Comscore Tracker

5 Warung Ayam Lodho Legendaris di Tulungagung, Kelezatan Sesungguhnya!

#ANGPOIN Favorit orang Tulungagung nih!

Ayam lodho merupakan salah satu kuliner khas Tulungagung. Makanan satu ini berupa ayam yang diberi bumbu santan dan biasanya disajikan dengan urap-urap serta nasi gurih. Jika kamu ingin menikmati lezatnya ayam lodho, berikut ini rekomendasi tempat makan di Tulungagung.

1. Ayam Lodho Bu Sri

5 Warung Ayam Lodho Legendaris di Tulungagung, Kelezatan Sesungguhnya!instagram.com/shintavierra

Jika kamu ingin sarapan ayam lodho, Warung Bu Sri ini bisa menjadi pilihanmu. Warung ini biasanya buka mulai pukul 05.30 sampai 10.00. Berlokasi di Jalan Dr. Sutomo No.36, Karangwaru, Kecamatan Tulungagung.

Warungnya memang tidak mewah, tapi selalu ramai pembeli. Tentu rasanya lezat dan harga terjangkau, namun kamu harus antre terlebih dahulu. Uniknya, kamu dapat menikmati ayam lodho di sini menggunakan pincuk daun pisang. Wah, makin terkesan original, kan?

2. Ayam Lodho Bu Yati

5 Warung Ayam Lodho Legendaris di Tulungagung, Kelezatan Sesungguhnya!instagram.com/nanuwisnu

Lodho ayam lain yang juga terkenal kelezatannya di Tulungagung yaitu Ayam Lodho Bu Yati. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Karangwaru, Kecamatan Tulungagung. Kamu bisa membelinya mulai harga Rp10.000. 

Penyajiannya hampir sama dengan Ayam Lodho Bu Sri, yaitu menggunakan pincuk daun pisang. Tapi kamu juga bisa memesan dalam porsi banyak untuk disantap rame-rame. Selain itu, ayamnya pun empuk dengan kuah santan yang kental dan pedas. Bahkan, pernah masuk dalam acara TV nasional, lho!

Baca Juga: 7 Tempat Ngopi Kekinian di Tulungagung, Semua di Bawah Rp30 ribu!

3. Ayam Lodho Pak Yusuf

5 Warung Ayam Lodho Legendaris di Tulungagung, Kelezatan Sesungguhnya!instagram.com/kediri_icip2

Ayam lodho satu ini termasuk legendaris di Tulungagung, lho. Berlokasi di Jalan KH. R. Abdul Fatah No.88, sebelah barat Pasar Ngemplak, Tulungagung. Namun, telah membuka cabang di berbagai kota. Buka mulai pukul 08.30 sampai 21.00. Kamu pun bisa makan siang atau makan malam di sini. Rasanya tentu tidak kalah lezat dengan ayam lodho lainnya. 

4. Warung Lodho Lestari Jaya

5 Warung Ayam Lodho Legendaris di Tulungagung, Kelezatan Sesungguhnya!instagram.com/lintangayutriamy

Warung milik Bu Suparti ini memang legendaris di Tulungagung. Berlokasi di Desa Sukoanyar, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung. Buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00.

Uniknya, ayam lodho dimasak dengan cara tradisional dengan menggunakan tungku, kayu bakar dan batok kelapa. Hal tersebut tentu bisa berpengaruh pada rasa dan orisinalitas ayam lodho khas Tulungagung.

Ayam lodho yang disajikan biasanya berupa satu ekor ayam utuh. Tapi kamu bisa memesannya hanya setengah maupun seperempat bagian ayam.

5. Ayam Lodho Sumber Rejeki (Hj. Kasnan)

5 Warung Ayam Lodho Legendaris di Tulungagung, Kelezatan Sesungguhnya!instagram.com/natalia_erlina

Satu lagi nih ayam lodho yang tidak kalah lezat, kamu bisa membelinya di Ayam Lodho Sumber Rejeki. Berlokasi di Jalan Jayeng Kusumo, Ngujang, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Buka mulai pukul 07.00 sampai 20.00.

Buat kamu yang ingin memesan satu porsi, cukup merogoh kocek Rp35.000. Tapi, kamu bisa memesan paket ayam lodho yang berupa satu bakul nasi, satu ekor ayam lodho, lalapan dan urap. Paket tersebut bisa untuk 6 hingga 8 orang, lho. Jadi, cocok untuk disantap bersama keluarga.

Ayam lodho biasanya dibakar terlebih dahulu, lalu diberi kuah santan yang sudah dibumbui seperti opor. Namun, ada pula yang tidak dibakar, karena setiap penjual memiliki ciri khas masing-masing. Kamu pun bisa memilih ayam lodho sesuai dengan seleramu. 

Nah, dari kelima tempat makan yang menyediakan ayam lodho tersebut. Mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Kuliner Super Enak Khas Tulungagung yang Wajib Kamu Coba!

Fatma R N Photo Verified Writer Fatma R N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya