota Serang.

Baca Juga: 10 Kue Khas Ini Paling Populer Saat Lebaran di Indonesia

3. Kue cucur

5 Kudapan Primadona di Banten, Hanya Ada Saat Bulan Puasa Lho!instagram.com/diniprayita

Jarang sekali ada penjual yang memproduksi kue cucur jika bukan di bulan puasa. Kue bercita rasa manis bercampur gurih ini terbuat dari perpaduan tepung beras dan gula merah dengan tekstur yang empuk dan agak berminyak. Menyantap kue cucur ini cocok sekali bila ditemani dengan secangkir teh manis hangat sebagai menu takjil di rumah.

4. Jojorong

5 Kudapan Primadona di Banten, Hanya Ada Saat Bulan Puasa Lho!instagram.com/tanjunglesungid

Lagi-lagi kudapan khas Banten ini menggunakan bahan dasar berupa tepung beras, santan dan gula merah. Bila digambarkan, kue jojorong ini mempunyai cita rasa yang serupa dengan rasa dari bubur sumsum. Selain itu, kue jojorong memiliki tekstur yang sangat lembut. Ditambah lagi perpaduan dari lelehan gula merah yang terdapat pada bagian dalamnya, sehingga akan lumer dimulut saat kamu menyantapnya.

5. Apem putih

5 Kudapan Primadona di Banten, Hanya Ada Saat Bulan Puasa Lho!instagram.com/infokulinernusantara

Kudapan berwarna putih yang menjadi ciri khas daerah Pandeglang, Banten ini menggunakan tepung beras bercampur ragi sebagai bahan dasarnya. Kue yang dibuat dengan cara dikukus dan disajikan bersama kinca (larutan gula merah) atau susu kental manis ini termasuk ke dalam jajanan pasar yang sering dijadikan menu pendamping buka puasa masyarakat Banten. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Nah, itulah lima list kudapan khas daerah Banten yang jadi primadona saat puasa. Jika bukan Ramadan akan sulit sekali untuk menemukan sederet kuliner tersebut. Cobain sekarang yuk mumpung masih bulan Ramadan!

Baca Juga: 7 Kue Tradisional Khas Bima yang Mirip Jajanan di Jawa

Putrielv Photo Verified Writer Putrielv

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You