Comscore Tracker

7 Warung Brongkos Paling Terkenal di Yogyakarta, Rasanya Nikmat!

Kuah pekatnya menggoda selera!

Buat kalian yang lagi menghabiskan waktu liburan di Yogyakarta, rugi banget kalau belum cobain brongkos. Sekilas, kuahnya memang mirip rawon dari Jawa Timur tapi bedanya rasa kluwek disini tidak terlalu kuat. Mengikuti selera lokal maka kuah brongkos terasa lebih manis ketimbang rawon. Juga ada sensasi gurih berkat campuran santan di dalamnya. Cobain tujuh brongkos ternikmat se-Yogyakarta!

1. Brongkos Warung Handayani

7 Warung Brongkos Paling Terkenal di Yogyakarta, Rasanya Nikmat!instagram.com/masclink_kulineran

Berada di Jalan Gading No 2, Patehan, Kraton, Jogja. Warung ini mulai buka jam tujuh pagi sampai empat sore. Brongkos polosan berisi potongan daging, tahu dan kacang tolo. Supaya makin spesial pilih paket komplit dengan lauk tambahan berupa telur, perkedel dan koyor sapi. Buat info, koyor jadi lauk idaman disini karena potongan gajih (lemak) sapi menambah rasa gurih yang khas. Untuk menikmatinya dengan nasi di pisah kalian wajib membayar Rp34.000 per porsi.

2. Brongkos Hj Arifah

7 Warung Brongkos Paling Terkenal di Yogyakarta, Rasanya Nikmat!instagram.com/warung_tigaperempat

Berada di Jalan Ringroad Utara No 1, Jogja. Warung ini buka dua puluh empat jam buat memanjakan lidah.

Terdapat tiga macam brongkos disini yakni brongkos ceker, brongkos telur dan daging. Kuahnya tidak terlalu pekat, isinya ada kacang tolo dan tahu. Kalau mau dibikin lengkap lagi bisa dikasih topping lauk aneka sate dan gorengan. Makan di sini cukup siapkan budget kisaran Rp12.000 sampai Rp30.000.

3. Brongkos Warung Ijo Bu Padmo

7 Warung Brongkos Paling Terkenal di Yogyakarta, Rasanya Nikmat!instagram.com/kokokulineran

Berada di Jalan Magelang Km 18 dan Jalan Magelang No 12, Jogja. Buka dari jam sepuluh pagi sampai sepuluh malam

Warung brongkos legendaris ini memang dikenal dengan potongan dagingnya yang besar dan berlimpah. Rasa kuahnya cocok untuk lidah orang jawa, cenderung manis. Dengan Rp27.000 seporsi sudah sama emping melinjo, kacang tolo, daging, krecek, telur dan nasi. Masakan warung ini memang autentik dengan masih memakai tungku kayu untuk memberi cita rasa khas sejak 1950. 

4. Brongkos Mbak Prih Tempel

7 Warung Brongkos Paling Terkenal di Yogyakarta, Rasanya Nikmat!instagram.com/kuliner_cantik

Alamatnya ada di Jalan Magelang Km 17, Jlegingan, Margorejo, Tempel, Sleman, Jogja. Buka dari jam enam pagi sampai sembilan malam.

Tekstur khas kacang tolo memberi variasi empuk dari tahu dan potongan daging sapi. Dengan merogoh Rp35.000 kalian bisa menikmati seporsi nasi brongkos ditambah kering tempe. Untuk mengademkan pikiran bisa sekalian meneguk es beras kencur. Jamu yang disukai banyak orang ini ternyata rasanya nikmat, gak ada pahitnya.

Baca Juga: Kisah Kampung Wijilan, Sentra Gudeg Yogyakarta Incaran Wisatawan

5. Warung Brongkos Lik Min

7 Warung Brongkos Paling Terkenal di Yogyakarta, Rasanya Nikmat!instagram.com/harrysp99

Lokasinya ada di Jalan Perum Gumuk Indah Kidul, Jogja. Buka mulai jam sepuluh pagi sampai tiga malam.

Brongkos merupakan masakan khas jawa, andalan dari angkringan ini. Ditemani aneka lauk tusukan yang memang bikin kalap. Ada sate jeroan ayam, sate kerang dan juga gorengan yang hangat menggoda. Tak lupa pakai peyek udang yang renyah abis. Buat begadang mantap banget apalagi sambil menyeruput susu jahe pasti bikin hangat perut seketika.

6. Warung Brongkos & Soto Ayam Bu Repan/Rini

7 Warung Brongkos Paling Terkenal di Yogyakarta, Rasanya Nikmat!instagram.com/jogjafood

Kuliner blusukan ini eksis abis sejak tahun 1973. Alamatnya ada di Jalan Suryoputran No 1, Patehan, Kraton, Jogja. Buka mulai jam tujuh pagi sampai lima sore.

Favoritnya adalah nasi brongkos dengan daging, telur, koyor, tahu dan kacang tolo. Buat pelengkap bisa tambah lauk seperti perkedel dan kerupuk karak, kerupuk berbahan nasi yang bercita rasa khas. Seporsinya cukup ditebus mulai harga Rp13.000.

7. Brongkos Tempel Hj. Suko

7 Warung Brongkos Paling Terkenal di Yogyakarta, Rasanya Nikmat!instagram.com/vidyanti.vidyanti

Brongkos khas warung ini berkomposisi tahu, tolo, potongan daging sapi dan mlinjo. Sukanya disini itu dagingnya lebih besar dibanding tempat lain tapi teksturnya tetap empuk. Buat variasi juga ada brongkos iga dan ceker. 

Bertempat di Jalan Magelang Km 18, Tempel, Lumbungrejo, Sleman, Jogja. Bukanya mulai jam delapan pagi sampai delapan malam.

Berkunjung ke kota Yogyakarta gak hanya makan gudeg saja lho, kekayaan kuliner Indonesia membuatmu bisa mencicipi beragam makanan di satu tempat.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Habiskan Libur Lebaran di Yogyakarta

Fatiya Photo Community Writer Fatiya

Care & Share

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You