Comscore Tracker

5 Makanan Khas Yogyakarta yang Enak & Tahan Lama

Cocok untuk oleh-oleh, nhi!

Yogyakarta sendiri menjadi salah satu kota dengan kebudayaan yang mengagumkan dan siap bikin siapa saja yang pergi ke sana jatuh cinta. Yogyakarta yang terkenal dengan batik dan keratonnya ini juga memiliki banyak kuliner murah, enak dan tahan lama yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Berikut ini 5 makanan khas Yogyakarta yang siap dibeli dan tak boleh ketinggalan untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke sana!

1. Gudeg

5 Makanan Khas Yogyakarta yang Enak & Tahan Lamainstagram.com/gaepsculinary

Gudeg menjadi salah satu makanan khas Yogyakarta. Kali ini telah ada banyak produsen gudeg yang menjualnya sebagai makanan kaleng dan bisa bertahan hingga sangat lama. Kita bisa membeli gudeg kaleng sebagai oleh-oleh ketika mengunjungi Yogyakarta.

2. Cokelat monggo

5 Makanan Khas Yogyakarta yang Enak & Tahan Lamainstagram.com/cokelatmonggoyogya

Yogyakarta juga memiliki cokelat dengan cita rasa menggugah selera seperti halnya cokelat asal Belgia. Cokelat asal Yogyakarta ini adalah cokelat Monggo. Untuk memperoleh cokelat Monggo, kita bisa datang ke tempat produksinya sekaligus tokonya yang ada di jalan Dalem, Kotagede, Yogyakarta.

3. Geplak

5 Makanan Khas Yogyakarta yang Enak & Tahan Lamainstagram.com/jogjascrummy

Oleh-oleh selanjutnya yang begitu enak, tahan lama dan murah adalah geplak. Geplak terbuat dari parutan kelapa, gula dan pewarna makanan. Geplak sendiri memiliki berbagai varian rasa serta aroma. Makanan ini bisa tahan hingga 1 minggu.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Ungkep Hanya Pakai 5 Bahan, Praktis & Kekinian!

4. Bakpia

5 Makanan Khas Yogyakarta yang Enak & Tahan Lamainstagram.com/bahayalaper_jogja

Oleh-oleh yang paling terkenal dari Yogyakarta adalah bakpia. Selain enak dan murah, bakpia juga memiliki berbagai varian rasa dan tahan lama. Bakpia bisa tahan hingga 4 hari dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara atau sahabat setelah kita berkunjung ke Yogyakarta. Saat bakpia disimpan di lemari es, maka ketahanannya bisa bertahan lebih lama lagi.

5. Yangko

5 Makanan Khas Yogyakarta yang Enak & Tahan Lamainstagram.com/varomom

Yangko merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung ketan. Bentuknya persegi empat mungi dan berbalut tepung terigu bagian luarnya. Rasanya manis dan enak di lidah. Cara pembuatan yangko cukup rumit seperti halnya cara pembuatan jenang atau dodol. Yangko terdiri dari berbagai warna dan rasa, serta aroma.

Itulah 5 makanan khas Yogyakarta yang enak & tahan lama. Jika berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di atas ya. Jangan khawatir harga, soal harga oleh-oleh khas Yogyakarta di atas sangat bersabahat dengan isi kantong kok.

Baca Juga: 10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Testosteron Pria, Waspada!

Fika Faot Photo Community Writer Fika Faot

English student in Undana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You