Comscore Tracker

6 Makanan yang Sering Kali Dianggap Sayuran, padahal Bukan

Hayo, siapa yang salah menganggapnya?

Buah dan sayuran sama-sama memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikkan. Akan tetapi, keduanya tidak selamanya sama karena pastinya ada suatu detail yang membedakannya antara mana sayur dan mana buah.

Itu yang sering kali kita terkecoh terhadap jenis makanan tersebut. Banyak yang bilang sayuran, tapi belum tentu benar. Seperti pada keenam makanan ini yang sering dikira sayuran padahal buah. Coba kita simak buah apa sajakah itu?

1. Tomat

6 Makanan yang Sering Kali Dianggap Sayuran, padahal Bukanilustrasi buah tomat (pexels.com/erkan budak)

Buah yang sering dikira sayuran yaitu tomat. Tomat merupakan tumbuhan dari keluarga solanaceae yang artinya termasuk dalam famili tanaman berbunga (ordo Solanales). Suku tersebut memiliki nilai ekonomi cukup tinggi dan telah menjadi bagian utama bahan pangan manusia.

Maka dari itu tomat menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi dan memiliki manfaat yang berlimpah bagi kesehatan, seperti membantu menurunkan kadar kolesterol, membantu pencernaan bekerja lebih baik, mencegah kanker, dan sebagainya.

Karena jenisnya buah, jadi gak apa-apa kalau tomat dimakan secara langsung, asal dibersihkan dulu ya.

2. Mentimun

6 Makanan yang Sering Kali Dianggap Sayuran, padahal Bukanilustrasi buah mentimun (ecowatch.com)

Sering kali mentimun dijadikan sebagai pendamping makanan, contohnya sebagai lalapan. Mentimun sangat nikmat dimakan langsung bersama nasi dan juga lauk, seperti dalam nasi goreng, nasi kuning, dan sering kali dicampurkan ke dalam rujak sayur.

Lama-kelamaan mentimun ini jadi sering dianggap sayuran padahal bukan, dan sama seperti tomat, mentimun memiliki biji dan dihasilkan dari bunga, maka mentimun termasuk buah-buahan. Jadi, itulah mengapa kita merasa nikmat ketika memakan langsung mentimun ini.

3. Terung

6 Makanan yang Sering Kali Dianggap Sayuran, padahal Bukanilustrasi buah terung (pexels.com/Zen Chung)

Satu famili bersama tomat yaitu dikenal sebagai solanum melongena, terung juga sering kali dianggap sayuran. Padahal, terung adalah tumbuhan penghasil buah yang kita jadikan sayur-sayuran untuk lauk makanan.

Terung kan termasuk buah-buahan, kenapa tidak langsung dimakan aja? Karena manfaat antioksidan pada terung akan lebih optimal jika sayuran ini dimasak lebih dulu, dan jangan dijadikan lalapan mentah.

Kandungan antioksidannya banyak terdapat di kulitnya, jadi kalau terung dibakar atau dipanggang justru akan merusak nutrisinya. Jadi, terung adalah buah yang unik yang bisa dimasak sebagai sayuran.

4. Paprika

6 Makanan yang Sering Kali Dianggap Sayuran, padahal Bukanilustrasi buah paprika (pexels.com/Andre Taissin)

Paprika termasuk yang sering dijuluki sebagai sayuran, karena selalu ada sebagai bumbu pelengkap di setiap masakan. Paprika juga merupakan tumbuhan penghasil buah dan masuk ke dalam suku terong-terongan atau solananceae

Paprika adalah buah yang unik karena memiliki rasa manis serta pedas, sehingga cocok dijadikan sebagai campuran ke dalam masakan.

Tapi, paprika bisa, lho, dimakan secara mentahan dan baik bagi kesehatan seperti mencegah penyakit jantung, menurunkan gula darah, dan mencegah risiko penyakit diabetes.

5. Labu

6 Makanan yang Sering Kali Dianggap Sayuran, padahal Bukanilustrasi buah labu (pexels.com/Tim Mossholder)

Labu adalah buah yang masuk ke dalam anggota suku labu-labuan atau cucurbitaceae, dan labu memiliki beberapa jenis lainnya di antaranya waluh, beligo, labu air dan labu siam. Jadi semuanya sama saja disebut labu.

Terkadang labu terasa cocok kalau di makan secara rebusan saja. Buah labu juga punya berbagai khasiatnya yaitu meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan risiko kanker, mencegah penyakit kronis, dan sebagainya.

6. Zaitun

6 Makanan yang Sering Kali Dianggap Sayuran, padahal Bukanilustrasi buah zaitun (pexels.com/Gary Barnes)

Kita kenal zaitun dari hasil minyaknya, yang didapat dari buahnya yang berada di pohonnya. Zaitun berbuah dari pohonnya yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput, dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah.

Zaitun pun terkenal dengan berbagai manfaatnya seperti menurunkan kadar kolesterol jahat, melembabkan kulit tubuh, merawat kesehatan rambut, hingga dapat mencegah kanker. Jadi, zaitun termasuk jenis buah-buahan, ya.

 

Jadi jangan kebalik lagi, ya, sayuran tadi jenisnya adalah buah-buahan. Kemudian jika ingin memakan secara langsung juga bisa, tapi harus sesuai aturannya.

Baca Juga: 9 Nama Sayur-sayuran dalam Bahasa Jawa, Wis Ngerti?  

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya