Comscore Tracker

Orang Indonesia Doyan Banget Minum Kopi, Ini Alasannya!

Pantas saja..

Kopi menjadi minuman populer di Indonesia sejak zaman dulu kala. Mulai dari rakyat kelas bawah sampai pejabat-pejabat negara begitu mengidolakan kopi. Ia begitu populer sampai kedai kopi tradisional hingga kafe-kafe modern selalu kedatangan pengunjung untuk mencicipinya.

Kadang kita bertanya-tanya, bagaimana sih ceritanya, satu minuman ini bisa begitu digemari di Indonesia? Berikut cerita sejarahnya.

1. Ternyata, kopi ada sejak era kolonial Belanda.

Orang Indonesia Doyan Banget Minum Kopi, Ini Alasannya!dna.my.id

Kopi telah populer di Indonesia semenjak dahulu kala. Ketika Belanda berusaha membawa bibit kopi untuk ditanam di tanah Nusantara pada tahun 1696. Bibit-bibit itu disimpan di Kedawung, dekat Batavia (alias Jakarta tempo dulu). Sayangnya gagal karena kebanjiran.

2. Kopi Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik.

Orang Indonesia Doyan Banget Minum Kopi, Ini Alasannya!rajakopiluwak.com

Belanda mendatangkan kembali kopi ke Indonesia dari Malabar, India, pada tahun 1706. Setelah diteliti, tanaman kopi yang ditanam di Indonesia memiliki kualitas sangat baik. Belanda kemudian membuat perkebunan kopi di berbagai pulau, seperti; Sumatra, Sulawesi, Bali, Timor, dan lain-lain.

3. Kopi yang datang pertama kali ke Indonesia adalah kopi jenis Arabika.

Orang Indonesia Doyan Banget Minum Kopi, Ini Alasannya!swirledpeace.com

Kopi menjadi komoditas andalan pemerintah Belanda. Awalnya adalah jenis Arabika, tetapi ternyata jenis ini mudah terserang penyakit karat daun pada 1878. Pemerintah Belanda pun mendatangkan jenis liberika untuk menggantikan tipe arabika di perkebunan dataran rendah.

4. Hingga akhirnya jenis Robusta mengambil alih ketenaran kopi arabika.

Orang Indonesia Doyan Banget Minum Kopi, Ini Alasannya!modernfarmer.com

Kenyataannya, jenis Liberika pun mudah terserang penyakit yang sama. Maka pada tahun 1907, pemerintah Belanda mendatangkan kopi jenis Robusta ke Nusantara. Ternyata jenis Robusta bisa bertahan hidup dengan baik. Hingga kemudian Indonesia merdeka, seluruh perkebunan kopi diambil alih oleh pemerintah Indonesia. Kopi menjadi komoditas yang laris diekspor ke pasar dunia.

Baca Juga: 7 Wisata Kebun Kopi yang Bisa Mempercantik Feed Instagram-mu

5. Indonesia berada dalam ranking lima besar sebagai produsen dan eksportir di dunia.

Orang Indonesia Doyan Banget Minum Kopi, Ini Alasannya!balikidsguide.com

Boleh bangga, boleh tidak percaya, namun benar adanya. Indonesia pada tahun 2014, berada di peringkat empat produsen dan eskportir kopi dunia. Meskipun kebanyakan produknya adalah jenis robusta yang bernilai lebih rendah, namun kita punya senjata andalan.

6. Senjata andalan Indonesia adalah kopi spesial yang tidak ditemukan di tempat lain.

Orang Indonesia Doyan Banget Minum Kopi, Ini Alasannya!ridebali.com

Ada 11 kopi premium di Indonesia yang berharga mahal di pasar dunia. Sedikitnya, ada 11 kopi spesial dari Indonesia, Gayo, Mandailing, Lintong, Jawa, Priangan, Toraja, Kalosi, Bali Kintamani, Flores Bajawa, Baliem/Wamena dan Luwak.

7. Sebaran perkebunan kopi ada di berbagai tempat.

Orang Indonesia Doyan Banget Minum Kopi, Ini Alasannya!facemadeup.com

Perkebunan kopi tersebar di berbagai daerah Nusantara. Maka tak heran banyak masyarakat yang mengenal komoditas ini dan begitu menyukainya.

8. Usaha kopi di Indonesia masih bisa dikembangkan lebih jauh lagi.

Orang Indonesia Doyan Banget Minum Kopi, Ini Alasannya!themooncafe.com

Masih banyak yang bisa diolah dari industri kopi di Indonesia. Menurut pemerintah, ekspor kopi Indonesia masih bisa ditingkatkan nilainya. Soalnya ekspor kopi yang sudah diolah baru 35 persen, sementara sisanya masih berupa biji. Sehingga, pada 1 Oktober 2015 diperingati sebagai Hari Kopi Internasional Indonesia

Yuk, mari kita bersama-sama mengembangkan industri kopi Indonesia agar berkibar di kancah dunia. Jayalah kopi Nusantara!

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ampas Kopi Ternyata Punya 9 Manfaat Ajaib Ini!

Topic:

Just For You