Comscore Tracker

5 Sup Dingin Khas Berbagai Negara, Ada yang Ditambahi Es Batu!

Menyantapnya dijamin bikin segerr....

Jika selama ini sup lebih dikenal sebagai makanan untuk mengusir hawa dingin yang menerpa badan dan selalu disajikan dalam keadaan panas, 5 sup di bawah ini justru kebalikannya. Menjadi santapan favorit di masing-masing negaranya saat musim panas, ragam sup ini paling nikmat disantap dalam keadaan dingin. Tak lupa ada yang diberi tambahan es batu dalam penyajiannya.

Berikut 5 sup dingin khas dari berbagai negara di dunia, yang siap menghilangkan rasa gerahmu setelah beraktivitas seharian dibawah terpaan teriknya matahari. 

1. Naengmyeon - Korea

5 Sup Dingin Khas Berbagai Negara, Ada yang Ditambahi Es Batu!jinfooduae.com

Naengmyeon merupakan sajian mie sup andalan di Korea saat musim panas tiba. Semangkuk naengmyeon berisikan mie gandum, potongan mentimun, potongan buah pir, daging dan telur. Kuah yang dipakai adalah kuah yang terbuat dari kaldu sapi. Yang membuatnya pas sekali untuk disantap di siang hari yang terik, adalah tambahan es batu yang dimasukkan langsung dalam semangkuk naengmyeon tersebut. Kebayang kan gimana segarnya?  

2. Salmorejo - Spanyol

5 Sup Dingin Khas Berbagai Negara, Ada yang Ditambahi Es Batu!iberiko.com

Spanyol punya supnya sendiri yang paling pas disantap saat musim panas tiba, salmorejo. Salmorejo merupakan sup tomat kental dingin yang berasal dari wilayah Kordoba. Sup dengan warna oranye-nya yang khas ini terbuat dari campuran tomat, roti, minyak, bawang putih, dan cuka.

Setelah adonan supnya selesai dibuat, sup disimpan dulu di lemari pendingin sebelum disantap. Sebagai tambahannya, di permukaan sajian sup salmorejo ditaburkan potongan daging dan telur rebus. 

 

3. Vichyssoise - Perancis

5 Sup Dingin Khas Berbagai Negara, Ada yang Ditambahi Es Batu!theowlwiththegoblet.com

Vichyssoise merupakan sup dingin yang berbahan utama bawang prei dan berasal dari Perancis. Bawang prei direbus terlebih dahulu kemudian dihaluskan. Bawang prei yang telah halus kemudian dicampur dengan bawang bombai, kentang, krim, dan kaldu ayam. Setelah olahan supnya mendidih, dinginkan terlebih dahulu sebelum kemudian disantap. Untuk menambah keharuman dan kenikmatan dari semangkuk Vichyssoise ini, jangan lupa taburkan potongan lokio sebagai garnish-nya.

4. Tarator - Bulgaria

5 Sup Dingin Khas Berbagai Negara, Ada yang Ditambahi Es Batu!polishyourspoon.blogspot.com

Tak sempurna rasanya jika ke Bulgaria tanpa mencicipi yang namanya tarator, sup dingin khas daerah sana. Di negara asalnya, tarator seringkali disajikan sebagai hidangan utama dalam jamuan makan. Bahan untuk membuat tarator ini pun terbilang sederhana yaitu mentimun, yogurt, bawang putih, kacang kenari yang dihaluskan, kemudian potongan daun dill sebagai penambah harumnya sajian sup yang satu ini. Sebelum menyantapnya, simpan dulu di lemari pendingin atau tambahkan dengan batu es. 

 

5. Meggyleves - Hungaria

5 Sup Dingin Khas Berbagai Negara, Ada yang Ditambahi Es Batu!rozekacsa.blog.hu

Melihat warnanya saja, mungkin kamu lansung tergoda melihat sajian sup yang berasal dari Hungaria ini, meggyleves. Meggyleves atau yang juga dikenal sebagai sup ceri asam, memang menjadi santapan favorit saat musim panas menyapa Hungaria. Ceri yang dipakai untuk membuat sup ini adalah ceri tart, yang dikenal memiliki cita rasa yang asam.

Bahan lain yang diperlukan adalah potongan kayu manis, gula, cengkeh, krim asam, garam, dan tepung untuk mengentalkan tekstur sup. Tak lupa, red wine sering juga ditambahkan, untuk memperkaya cita rasa dari meggyleves ini.

Panas-panas memang enaknya menyantap yang segar, apalagi seperti ragam sajian sup dingin di atas. Gak nyesel deh untuk dicoba membuatnya sendiri di rumah. 

ghafsari Photo Community Writer ghafsari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You