Comscore Tracker

Selain Madu, Ini 4 Superfood yang Dihasilkan Lebah. Berkhasiat Lho!

Kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan nih

Lebah madu merupakan hewan mungil berkoloni yang merupakan anugerah di alam yang sudah banyak kita nikmati manfaatnya. Berbagai produk yang dihasilkan koloni lebah madu sudah terbukti dapat berkhasiat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Banyak orang juga yang mengonsumsi produk dari lebah ini untuk mengobati berbagai macam penyakit baik yang ringan maupun berat. Tidak heran jika produk mereka dianggap sebagai superfood.

Apa saja produk-produknya ya? Yuk simak superfood di bawah ini.

1. Bee Pollen

Selain Madu, Ini 4 Superfood yang Dihasilkan Lebah. Berkhasiat Lho!freepik.com/stockvault

Bee pollen merupakan produk yang dihasilkan lebah dari mengumpulkan serbuk sari bunga. Saat bekerja kumpulan serbuk sari bunga yang dikumpulkan itu disimpan di kaki si lebah. Bee pollen mengadung nutrisi kompleks dan kaya akan enzym, bioflavonoids, phytosterosis dan carontenoid. Selain itu juga mengandung asam lemak, asam amino dan omega 3.

Manfaat bee pollen antara lain mengatasi gangguang pencernaan seperti sembelit dan maag, mengurangi nyeri pada saat menstruasi, mengobati sinusitis, mencegah kerontokan rambut, meremajakan kulit, dan dapat juga ditambahkan sebagai suplemen makanan saat sedang diet untuk melengkapi nutrisi. Tapi penggunaan bee pollen harus hati-hati apabila kamu mempunyai alergi terhadap serbuk sari. 

2. Madu

Selain Madu, Ini 4 Superfood yang Dihasilkan Lebah. Berkhasiat Lho!freepik.com/freepik

Produk lebah yang paling umum dikonsumsi  ini sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Madu dihasilkan lebah dari nektar bunga. Nektar ialah semacam cairan yang dihasilkan bunga terdiri dari gula dan air. Lebah mengumpulkan nektar ini di sarangnya. Nektar yang terkumpul di sarang diolah oleh lebah pekerja menjadi madu. 

Rasa madu  yang manis dan kental sering juga digunakan untuk pengganti gula yang lebih sehat. Kandungan dalam madu antara lain, fruktosa, glukosa, riboflavin, berbagai mineral, protein dan vitamin. Lengkap deh.

Madu dapat bermanfaat untuk menurunkan panas dalam seperti sari aan, bibir pecah-pecah, mengatasi insomnia, sakit tenggorokan dan mengobati luka di kulit. 

Baca Juga: Sering Gak Sadar, 5 Hal Ini Akan Terjadi Saat Konsumsi Madu Berlebihan

3. Royal Jelly

Selain Madu, Ini 4 Superfood yang Dihasilkan Lebah. Berkhasiat Lho!www.evolving-science.com

Royal jelly dikenal sebagai susu lebah madu, dihasilkan oleh koloni sebagai makanan ratu lebah. Produk lebah yang satu ini sudah dikenal khasiatnya sejak zaman nenek moyang dan banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Royal jelly mengandung berbagai zat bermanfaat seperti kolagen, air, protein, mineral, vitamin kompleks, 30 jenis asam amino dan sebagainya. 

Manfaat royal jelly antara lain menjaga pembuluh darah, menstabilkan kolesterol dan hipertensi, dan gula darah, meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat metabolisme, membatu regenerasi sel, memaksimalkan pertumbuhan anak, meningkatkan kesuburan, mengatasi gejala menopause, dan berfungsi pula sebagai antiaging. Royal jelly bisa juga digunakan sebagai masker kecantikan lho!

4. Propolis

Selain Madu, Ini 4 Superfood yang Dihasilkan Lebah. Berkhasiat Lho!thenaturalshopper.com

Propolis merupakan hasil kerja lebah mengumpulkan getah dari tanaman dan pohon. Koloni lebah menggunakannya untuk lapisan utama dan lingkaran steril sarang lebah. Kandungan dalam propolis antara lain getah pohon, sari minyak, lilin, bioflavonoid, dan sebagainya.

Propolis juga merupakan antibodi alami untuk tubuh. Propolis bermanfaat untuk mengobati luka pada kulit, bisul, sakit gigi, gangguan pencernan, demam, flu, dan dapat juga untuk menurunkan kolesterol.

Superfood di atas memang dikenal kaya manfaat. Kalau kamu belum pernah mencobanya, ini saatnya untuk membuktikannya. Namun untuk orang dengan kondisi tertentu, seperti alergi atau riwayat penyakit tertetu, konsumsi superfood di atas perlu melalui konsultasi dengan dokter dulu ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 Pelajaran Berharga yang Bisa Kamu Petik dari Lebah Madu

Hanifah Nd Photo Community Writer Hanifah Nd

In the journey of finding Y

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

19
MEI
2019
14 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

18.59

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 19 May 2019 13:00:10

Progress: 729.802 dari 813.350 TPS (89.72792%)

Just For You