Comscore Tracker

Bahaya, Jangan Masak 5 Makanan Ini ke Dalam Microwave!

Daripada rasa makanan jadi failed dan beracun

Menggunakan microwave memang sangat memudahkan kita dalam memasak. Tinggal masukkan bahan makanan dan tunggu beberapa saat, makananmu akan segera matang. Simpel banget, kan?

Eits, tapi kamu harus tahu nih, ada beberapa makanan yang sebaiknya gak dimasak di dalam microwave. Selain bisa mengubah teksturnya, ada juga yang berbahaya buat tubuh, lho. 

1. Makanan laut

Bahaya, Jangan Masak 5 Makanan Ini ke Dalam Microwave!pbs.org

Buat kamu yang mau mengolah makanan laut menggunakan microwave, mending urungkan niat, deh. Makanan laut, seperti udang dan cumi, bakal jadi keras kalau dimasukkan ke dalam microwave.

Bukannya enak, kamu malah gagal masak. Lebih baik masak pakai panci biasa deh!

2. Daging-dagingan

Bahaya, Jangan Masak 5 Makanan Ini ke Dalam Microwave!abelandcole.co.uk

Mengolah daging mentah dengan microwave juga kurang disarankan nih. Daging babi, sapi, dan ayam akan mengering. Selain warnanya kurang cantik, rasanya juga gak akan keluar.

Ada yang lebih bahaya lagi nih, kalau kamu mencairkan daging beku langsung di microwave. Bakteri akan berkembangbiak lebih cepat dan bisa memengaruhi kesehatan. Bahaya!

3. Roti atau pizza

Bahaya, Jangan Masak 5 Makanan Ini ke Dalam Microwave!stumpblog.com

Memanaskan pizza dan roti di microwave akan membuat teksturnya berubah, jadi lebih kering dan keras.

Kalau kamu benar-benar ingin memanaskannya, ada sebuah tips yang bisa kamu ikuti. Masukkan pizza seperti biasa dan segelas air ke dalam microwave, cukup masak selama 30 detik. Uap air akan membantu pizza agar tidak kering, tetap empuk!

Baca Juga: 5 Menu Ini Dapat Disajikan dengan Bantuan Rice Cooker, Gak Bohong!

4. Telur mentah

Bahaya, Jangan Masak 5 Makanan Ini ke Dalam Microwave!pixabay.com/stevepb

Meletakkan telur mentah langsung ke dalam microwave adalah ide yang buruk. Adanya suhu yang tinggi akan menyebabkan telur meledak. Kalau ingin memasaknya, pecahkan telurnya dulu. Letakkan di gelas atau mangkuk, baru bisa dimasak.

5. Makanan yang dibungkus karet, styrofoam, atau plastik

Bahaya, Jangan Masak 5 Makanan Ini ke Dalam Microwave!flickr.com/Thomas Yuan

Untuk memanaskan makanan di microwave, kamu harus memilih tempat yang sesuai ya. Penggunaan karet, styrofoam, dan plastik, akan mengeluarkan toksin seperti bisphenol-A atau BPA, dan akan mengenai makanan.

Efeknya akan berpengaruh pada tingkat infertilitas, diabetes tipe 2, obesitas, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.  Tapi tenang saja, ada beberapa plastik yang boleh digunakan untuk memanaskan makanan kok. Cari yang ada tulisan BPA Free ya!

Wah, mulai sekarang harus lebih berhati-hati ya. Gak mau, kan kalau makanan kamu jadi failed? 

Baca Juga: 5 Masakan Mewah yang Bisa Kamu Buat Pakai Rice Cooker, Gak Ribet Kok!

yummy-banner

Topic:

  • Fina Wahibatun Nisa
  • Dewi Suci R.

Just For You